Aku yang Lama Telah Mati

Aku yang Lama Telah Mati

Claudia Jessica Official Writer
      785

Kolose 3: 3

“Sebab kamu telah mati dan hidupmu tersembunyi bersama dengan Kristus di dalam Allah”

 

Bacaan Alkitab setahun: Mazmur 87; Roma 15; Ulangan 21-22

Seorang pendeta mengunjungi saya beberapa tahun lalu, dan dia benar-benar dalam kekacauan. “Aku telah berjuang untuk menjalani kehidupan kekristenan yang berkemenangan selama 20 tahun. Aku tahu apa masalahku. Kolose 3: 3 mengatakan, ‘Sebab kamu telah mati dan hidupmu tersembunyi bersama dengan Kristus di dalam Allah.’ Aku telah berjuang selama bertahun-tahun karena belum mati seperti yang dikatakan ayat ini. Bagaimana aku mati, Neil?”

“Kematian bukan masalahmu,” kataku. “Bacalah ayat itu lagi, sedikit lebih lambat.”

“‘Sebab kamu telah mati dan hidupmu tersembunyi bersama dengan Kristus di dalam Allah.’ Aku tahu itu Neil. Itu masalahku, aku belum mati.”

“Bacalah sekali lagi,” kataku dengan menekan, “sedikit lebih lambat.”

For you have died (karena kamu telah mati)—” kemudian tiba-tiba sebuah lampu menyala dalam pemahamannya. “Hei, ini bentuk lampau bukan?”

“Tentu saja. Masalahmu bukan sekarat, kamu sudah mati. Kamu mati dan diselamatkan. Pantas saja kamu bergumul sebagai orang Kristen. Kamu telah mencoba melakukan sesuatu yang sudah dilakukan, dan itu tidak mungkin. Kematian yang dibicarakan Paulus dalam Kolose 3: 3 bukanlah sesuatu yang Tuhan harapakan untuk kau lakukan, tapi itu adalah sesuatu yang Dia harapkan supaya kamu ketahui, terima dan percayai. Kamu tidak dapat melakukan apapun untuk menjadi dirimu yang sudah ada.”

Berkat karya penebusan Kristus yang luar biasa dalam hidupmu, dirimu yang lama telah digantikan oleh diri baru, diatur oleh sifat baru, yang tidak ada sebelumnya (2 Korintus 5: 17). Dirimu yang lama telah dihancurkan dalam kematian Kristus dan dirimu yang baru hidup dalam kebangkitan Kristus (1 Korintus 15: 20-22). Kehidupan baru yang menjadi ciri dirimu yang baru tidak lain adalah kehidupan Yesus Kristus yang ditanamkan di dalammu (Galatia 2: 20; Kolose 3: 4).

Doa: Tuhan, aku sangat bersyukur karena aku tidak harus bekerja untuk kehidupan baru. Engkau telah membayar harganya, melakukan pekerjaan itu, dan menyerahkan hadiahnya kepadaku.

 

Hak cipta Neil Anderson, disadurkan dari crosswalk.com.

 


Kamu diberkati dengan renungan harian kami? Jika kamu rindu supaya orang lain juga diberkati sepertimu, mari dukung kami untuk terus menjangkau melalui konten-konten yang kami sediakan lewat pelayanan media kami.

Kamu bisa menjadi mitra Jawaban.com dengan berdonasi 50 ribu setiap bulannya bersama kami. Kabar baiknya, bagi kamu yang berdonasi sebesar 250 ribu setiap bulannya akan mendapatkan bonus satu buah kaos Polo. Jadi, buat kamu yang tergerak untuk bergabung yuk DAFTAR DI SINI.

 

Ikuti Kami