Salut, Pemenang Oscar 2021 Kembali Disabet Orang Asia. Siapa Aja Ya?

Salut, Pemenang Oscar 2021 Kembali Disabet Orang Asia. Siapa Aja Ya?

Lori Official Writer
803

Ajang penghargaan film bergengsi Oscar 2021 atau Academy Awards ke-93 baru saja digelar secara langsung di Teater Dolby, Los Angeles pada 25 April 2021 waktu setempat. 

Awalnya, karena situasi pandemi yang masih belum membaik ajang ini sempat ditunda dari Februari 2021 silam. Karena itu, panitia penyelenggara memastikan penggantian waktu penyelenggaraan Oscar 2021 ini bisa lebih aman bagi semua orang yang diundang secara langsung.

Para pemenang dari setiap nominasi yang ada akhirnya diumumkan tadi malam. Uniknya, sama seperti mengulang kejadian Oscar 2020, tahun ini film besutan Asia seperti Minari pun turut mendapat nominasi. 

Berikut beberapa pemenang asal Asia di Oscar 2021.

1. Cloe Zhao, Sutradara Terbaik Asal China

Cloe Zhao, sutradara film Nomadland berhasil menyabet juara kategori Sutradara Terbaik. Dia berhasil mengalahkan sutradara berdarah Korea Selatan Lee Isaac Chung (Minari), Thomas Vinterberg (Another Round), David Fincher (Mank) dan Emerald Fennell (Promising Young Woman). 

Ini adalah piala pertama bagi sutradara asal China tersebut. Walaupun di Oscar 2021 ini dia juga masuk nominasi di dua kategori lainnya yaitu Best Adapted Screenplay dan Best Achievement in Film Editing.

“(Penghargaan) Ini untuk siapapun yang punya keyakinan dan keberanian untuk berpegang pada kebaikan dalam dirinya sendiri dan untuk mempertahankan kebaikan dalam diri satu sama lain,” ungkap Chloe.

 

2. Youn Yuh-Jung, Aktris Pendukung Terbaik Asal Korea

Youn Yuh-Jung jadi perempuan Korea Selatan pertama dalam sejarah Oscar yang berhasil menyabet penghargaan Aktris Pendukung Terbaik melalui perannya di film Minari.

Di dalam film ini, Youn Yuh-Jung berperan sebagai seorang nenek. Dengan kepiawaiannya berakting, Yuh-Jung berhasil menyingkirkan pesaing-pesaing lain seperti Maria Bakalova (Borat Subsequent Moviefilm), Glenn Close (Hillbilly Elegy), Olivia Colman (The Father) dan Amanda Seyfriend (Mank).

 

Baca Juga: Masuk Nominasi Oscar, Ternyata Film 1917 Terinspirasi Dari Kisah Nyata Kakek Si Sutradara!

 

3. Minari, Film Drama Panjang dari Korea Selatan

Sama halnya dengan film Parasite, Minari dari hasil besutan sutradara Korea Lee Isaac Chung juga menyabet 6 nominasi, diantaranya Best Supporting Actress, Best Original Screenplay, Best Writing Original, Best Picture, Best Music dan Best Director.

Sayangnya dari semua nominasi ini, Minari hanya mengantongi satu piala saja. 

Minari sendiri adalah film yang mengisahkan tentang pengalaman sutradara Chung. Melalui film ini dia menceritakan tentang kisah sepasang suami istri Jacob dan Monica yang pindah ke Arkansas dan mulai menjadi petani di sana pada tahun 1980-an. 

Bersama kedua anaknya, mereka bekerja keras membangun ekonomi keluarga yang lebih baik. Di tengah perjalanan mereka, sang nenek (Youn Yuh-Jung) datang dari Korea Selatan untuk membantu mengasuh anak Jacob dan Monica. Tapi siapa kira kehadiran sang nenek justru mengubah suasana keluarga tersebut.

Minari sendiri merupakan film yang mengisahkan perjuangan para imigran di Amerika. Sementara judul Minari diambil dari nama sayuran yang dibawa oleh sang nenek dari Korea Selatan. Minari diartikan sebagai peterseli air yang kerap dijadikan hidangan Korea. Sayuran ini sendiri sangat mudah tumbuh.

Untuk melihat daftar pemenang lengkapnya yuk lihat di halaman berikutnya:

Sumber : Berbagai Sumber | Jawaban.com
Halaman :
12Tampilkan Semua

Ikuti Kami