Benarkah Mengunakan Masker Double Dapat Mencegah Covid-19?

Benarkah Mengunakan Masker Double Dapat Mencegah Covid-19?

Claudia Jessica Official Writer
589

Masker telah menjadi atribut wajib yang digunakan setiap orang sejak pandemi covid-19. Baik masker kain, masker medis, hingga masker jenis lain telah digunakan masyarakat.

Sekarang CDC (Centers for Disease Control and Prevention) telah merekomendasikan untuk menggubakan masker ganda supaya lebih efektif dalam mencegah covid-19. Namun agar tujuan yang diinginkan menjadi efektif, ada beberapa hal yang harus diperhatikan.

Penelitian menunjukkan bahwa penggunaan masker dobel lebih efektif dalam mencegah penularan covid-19 daripada hanya satu masker.

Masker bedah dapat menghalangi partikel udara sebanyak 84,3%. Jika kita menggunakan masker dobel maka, perlindungannya meningkat menjadi 96,4%.

Seperti yang kita setahui bahwa masker bedah seringkali longgar karena ukurannya yang tidak fleksibel sedangkan masker kain biasanya dapat diatur kekencangannya ketika dipakai sehingga tidak mengakibatkan sesak. Kombinasi kedua masker ini dapat memberikan perlindungan yang lebih baik.

Supaya lebih efektif, perhatikan hal berikut ketika ingin menggunakan masker dobel:

  • Masker beda digunakan pada lapisan pertama.
  • Tekan kawat tipis yang ada di bagian atas masker bedah ke arah wajah sehinggan mengikuti bentuk hidung.
  • Lapisi dengan masker kain yang terdiri dari 3 lapis, pastikan ukuran masker sesuai dengan wajah.
  • Pastikan tali atau karet masker kain dikaitkan dengan baik pada telinga atau diikat di bagian belakang kepala.
  • Coba hembuskan napas dan rasakan apakah masih ada udara yang mengalir dari sisi atas dan sisi samping masker. Jika masih ada, atur kembali posisi dan kekencangan masker.
  • Pastikan kamu bisa bernapas dengan nyaman dan tidak merasa pusing atau berkunang-kunang karena pemakaian masker dobel ini.

Baca juga: Ini 4 Jenis Masker yang Paling Gak Efektif Tangkal Virus!


Meskipun ditutupi dengan kain, ingat untuk tetap membuang masker bedah setelah sekali pakai. Sedangkan masker kain bisa kamu cuci dan digunakan kembali.

Poin penting dari penggunaan masker dobel ini adalah, kombinasi yang dapat digunakan hanyalah masker bedan dan masker kain. Masker bedah yang dilapisi masker bedah lainnya tidak akan memberikan perlindungan ganda yang efektif. Penggunaan masker dobel ini tidak direkomendasikan untuk anak-anak.

Selain menggunakan masker dengan benar, kamu juga tetap harus melakukan physical distancing, menghindari kerumunan, rajin mencuci tangan, dan mendapatkan vaksin COVID-19 untuk melindungi dirimu dan orang-orang dari penyakit ini.

Tetap sehat ya JCers.

Sumber : alodokter
Halaman :
1

Ikuti Kami