6 Tokoh Alkitab yang Tidak Taat Kepada Tuhan dan Hukuman yang Didapatkan

6 Tokoh Alkitab yang Tidak Taat Kepada Tuhan dan Hukuman yang Didapatkan

Claudia Jessica Official Writer
3366

Setelah membahas tokoh Alkitab yang paling taat kepada Tuhan, kali ini kita akan membahas tokoh Alkitab yang tidak taat kepada Tuhan. Akibat ketidaktaatan tersebut, mereka harus menanggung hukuman yang sangat berat seperti, tidak dapat menikmati janji Tuhan, bahkan kematian.

Meski demikian, tidak semua tokoh yang tidak taat kepada Tuhan adalah orang jahat. Ada juga orang benar yang pernah tidak menaati Tuhan sehingga mereka harus menerima hukuman.

Berikut 6 tokoh yang tidak taat kepada Tuhan.

1. Adam dan Hawa

Adam, manusia pertama yang tinggal di Taman Eden bersama isterinya Hawa. Allah memberikan segala hal yang ada di Taman Eden kepada mereka pohon yang terletak di tengah-tengan taman itu, pohon pengetahuan yang baik dan yang jahat. Allah melarang mereka untuk memakannya sebab jika mereka makan, mereka akan mati.

Sayangnya, peringatan ini tidak ditaati oleh Adam dan Hawa. Hawa tergoda Iblis yang berbentuk ular. Ia melihat bahwa buah di pohon itu sangat menarik hingga ia mengambilnya untuk memakan buah itu bersama dengan suaminya, Adam. Ketidaktaatan mereka membuat mereka jatuh ke dalam dosa dan mengalami kematian rohani. Mereka merasa bersalah dan tidak berani untuk menghadapi Allah sehingga mereka harus terpisah dari Tuhan.

Kematian rohani mereka diikuti dengan kematian secara jasmani. Adam dan Hawa akhirnya mati secara fisik. Namun, hukuman yang ditimpakan kepada Adam dan Hawa berdampak kepada seluruh keturunannya, yaitu semua manusia di bumi. Inilah yang disebut dosa warisan (Roma 5: 12-21).

 

Baca juga: Ketidaktaatan Yang Mendatangkan Kutuk

Halaman selanjutnya >>>

2. Nadab dan Abihu

Nadab dan Abihu adalah anak Harun yang menjadi imam Bersama dengannya. Suatu ketika, Nadab dan Abihu, mereka masing-masing mengambil perbaraannya, membubuh api ke dalamnya serta menaruh ukupan di atas api itu. Dengan demikian mereka mempersembahkan ke hadapan TUHAN api yang asing yang tidak diperintahkan-Nya kepada mereka. (Imamat 10)

Padahal, api itu seharusnya berasal dari Tuhan yang diambil dari dalam mezbah. Namun Nadab dan Abihu melanggar perintah Tuhan sehingga keduanya pun dihukum. Api keluar dari hadapan Tuhan dan menghanguskan keduanya hingga mereka mati.

3. Harun dan Musa

Harun dan Musa tidak dapat menikmati janji Tuhan untuk masuk ke Tanah Perjanjian akibat ketidaktaatannya kepada Tuhan. Musa adalah pemimpin Israel yang membawa bangsa tersebut keluar dari perbudakan di Mesir menuju Tanah Perjanjian, Tanah Kanaan. Ia memimpin bangsa Israel sekitar 40 tahun di padang gurun. Sedangkan Harun adalah Imam besar Israel satu-satunya.

Sayangnya, Tuhan tidak mengizinkan keduanya masuk ke tanah perjanjian akibat pemberontakan yang mereka lakukan. Tuhan memerintahkan mereka untuk memberi orang Israel minum dengan berkata kepada bukit batu agar airnya keluar namun, Musa justru memukul bukit batu itu dengan tongkatnya.

Bukit batu itu mengeluarkan banyak air sehinnga bangsa Israel dan ternak mereka mendapatkan minum. Tetapi Tuhan berfirman kepada Musa dan Harun: "Karena kamu tidak percaya kepada-Ku dan tidak menghormati kekudusan-Ku di depan mata orang Israel, itulah sebabnya kamu tidak akan membawa jemaah ini masuk ke negeri yang akan Kuberikan kepada mereka." (Bilangan 20: 1-13).

Musa sempat memohon kepada Tuhan supaya ia diperbolehkan masuk ke Tanah Perjanjian. Namun, Tuhan murka dan menolak doa Musa. (Ulangan 3: 23-26)

Tuhan memerintahkan Musa untuk naik ke gunung Nebo dan memperlihatkan Tanah Kanaan. Dia memperbolehkan Musa untuk melihat tanah tersebut namun ia tidak diperbolehkan untuk memasukinya. Lalu Musa mati di sana, sesuai dengan firman Tuhan. (Ulangan 34: 1-5)

Meski tidak sepenuhnya jahat, keenam tokoh tersebut tidak taat kepada Tuhan sehingga Ia menghukum mereka. Lantas bagaimana cara hidup taat kepada Tuhan? Belajar dari 4 tokoh ini yuk!

4 Tokoh Alkitab yang Paling Taat Sama Tuhan, Belajar dari Mereka Yuk!

 

Sumber : jawaban.com
Halaman :
Tampilkan per Halaman

Ikuti Kami