Kasih Yang Sempurna Melenyapkan Ketakutan (2)

Kasih Yang Sempurna Melenyapkan Ketakutan (2)

Admin Spiritual Official Writer
7631

"Di dalam kasih tidak ada ketakutan: kasih yang sempurna melenyapkan ketakutan; sebab ketakutan mengandung hukuman dan barangsiapa takut, ia tidak sempurna di dalam kasih." (1 Yohanes 4:18)

 

Rasa Takut Kekurangan

Ada banyak jenis rasa takut, antara lain seperti yang telah disebutkan dalam artikel sebelumnya yaitu rasa takut yang bermanifestasi dalam bentuk sikap ingin selalu memegang kendali dan rasa tidak aman. Tapi satu lagi rasa takut yang banyak dialami orang adalah rasa takut kekurangan. Rasa takut bahwa kebutuhan kita tidak dapat terpenuhi, bahwa Tuhan tidak datang pada waktu yang tepat. Ibrani 13:5-6 memberikan penghiburan bagi mereka yang sedang mengalami ketakutan ini:

"Janganlah kamu menjadi hamba uang dan cukupkanlah dirimu dengan apa yang ada padamu. Karena Allah telah berfirman: "Aku sekali-kali tidak akan membiarkan engkau dan Aku sekali-kali tidak akan meninggalkan engkau." Sebab itu dengan yakin kita dapat berkata: Tuhan adalah Penolongku. Aku tidak akan takut. Apakah yang dapat dilakukan manusia terhadap aku?"

Mungkin saat ini Anda sedang berada dalam situasi yang belum pernah Anda alami sebelumnya. Anda mungkin sedang menghadapi tanggung jawab baru yang Anda sendiri belum tahu pasti bagaimana menanganinya. Anda mungkin mempunyai kebutuhan yang jauh lebih besar dibanding sumber-sumber yang Anda miliki, dan rasa takut menyerang Anda, mengatakan bahwa Anda tidak akan berhasil. Anda mungkin merasa sendirian dalam keadaan Anda, sepertinya tidak ada yang peduli. Tapi Tuhan peduli dengan Anda!

 

Baca Juga: Kasih yang Memberi Kemenangan Setiap Hari

 

Waktu Tuhan mengatakan pada ayat itu agar Anda mencukupkan diri dengan keadaan Anda saat ini, bukan berarti Anda tidak diperkenankan untuk menginginkan perubahan. Kita harus menjadi "penuh" di dalam Yesus, mengetahui bahwa Dia telah mendengar doa kita dan percaya bahwa Dia tidak akan pernah gagal terhadap kita. Kita harus belajar menikmati perjalanan di mana kita sedang dalam proses untuk mencapai tujuan. Tuhan adalah Tuhan dari kemajuan. Dia tidak pernah menginginkan kondisi stagnan. Meskipun kelihatannya tidak ada yang terjadi dalam hidup kita, Tuhan sedang bekerja di belakang layar dalam hal-hal yang akan dinyatakanNya pada waktu yang tepat. Tuhan itu hidup, dan kehidupan itu sudah seharusnya mengalir, atau itu tidak lagi dapat disebut hidup. Hal-hal yang mati itu stagnan dan tidak lagi bergerak, tapi kehidupan selalu bergerak, mengalir, dan berkembang.

Tuhan mempunyai rencana yang baik bagi Anda, dan Dia akan menyatakan rencanaNya itu pada waktu yang tepat. Jangan takut! Tuhan ada bersama Anda dan Dia tidak akan meninggalkan Anda tanpa bantuan! Jika Anda membutuhkan bantuan keuangan, Dia akan menyediakan. Jika Anda membutuhkan bantuan fisik, Dia akan membuat Anda bertahan sementara Anda menunggu termanifestasinya kesembuhan secara utuh. Jika Anda membutuhkan dukunga emosional, Dia akan menenangkan dan menghibur Anda dengan damai sejahtera dan penghiburan yang hanya bisa diberikan oleh Roh Kudus. Dia akan memelihara Anda dan memberikan kekuatan dalam setiap area hidup Anda. Tuhan ada untuk Anda dan bersama Anda, Dia bukan lawan Anda. Iblis adalah lawan Anda, tapi Tuhan ada di pihak Anda. Yang Maha Kuasa hidup di dalam Anda! (1 Yoh 4:4)

 

Baca Juga: Kehilangan Kasih Mula-mula Sama Dengan Bekerja Tanpa Buah

 

Jangan Ada yang Memisahkan Anda dari KasihNya

Roma 8:35-39 mengatakan pada kita tentang saat-saat sulit dan betapa pentingnya untuk tidak mengijinkan semua itu memisahkan kita dari kasih Tuhan. Saya menyadari bahwa selama bertahun-tahun kasihNya menopang saya selama saat-saat yang sulit serta stress. Selama masa-masa sulit iblis terus berusaha menyakinkan kita bahwa Tuhan tidak mengasihi kita, karena kalau Dia mengasihi kita, kita seharusnya tidak berada dalam keadaan seperti ini, atau seharusnya Dia sudah membebaskan kita secepatnya. Saya mengakui kebenaran bahwa Tuhan mengasihi saya selama serangan ketakutan itu. Saya mendorong Anda untuk mengatakan pada diri Anda sendiri setiap hari dengan percaya diri, "Tuhan mengasihi saya!" Jangan ijinkan iblis mencuri kebenaran ini dari Anda.

Efesus 6:11-17 berbicara tentang mengenakan perlengkapan senjata Allah untuk melawan serangan iblis. Salah satu perlengkapan itu adalah ikat pinggang kebenaran. Alkitab menyatakan bahwa kita harus mengencangkan ikat pinggang selama serangan itu, ini berarti kebenaran yang kita pelajari dari firmanNya harus kita pegang erat-erat selama masa pencobaan.

Ijinkan saya mengakhiri tulisan ini dengan Roma 8:35-39, yang saya doakan agar dapat Anda renungkan, "Siapakah yang akan memisahkan kita dari Kasih Kristus? Penindasan atau kesesakan atau penganiayaan, atau kelaparan atau ketelanjangan, atau bahaya, atau pedang? Seperti ada tertulis: "Oleh karena Engkau kami ada dalam bahaya maut sepanjang hari, kami telah dianggap sebagai domba-domba sembelihan." Tetapi di dalam semuanya itu kita lebih daripada orang-orang yang menang, oleh Dia yang telah mengasihi kita.

Sebab aku yakin, bahwa baik maut, maupun hidup, baik malaikat-malaikat, maupun pemerintah-pemerintah, baik yang ada sekarang, maupun yang akan datang, atau kuasa-kuasa, baik yang di atas, maupun yang di bawah, ataupun sesuatu makhluk lain, tidak akan dapat memisahkan kita dari kasih Allah, yang ada dalam Kristus Yesus, Tuhan kita."

Selama Anda menolak untuk membiarkan apapun memisahkan Anda dari kasih Tuhan, Anda akan dan pasti menang!


Kamu diberkati dengan konten-konten kami? Jika kamu rindu supaya orang lain juga diberkati sepertimu, mari dukung kami untuk terus menjangkau melalui konten-konten yang kami sediakan lewat pelayanan media kami.

Kamu bisa menjadi mitra Jawaban.com dengan berdonasi seberapapun Anda bisa berikan. Mari menjadi berkat untuk memberkati lebih banyak orang di luar sana.

Buat kamu yang tergerak untuk bergabung yuk DAFTAR DI SINI.

Sumber : Joyce Meyer
Halaman :
1

Ikuti Kami