Biar Produktivitas Kerjamu Memuaskan, Yuk Terapkan Aturan 70-20-10 Ini…

Biar Produktivitas Kerjamu Memuaskan, Yuk Terapkan Aturan 70-20-10 Ini…

Lori Official Writer
415

IP Man adalah film Kung Fu tentang guru seni bela diri legendaris dengan nama yang sama. 

Film berdurasi hampir dua jam ini sebenarnya bukan tentang Kung Fu. 

Kebanyakan yang ditampilkan adalah tentang keseharian antara seorang guru seni dengan teman-temannya. Mereka akan mulai minum the di pagi hari, lalu saling membantu teman-teman dan mulai bergumul dengan kehidupan sehari-harinya. Ada bagian dimana mereka akan merenung tentang politik, perang dan filsafat. Bahkan IP Man akan menghabiskan waktu bersama keluarganya dan mengambil waktu untuk menjalani latihan fisik dengan menggunakan patung kayu buatannya.

Yang ingin disampaikan lewat film ini adalah bahwa sama seperti Kung Fu, kita diajarkan untuk bertarung di saat-saat yang sangat dibutuhkan. 

IP Man menggambarkan karakter yang bertarung hanya saat dia butuh bertarung. Bahkan tujuan pertarungan itupun harus jelas supaya saat bertarung tenaga yang dikeluarkan maksimal.

IP Man sendiri tahu tujuannya bertarung adalah untuk menghasilkan tujuan yang lebih besar. 

Di pertarungan pertama, IP Man bertarung untuk tujuan mempertahankan rumahnya dari penyusup. Yang kedua, dia membalas pesan seorang teman yang mengirim pesan. Dan ketiga, dia mencontohkan kepemimpinan yang baik.

Keluarga, kesetiaan dan budaya adalah tujuan utama di balik pertarungan yang dilakukan IP Man. 

Ada banyak nilai-nilai yang bisa kita pelajari dari film ini. Salah satu pesannya adalah, “Jangan bertarung saat situasinya tidak penting. Fokuskan saja energimu untuk tantangan besar di depan supaya kamu bisa menghadapinya dengan benar.”

Dari film ini, kita bisa menerapkan nilai-nilainya dalam keseharian kerja kita. Di tengah dunia pekerjaan yang sibuk ini, kita perlu memakai waktu dan tenaga kita seproduktif mungkin demi mendapatkan hasil yang terbaik. Karena itulah tercetus aturan 70-20-10 yang bisa membantu kita untuk mengatur jadwal harian bahkan mingguan kita secara terperinci sesuai dengan tujuannya.

 

Baca Juga: 6 Langkah Bantu Anda Bersama Tim Lebih Kompak Dan Produktif

 

Apa maksud aturan 70-20-10 ini? Yuk baca penjelasan di bawah ini.

70% dari waktumu pakailah untuk beristirahat.

Kita butuh waktu istirahat selama 8 jam di malam hari dan gunakan juga 9 jam lainnya untuk beristirahat dengan cara yang santai sepanjang hari. Tentu saja di masa istirahat 9 jam ini, kita tidak tidur, melainkan secara aktif menciptakan sesuatu, berpikir dan pergi keluar untuk mengamati sesuatu yang menambah cara pandang. Habiskan juga sebagiannya untuk bercengkrama dengan teman dan keluarga kita. Ini adalah seni dari menikmati hidup.

 

BACA HALAMAN SELANJUTNYA -->

Sumber : Jawaban.com
Halaman :
12Tampilkan Semua

Ikuti Kami