Iniloh 5 Alasan Kenapa Pengasuhan Anak Harus Libatkan Kakek Nenek

Iniloh 5 Alasan Kenapa Pengasuhan Anak Harus Libatkan Kakek Nenek

Lori Official Writer
491

Orangtua tentu saja adalah sumber pengaruh yang terbesar dalam hidup anak, khususnya dalam proses pertumbuhan dan cara pandangnya. Tapi orangtua juga gak bisa mengabaikan keterlibatan kakek-nenek dalam pengasuhan.

Bahkan di dalam Alkitab, peran kakek- nenek disampaikan dengan jelas. Seperti tertulis dalam Amsal 17: 6, “Mahkota orang-orang tua adalah anak cucu dan kehormatan anak-anak ialah nenek moyang mereka.” Jadi jelas, jadi kakek nenek adalah berkat dan kehormatan apalagi jika mereka dilibatkan untuk membesarkan cucunya dan menyaksikan mereka tumbuh menjadi anak yang cerdas dan pembawa sukacita bagi sekelilingnya.

Ini 5 alasan kenapa kakek nenek penting dilibatkan dalam proses pengasuhan:

1. Anak Belajar Soal Kasih dan Kebijaksanaan

Orangtua punya tugas untuk mengenalkan kasih tanpa syarat kepada anak. Tapi itu saja gak cukup. 

Seorang kakek atau nenek juga bisa jadi sarana untuk membagikan kasih yang tulus kepada cucu-cucunya. Melalui kelembutan tindakan, perkataan dan perlakuan, kakek nenek bisa mengajarkan anak soal kebijaksanaan dalam hidup, supaya anak bisa memilih cara hidupnya dengan baik.

2. Berperan Sebagai Pembimbing

Menjelang masa-masa remaja, anak biasanya akan mulai berontak kepada orangtua. Ketidaknyamanan anak terhadap orangtua membuat mereka lebih menutup diri. Di masa-masa inilah anak perlu sosok lain yang lebih bisa jadi tempat untuk peraduan.

Kakek nenek adalah tempat yang tepat sebagai co-parenting bagi anak remaja. Sebagai orangtua yang sudah berpengalaman menghadapi kelakuan anak remaja, kakek nenek pasti tahu cara mendekati dan bahkan menjadi sahabat bagi anak remaja. 

Mendapat perlakuan yang berbeda dari orangtua akan membuat anak lebih nyaman berbagi apapun dengan kakek dan neneknya. 

Jadi jangan heran kalau sebagian anak remaja lebih akrab dengan kakek neneknya dibandingkan dengan orangtuanya sendiri. Keakraban itu bisa terbentuk karena kakek nenek dianggap jauh lebih mengerti dan memahami kebutuhan emosional anak.

 

Baca Juga: Inilah 10 Ayat Alkitab Tentang Anak yang Wajib Semua Orangtua Kristen Ketahui!

 

3. Kakek Nenek Jadi Sumber Pengetahuan

Tentu saja pengetahuan sejarah dan tradisi kakek nenek jauh lebih kaya dibandingkan orangtua, apalagi yang tinggal di kota-kota besar. 

Gak dipungkiri kalau pengalaman hidup bisa jadi bahan berbagi yang baik antara kekek nenek dan....

 

BACA HALAMAN BERIKUTNYA -->

Sumber : Jawaban.com
Halaman :
12Tampilkan Semua

Ikuti Kami