Tiga Kisah Alkitab Ajarkan Anak Tentang Persahabatan

Tiga Kisah Alkitab Ajarkan Anak Tentang Persahabatan

Lori Official Writer
52015

 

Perilaku dan pola pikir anak dibentuk dari teladan ayah dan ibu dalam kehidupan sehari-hari. Pengenalan anak kasih sayang, kemurahan hati, toleransi, hingga persahabatan akan sangat baik jika dimulai ketika anak masih berusia dini.

Tak hanya sekadar memberi teladan, orang tua patut memberi pemahaman yang baik tentang nilai-nilai kehidupan kepada anak dengan memandang sesuai dengan firman Tuhan. Kamu bisa mengenalkan anak terlebih dahulu tentang tiga kisah persahabatan ini:

Persahabatan Yesus dan murid-murid (Yohanes 15: 12-15)

Yesus menyebut kita sebagai sahabat dan Dia ingin kita menjalin hubungan dengan-Nya. Persahabatan Yesus dituliskan dalam beberapa perikop Alkitab saat Ia dan murid-murid-Nya bersama. Meskipun status hubungan mereka selayaknya sebatas guru dan murid, namun Yesus tetap menyebut pengikutnya sebagai sahabat. Yesus juga menunjukkan kasih-Nya yang besar melalui kematian-Nya dikayu salib.

Meskipun kita tidak secara fisik menyerahkan nyawa kita untuk sahabat-sahabat kita, tetapi kita bisa berkorban sesuatu untuk orang lain seperti Ia sudah lakukan. Gunakan contoh ini untuk berbagi dengan anak-anakmu. Yesus memanggil kita sahabat dan Dia ingin kita juga mau menjalin hubungan dengan orang lain.

 


Baca juga: Inilah Firman Tuhan Yang Penting Untuk di Ingat Dalam Membangun Persahabatan


 

Persahabatan Rut dan Naomi (Rut 1: 14-18)

Kesetiaan dan komitmen adalah rahasia ssebuah hubungan bisa langgeng dan bermanfaat. Setelah suaminya meninggal, Rut bisa saja dengan mudah meninggalkan mertuanya yang sudah renta itu. Tetapi Rut memilih untuk setia kepada keluarga suaminya. Kesetiaan dan komitmenlah yang membuat hubungan Rut dan Naomi semakin erat, tak peduli tentang tantangan yang akan dia hadapi di depan.

Gunakanlah kisah ini untuk mengajarkan anak tentang kesetiaan dan komitmen. Kesetiaan adalah hal penting untuk bisa memperkuat hubungan dengan orang-orang terdekat atau teman. Pertama-tama, tanamkan kesetiaan kepada Tuhan kemudian kepada keluarga dan teman-teman.

Persahabatan Daud dan Yonatan (1 Samuel 18: 15)

Ajarkan anak tentang persahabatan antara Daud dan Yonatan. Keduanya bersahabat dan saling mendukung satu sama lain. Yonatan menggunakan Tuhan untuk mengasihi Daud dan mendukung dia melalui pertempuran hingga menjadi raja. Sebagai anak raja, Yonatan bisa saja cemburu kepada Daud setelah dianggap sebagai raja. Tetapi ia percaya bahwa Tuhan berkenan akan Daud. Alkitab menunjukkan kisah persabatan yang begitu mendalam diantara mereka mampu menembus masa-masa sulit kala itu. Kisah ini mengingatkan bahwa Tuhan memakai teman-teman dan anggota keluarga lain untuk saling menajamkan dan menguatkan.

Untuk mengajarkan hal ini, orang tua patut memberikan teladan secara ril kepada anak melalui kehidupan sehari-hari. Sehingga mereka bisa menerima dan meniru hal-hal baik yang kamu wariskan.

 

Baca juga: Apa Itu Persahabatan? Temukan 5 Artinya Dari Hubungan Daud dan Yonatan Ini

 

 

Sumber : Whatsinthebible.com/jawaban.com/ls
Halaman :
1

Ikuti Kami