10 Kebiasaan Buruk yang Banyak Orang Lakukan Sehari-hari, Kamu yang Mana?
Sumber: Medium

Health / 25 March 2021

Kalangan Sendiri

10 Kebiasaan Buruk yang Banyak Orang Lakukan Sehari-hari, Kamu yang Mana?

Lori Official Writer
2977

Sadar atau gak, waktu menjalani kehidupan sehari-hari kita sering kali melakukan kebiasaan buruk. Kelihatannya sih sepele tapi rupanya kebiasaan-kebiasaan yang kita lakukan justru bisa berisiko sama kesehatan loh!

Penasaran kan apa aja kebiasaan yang rupanya buruk buat kesehatan. Yuk dicek di bawah ini.

1# Membunyikan Jemari

Sebagian orang suka merelaksasi bagian tangan dengan menekuk jemari dan membunyikannya. 

Tapi tahukah kamu kalau ternyata kebiasaan ini kurang baik kalau dilakukan terlalu sering. Kenapa?

Alasan utamanya adalah karena saat membunyikan jemari maka produksi cairan yang disebut sinovial akan  meningkat dan membuat persendian tangan mudah bergerak. 

Cairan ini diproduksi waktu kita membunyikan buku jari. Nah, kalau kita terlalu sering melakukannya kemungkinan besar tangan kita akan bengkak dan cengkeraman tangan akan semakin lemah. 

Jadi, sangat dianjurkan hanya melakukannya sekali-kali saja.

2# Mengigit Kuku

Apa kamu orang yang suka menggigit bagian kuku waktu sedang menonton atau menyimak sesuatu? 

Kamu perlu tahu kalau kebiasaan menggigit kuku bisa merusak gigi dan bantalan kulit bagian kuku dan menyebabkan infeksi. 

Selain itu, kamu juga bisa terjangkit bakteri atau virus karena waktu menggigit kuku tanganmu bisa saja kotor. Jadi supaya lebih aman, ada baiknya menghindari kebiasaan ini.

3# Pasang Headphone Full Volume

Suara yang aman didengar di telinga diukur dalam decibel. Volume suara saat berbicara normalnya adalah sekitar 60 desibel. Karena itu sangat dianjurkan untuk selalu mendengarkan suara, termasuk saat memasang headphone dengan volume di bawah 75 desibel.

Juga sangat dianjurkan untuk tidak memasang headphone lebih dari beberapa jam. 

Inilah alasan kenapa kebiasaan mendengar headphone dengan full volume buruk bagi telinga. Saat seseorang mendengar headphone dengan volume di atas 75 desibel dan dalam waktu yang cukup lama, bisa dipastikan kemungkinan rusaknya gendang telinga hingga kerusakan permanen. 

Jadi, dengan mengetahui risiko ini anak-anak muda yang suka dengar musik kencang lewat headphone atau earphone bisa mengubah kebiasaannya.

4# Duduk Dalam Waktu yang Lama

Kebanyakan masyarakat kita saat ini bekerja menatap layar. Itu artinya kita dituntut untuk bekerja dengan posisi duduk sepanjang hari.

Tahukah kamu, kebiasaan terlalu lama duduk rupanya bisa berakibat fatal loh bagi kesehatan. Salah satu dampaknya adalah bisa memperlambat metabolisme tubuh, sakit jantung, infeksi kandung kemih, sakit punggung, nyeri pinggang dan sebagainya.

Karena itu sangat dianjurkan untuk selalu bergerak setiap dua jam sekali selama bekerja. Pastikan untuk beranjak dari tempat duduk dan melakukan aktivitas lain seperti mengambil minum, ke toilet atau berjalan selama 2 sampai 5 menit.

Tuntutan bekerja di depan layar setiap hari tentunya sangat berisiko. Karena itu sangat dianjurkan untuk melakukan olahraga atau latihan peregangan otot setiap hari.

 

Baca Juga: Sudah Teruji! 5 Kebiasaan Ini Bikin Kamu Hidup Sehat Ala Alkitab

 

5# Makan Terlalu Banyak

Apakah kamu orang yang gak bisa tahan tanpa mengunyah sepanjang waktu? 

Kalau kamu adalah orang yang doyan maka, sekalipun makan makanan sehat, harus tahu kalau dampak terlalu banyak makan rupanya berbahaya. 

Bukan saja hanya meningkatkan berat badan, tapi makan terlalu banyak bisa juga menyumbang risiko kesehatan seperti serangan jantung, diabetes, tekanan darah tinggi dan parahnya bisa jadi pemicu munculnya sel kanker.

Jadi, sebelum kamu memuaskan keinginan lidah dengan mengunyah makanan apapun yang terlihat mending pikir-pikir lagi. Pastikan porsi makanmu setiap hari selalu teratur supaya tubuh tidak menanggung kelebihan beban dari makanan yang kamu konsumsi.

6# Tidur Dengan Lampu Terang

Apakah kamu salah satu penganut tidur dengan lampu menyala? 

Gak masalah sih kalau memang kamu sulit tidur dalam kondisi gelap. Tapi secara medis, faktanya diungkapkan bahwa tidur dengan lampu menyala justru hanya akan membuat kualitas tidur terganggu. 

Tidur dalam keadaan lampu menyala akan menurunkan kadar melatonin dan mempengaruhi glukosa dan tekanan darah.

Jadi gak ada salahnya mencoba untuk membuat kondisi kamar tidur dalam keadaan gelap ya waktu tidur.

7# Begadang

Kurang tidur hanya akan merusak sistem kerja tubuh. Bagi mereka yang terbiasa begadang di malam hari otomatis akan mengalami pergeseran jadwal tidur. Dari yang biasanya tidur di malam hari menjadi siang hari. 

Dampak buruknya adalah kalau kebiasaan ini terjadi terus menerus maka akan menyebabkan beragam penyakit mematikan, mulai dari tekanan darah tinggi, serangan jantung, diabetes hingga depresi.

Tubuh juga punya waktu kerja. Jadi kalau tubuh memang sudah menunjukkan tanda-tanda untuk beristirahat, penuhilah kebutuhan tersebut. Pastikan untuk mencukupi waktu istirahat selama 7-8 jam setiap hari. 

8# Telat Makan 

Kebiasaan telat makan dalam jangka waktu yang panjang hanya akan menyebabkan kerusakan pada lambung. Penyakit yang disebabkan oleh kebiasaan ini adalah asam lambung atau maag. 

Jadi sebelum kejadian, ada baiknya menjaga kesehatan sejak dini. Salah satu hal kebiasaan baik yang bisa diterapkan adalah sebisa mungkin makan sesuai dengan waktu makan tubuh. Waktunya bisa kamu atur sendiri sesuai dengan kebutuhan tubuh setiap harinya. Jangan pernah mengabaikan kebutuhan tubuh hanya karena kamu sibuk atau sedang kurang nafsu makan.

 

Baca Juga: 15 Cara Menghormati Tuhan Lewat Kebiasaan Makan dan Minum (Part 1)

 

9# Main Handphone Sebelum Tidur

Rata-rata masyarakat di zaman ini banyak yang terjebak dengan kebiasaan main handphone sebelum tidur. 

Gak heran sih, apalagi kalau mata masih belum bisa terpejam. Otomatis meraih handphone dan mulai berselancar jadi pilihan sebelum benar-benar bisa ngantuk dan tidur. 

Tapi tahukah kamu, kalau beberapa penelitian menemukan bahwa cahaya yang dihasilkan layar ponsel sebenarnya berbahaya bagi tubuh. Jadi, lebih baik menekadkan diri kalau sudah di tempat tidur matikan jaringan internet dan jauhkan ponsel dari jangkauan.

10# Terlalu Lama Sendiri

Percaya gak percaya kebiasaan terlalu senang menghabiskan waktu sendiri rupanya bisa berdampak buruk buat kesehatan loh! 

Hal ini terjadi karena kamu gak terhubung secara langsung dengan orang luar. Semakin lama kamu mengurung diri sendiri, semakin besar pula kemungkinan munculnya depresi, stress dan bahkan meningkatnya tekanan darah tinggi.

Karena itu sangat disarankan bagi mereka yang suka menyendiri untuk ikut dalam beberapa komunitas sosial atau melakukan sejumlah aktivitas olahraga yang membuat kita lebih aktif.

Cara kita memperlakukan tubuh adalah cerminan dari bagaimana kita menghormati Tuhan. Jadi mari menghormati dan menghargai kehidupan yang Tuhan kasih buat kita dengan cara sesederhana memperhatikan kebiasaan yang kita lakukan setiap hari.

Sumber : Jawaban.com
Halaman :
Tampilkan per Halaman

Ikuti Kami