6 Tokoh Alkitab yang Tidak Taat Kepada Tuhan dan Hukuman yang Didapatkan

6 Tokoh Alkitab yang Tidak Taat Kepada Tuhan dan Hukuman yang Didapatkan

Claudia Jessica Official Writer
3365

2. Nadab dan Abihu

Nadab dan Abihu adalah anak Harun yang menjadi imam Bersama dengannya. Suatu ketika, Nadab dan Abihu, mereka masing-masing mengambil perbaraannya, membubuh api ke dalamnya serta menaruh ukupan di atas api itu. Dengan demikian mereka mempersembahkan ke hadapan TUHAN api yang asing yang tidak diperintahkan-Nya kepada mereka. (Imamat 10)

Padahal, api itu seharusnya berasal dari Tuhan yang diambil dari dalam mezbah. Namun Nadab dan Abihu melanggar perintah Tuhan sehingga keduanya pun dihukum. Api keluar dari hadapan Tuhan dan menghanguskan keduanya hingga mereka mati.

3. Harun dan Musa

Harun dan Musa tidak dapat menikmati janji Tuhan untuk masuk ke Tanah Perjanjian akibat ketidaktaatannya kepada Tuhan. Musa adalah pemimpin Israel yang membawa bangsa tersebut keluar dari perbudakan di Mesir menuju Tanah Perjanjian, Tanah Kanaan. Ia memimpin bangsa Israel sekitar 40 tahun di padang gurun. Sedangkan Harun adalah Imam besar Israel satu-satunya.

Sayangnya, Tuhan tidak mengizinkan keduanya masuk ke tanah perjanjian akibat pemberontakan yang mereka lakukan. Tuhan memerintahkan mereka untuk memberi orang Israel minum dengan berkata kepada bukit batu agar airnya keluar namun, Musa justru memukul bukit batu itu dengan tongkatnya.

Bukit batu itu mengeluarkan banyak air sehinnga bangsa Israel dan ternak mereka mendapatkan minum. Tetapi Tuhan berfirman kepada Musa dan Harun: "Karena kamu tidak percaya kepada-Ku dan tidak menghormati kekudusan-Ku di depan mata orang Israel, itulah sebabnya kamu tidak akan membawa jemaah ini masuk ke negeri yang akan Kuberikan kepada mereka." (Bilangan 20: 1-13).

Musa sempat memohon kepada Tuhan supaya ia diperbolehkan masuk ke Tanah Perjanjian. Namun, Tuhan murka dan menolak doa Musa. (Ulangan 3: 23-26)

Tuhan memerintahkan Musa untuk naik ke gunung Nebo dan memperlihatkan Tanah Kanaan. Dia memperbolehkan Musa untuk melihat tanah tersebut namun ia tidak diperbolehkan untuk memasukinya. Lalu Musa mati di sana, sesuai dengan firman Tuhan. (Ulangan 34: 1-5)

Meski tidak sepenuhnya jahat, keenam tokoh tersebut tidak taat kepada Tuhan sehingga Ia menghukum mereka. Lantas bagaimana cara hidup taat kepada Tuhan? Belajar dari 4 tokoh ini yuk!

4 Tokoh Alkitab yang Paling Taat Sama Tuhan, Belajar dari Mereka Yuk!

 

Sumber : jawaban.com
Halaman :
12Tampilkan Semua

Ikuti Kami