Gempa M 8.1  Guncang Selandia Baru, Gempa Terbesar Di Dunia Sejak 2018

Gempa M 8.1 Guncang Selandia Baru, Gempa Terbesar Di Dunia Sejak 2018

Puji Astuti Official Writer
460

Gempa yang mengguncang Selandia Baru dengan kekuatan 8,1 SR pada hari ini, Jumat (5/3/2021)  pagi. CNN menyatakan bahwa gempa ini adalah gempa terbesar sejak Agustus 2018, dimana saat itu terjadi gempa berkekuatan 8.2 Magnitudo di kedalaman laut wilayah Pasifik Selatan, dekat wilayah Fiji. 

Gempa yang mengguncang wilayah Pasifik Selatan ini memicu peringatan tsunami di beberapa negara, selain Selandia Baru, Vanuatu, Kepulauan Salomon dan bahkan wilayah pantai Samoa Amerika.

Peringatan tsunami ini karena tiga kali gempa berkekuatan besar, yaitu pada Kamis (4/3/2021) malam dengan kekuatan 7.3 M, pada Jumat dini hari (5/3/2021) sekitar pukul 00.41 dengan kekuatan 7.4 M, dan pada pukul 02.28 berkekuatan 8.1 M. Pusat gempat terjadi di pertemuan Lempeng Pasifik dan Lempeng Australia. 

Badan Manajemen Darurat Nasional (NEMA) Selandia Baru sempat meminta penduduk yang ada di sepanjang pantai timur Selandia Baru untuk melakukan evakuasi.

"Masyarakat setempat diminta melakukan evakuasi ke tempat-tempat yang lebih tinggi dan menghindari area dekat pantai," demikian pernyataan NEMA yang dikutip Kompas.com. 

Setelah beberapa jam, tsunami terjadi diwilayah Kingston Norfolk namun hanya setinggi 56 cm, di Great Barrier 30 cm, Nort Cane 15 cm dan di Nukualofa 5 cm. Saat ini peringatan tsunami ini sudah dicabut, namun pemerintah Selandia Baru tetap meminta masyarakat untuk waspada.


BACA JUGA : 
Lumba-Lumba Pemberi Tanda Gempa

Berkat Mitra CBN, Warga Terdampak Gempa di Sulawesi Barat Segera Mendapatkan Bantuan


 

Sumber : Berbagai Sumber
Halaman :
1

Ikuti Kami