#PrayforNTT, Banjir Bandang Bikin NTT Porak-Poranda. Yuk Ikut Bantu Saudara Kita…

#PrayforNTT, Banjir Bandang Bikin NTT Porak-Poranda. Yuk Ikut Bantu Saudara Kita…

Lori Official Writer
700

Banjir Bandang, tanah longsor disertai angin kencang melanda sejumlah wilayah Nusa Tenggara Timur (NTT) pada Minggu, 4 April 2021 pukul 01.00 WITA. 

Kabupaten Flores Timur jadi salah satu wilayah yang berdampak sangat parah. Bahkan dari hasil penelusuran didapati sebanyak 69 orang tewas akibat banjir bandang dan tanah longsor yang cukup parah. 

Seperti gambar kondisi yang sudah dibagikan melalui sosial media, wilayah-wilayah yang terdampak parah bencana alam banjir bandang terjadi di kota Kupang, Wini, Alor, Adonara, Pulau Sabu, Malaka dan Kefa. Kondisi di setiap wilayah pun cukup memprihatinkan. Selain direndam banjir, sebagian permukiman warga porak-poranda akibat angin kencang.

Akibat kondisi ini, ratusan korban bencana alam ini terpaksa harus mengungsi. Sementara warga yang mengalami luka-luka sudah mendapatkan perawatan medis dari pihak Basarnas. 

Sejauh ini, BPBD Kota Kupang beserta dinas terkait sudah melakukan penanganan darurat di lokasi bencana. Namun lantaran kondisi cuaca dan akses yang sulit, membuat penyaluran bantuan kepada korban terhambat. Beberapa jembatan penghubung antar wilayah bahkan terputus akibat banjir. Namun BPBD dan pemerintah setempat sudah menyalurkan alat berat untuk mengevakuasi reruntuhan. 

 

Baca Juga: Mati Listrik dan Hujan Badai, Begini Keadaan Terkini di NTT

 

Menyikapi situasi ini, Presiden Joko Widodo sudah menginstruksikan berbagai jajaranya seperti BNPB, Basarnas, Menteri Sosial dan Menteri Kesehatan untuk segera turun menangani situasi dan para korban yang masih terjebak di lokasi banjir. 

“Saya memahami kesedihan yang dialami saudara-saudara kita akibat dampak yang ditimbulkan dari bencana ini,” kata Jokowi.

Jokowi tak lupa menghimbau supaya warga tetap waspada dengan peningkatan curah hujan yang masih terjadi hingga saat ini.

Hingga saat ini, masih banyak warga yang hilang dan belum ditemukan. Sementara ratusan korban lain harus terpaksa mengungsi ke tempat yang lebih aman. Kondisi ini tentunya membuat kita semua prihatin. Sebagai sesama saudara sebangsa, penderitaan mereka adalah penderitaan kita juga. 

Jadi di tengah kemalangan ini, mari bersama-sama mengulurkan bantuan kepada saudara-saudara kita di NTT. Karena uluran tangan kita sangat berarti untuk meringankan kondisi mereka saat ini. 

Dan yang terpenting dari itu, mari tetap membawa NTT dalam doa-doa kita. Mari bersatu menyerukan dukungan #PrayForNTT. 

NTT sangat membutuhkan uluran tangan kita. Meski kita tidak bisa pergi untuk membantu secara langsung, masih ada cara lain untuk menolong para korban dengan berdonasi melalui BCA 522 0309 292 An. Yayasan Obor Berkat Indonesia.

Pastikan untuk memasukkan kode 012 di sumbangan Anda sebagai bentuk konfirmasi sumbangan untuk NTT dan NTB. Contoh Rp. 100.012. Atau kamu bisa langsung menghubungi tim kami di nomor 0878-9570-8092.

 

Baca Juga: 10 Ayat Alkitab Soal Perlindungan Tuhan di Tengah Bencana Alam

Sumber : Jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami