Inilah Sumber Air yang Membuat Manusia Tak Pernah Haus Lagi
Sumber: Montgemory

Kata Alkitab / 31 March 2021

Kalangan Sendiri

Inilah Sumber Air yang Membuat Manusia Tak Pernah Haus Lagi

Lori Official Writer
3321

Air adalah sumber daya alam yang sangat penting bagi seluruh makhluk hidup. Setiap hari semua makhluk hidup membutuhkan air bersih terutama manusia. Diketahui, 80 persen tubuh manusia merupakan air. 

Dapat dibayangkan jika di bumi ini kekurangan air bersih maka dapat dipastikan, semua makhluk hidup dapat mengalami kematian. Air menutupi hampir 71% permukaan bumi. Terdapat 1.4 triliun kilometer kubik (330 juta mil3) tersedia di Bumi. Air sebagian besar terdapat di laut (air asin) dan pada lapisan-lapisan es (di kutub dan puncak-puncak gunung), akan tetapi juga dapat hadir sebagai awan, hujan, sungai, muka air tawar, danau, uap air, dan lautan es.

Pada 22 Maret 2021 lalu adalah perayaan hari air sedunia. Peringatan ini dimulai pada tahun 1993 yang bertujuan agar masyarakat di dunia memberi dukungan dalam konservasi air dengan cara mengurangi penggunaan air keran yang berlebihan. Kekurangan air akan membuat kehidupan ini terancam dan penuh dengan penderitaan, itulah sebabnya kita semua sering diingatkan untuk melakukan “hemat air” dalam rangka menyelamatkan bumi. Sebegitu pentingnya air sehinghttps://www.jawaban.com/donasi/ga bangsa Israel menjadi ribut ketika mereka kekurangan air di padang gurun.

Keluaran 15: 22-24, "Musa menyuruh orang Israel berangkat dari Laut Teberau, lalu mereka pergi ke padang gurun Syur; tiga hari lamanya mereka berjalan di padang gurun itu dengan tidak mendapat air. Sampailah mereka ke Mara, tetapi mereka tidak dapat meminum air yang di Mara itu, karena pahit rasanya. Itulah sebabnya dinamai orang tempat itu Mara. Lalu bersungut-sungutlah bangsa itu kepada Musa, kata mereka: "Apakah yang akan kami minum?""

 

Baca Juga: Seberapa Besar Rasa Hausmu Akan Tuhan?

 

Kita pun seringkali merasa terancam karena kekurangan air karena air adalah kebutuhan manusia, bahkan salah satu kebutuhan pokok manusia. Apakah kita akhirnya bersungut-sungut ketika kebutuhan kita tidak terpenuhi? Apa yang menjadi kebutuhan kita hari ini? Apakah itu kebutuhan jasmani atau kebutuhan Rohani?

Yohanes 4:14 berkata, "Tetapi barangsiapa minum air yang akan Kuberikan kepadanya, ia tidak akan haus untuk selama-lamanya. Sebaliknya air yang akan Kuberikan kepadanya, akan menjadi mata air di dalam dirinya, yang terus-menerus memancar sampai kepada hidup yang kekal.”

 

Baca Halaman Berikutnya -->

Yesus adalah sumber air kehidupan. "Air" yang diberikan Yesus berarti hidup kekal. Hidup kekal juga bisa diartikan hidup yang berkualitas. Untuk memperoleh air hidup ini, seseorang harus "meminumnya". Meminum air hidup menuntut persekutuan dengan sumbernya, Yesus Kristus sendiri. Tidak seorang pun bisa meminum air hidup apabila hubungannya terputus dengan sumber itu. Tetapi dengan kita hidup dalam Yesus sebagai sumber air kehidupan maka kita malah akan menjadi mata air juga. Orang-orang yang tidak terhubung dengan sumber air itu akan menjadi, seperti yang dikatakan Petrus, "mata air yang kering". 

2 Petrus 2:17, "Guru-guru palsu itu adalah seperti mata air yang kering, seperti kabut yang dihalaukan taufan; bagi mereka telah tersedia tempat dalam kegelapan yang paling dahsyat."

Sebagai orang Kristen atau anak Tuhan maka hidup kita bukan berarti terlepas dari segala permasalahan dan penderitaan. Sama seperti bangsa Israel, bangsa yang secara khusus dipilih oleh Tuhan bahkan disertai secara langsung, juga menemukan berbagai macam persoalan dalam perjalanan tersebut. 

 

Baca Juga: Haus dan Lapar...

 

Masalahnya adalah bagaimana cara kita menyikapi segala permasalahan dalam hidup kita? Apakah kita datang kepada sumber air kehidupan itu yaitu Yesus yang bisa memberikan jawaban atas seluruh masalah hidup kita. Atau justru kita mencari sumber mata air yang lain yang kita anggap memuaskan hidup kita.

Dalam peringatan air sedunia tahun 2021 ini mari kita menghargai air dengan tidak membuang percuma-cuma seperti kita tidak butuh air lagi. Tetapi kita pergunakan sebaik mungkin dalam kehidupan kita. Itu masih air biasa yang akan membuat kita dahaga lagi terlebih air kehidupan yang membuat kita tidak pernah haus lagi yaitu Yesus Sang Air Kehidupan Sejati. Jangan disepelekan tetapi  libatkan Yesus sebaik mungkin dalam setiap aspek kehidupan kita. 

Dengan melibatkan Yesus sebagai Air Kehidupan, membuat kita menemukan kepuasan jiwa kita yang sesungguhnya. Orang-orang yang memelihara persekutuannya dengan Yesus akan menemukan ketentraman jiwanya dan dari dalam hatinya akan memancar air hidup.

 

Sandi Hutahaean S.Pd.K, Penyuluh Agama Kristen, Kementerian Agama Kota Bandung.


Kamu diberkati dengan konten-konten kami? Mari dukung kami untuk terus menjangkau lebih banyak jiwa melalui website ini dengan menjadi mitra Jawaban.com. Berapa pun donasi yang Anda beri akan sangat membantu pelayanan ini.

Yuk DAFTAR DI SINI.

Sumber : Jawaban.com
Halaman :
Tampilkan per Halaman

Ikuti Kami