#KataAlkitab: Batal Nikah Bikin Sakit Hati, Pulihkan Hatimu Dengan Cara yang Alkitabiah

#KataAlkitab: Batal Nikah Bikin Sakit Hati, Pulihkan Hatimu Dengan Cara yang Alkitabiah

Claudia Jessica Official Writer
352

Batal menikah meninggalkan bekas luka yang dalam, bahkan tidak jarang menimbulkan trauma pada seseorang. Mungkin kamu adalah salah satu orang yang mengalami hal ini.

Kamu mungkin merasa marah pada mantan pasanganmu atau bahkan pada Tuhan. Alkitab menulis dalam kitab Mazmur 34: 19 “TUHAN itu dekat kepada orang-orang yang patah hati, dan Ia menyelamatkan orang-orang yang remuk jiwanya.”

Artinya, Tuhan tidak pernah meninggalkan kamu sekalipun orang yang cintai meninggalkanmu. Percayalah bahwa Tuhan memiliki rancangan yang terbaik untuk hidupmu termasuk pasangan hidupmu yang akan bersama dengan kamu sepanjang sisa hidupmu.

Namun, tidak ada larangan untuk tidak boleh menangis. Ketika merasa sakit hati, sangatlah wajar untuk merasa sedih dan menangis adalah salah satu cara meluapkan kesedihanmu. Ingat, jangan berlarut dalam kesedihanmu apalagi menjauhi orang-orang yang masih mencintaimu dan mendukungmu hingga saat ini, terlebih lagi menjauhi Tuhan.

Kini sudah saatnya untuk memulihkan hatimu. Coba ikuti langkah berikut:


Jika kamu lebih suka menonton, simak penjelasan lengkapnya DI SINI.


1. Lihat dan melangkah kepada masa depan

Amsal 23: 18 mengatakan, “Karena masa depan sungguh ada, dan harapanmu tidak akan hilang.” Berhentilah melihat masa lalu, berikan pengampunan kepada mantanmu dan arahkan hidupmu kepada masa depan.Jangan lagi kepo tentang kehidupan mantanmu jika kamu belum move on sepenuhnya.

Atur kembali prioritas kehidupanmu dan fokuskan dirimu kepada hal yang ingin kamu capai di masa depan. Penuhi pikiran dan gunakan waktumu dengan hal-hal yang positif dan jangan sampai mengingat kembali masa lalu. Kamu juga bisa merenungkan Firman Tuhan dan janji-janjiNya. Jadikan hal ini sebagai tuntunan dan kekuatan untuk melangkah ke masa depan yang sudah Tuhan siapkan untukmu.


Baca juga:

Ini Batasan-batasan Pacaran yang Dianjurkan Bagi Orang Kristen

Siapa Sih Yang Mau Putus? Tapi Ketika Itu Terjadi, Kuatkan Diri Dengan 3 Cara Ini2. Curhat dengan pribadi yang bisa dipercaya


Emosi yang terpendam dapat membuat dirimu menjadi depresi dan stres. Kamu bisa menghubungi pembimbing rohanimu atau konselor yang bersedia mendengarkanmu bahkan memberikan semangat, dan doa untukmu.

Namun jika kamu tidak memiliki sosok tersebut, kamu bisa menghubungi sahabat 24 yang siap untuk mendengarkan dan berdoa bagimu kapan saja, WA:0822 1500 2424 atau klik http //bit.ly/inginKonseling

3. Pastikan kamu telah pulih sebelum memulai hubungan baru

Satu-satunya yang dapat memulihkanmu adalah cintanya Tuhan. Jika kamu belum mengalami pemulihan sebelum menjalin hubungan yang baru, kamu bisa saja terluka lagi. Jadi, dekatkanlah dirimu kepada Tuhan.

Cari wajah Tuhan hingga kasih Tuhan memulihkan hatimu. Kamu telah pulih sepenuhnya jika kamu mampu merasa bahwa Tuhan saja sudah cukup bagimu dan menjadikan Tuhan yang terutama dalam hidupmu.

Pernikahan adalah gambaran dari hubungan antara Kristus dengan gerejanya. Kita sebagai umat Tuhan, yang sesungguhnya adalah mempelai Kristus yang dipertunangkan dengan Dia. Namun, gagal menikah bukanlah akhir dari segalanya. Tuhan berfirman dalam kitab Hosea 2: 18-19 “Aku akan menjadikan engkau isteri-Ku untuk selama-lamanya dan Aku akan menjadikan engkau isteri-Ku dalam keadilan dan kebenaran, dalam kasih setia dan kasih sayang. Aku akan menjadikan engkau isteri-Ku dalam kesetiaan, sehingga engkau akan mengenal TUHAN.”

Ketika kita mengenal Tuhan dan mengalami kasih-Nya, kita akan menjadi pribadi yang utuh. Dengan demikian, kita siap untuk menggenapi rencana-Nya dalam hidup kita.

Proses kehidupan yang kita lewati sekalipun sangat menyakitkan merupakan masa-masa persiapan dimana Tuhan membentuk hidup kita sehingga menjadi berkat bagi banyak orang dan nama Tuhan dipermuliakan.


Baca juga:

7 Ayat Alkitab Untuk Bantu Move On Dari Cinta Masa Lalu, Nomor 3 Benar Banget!

Move On Memang Sulit. Tapi Kalau Nggak Move On, Kapan Nikahnya Dong? So, Move On Yuk!

Sumber : jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami