Tindakanmu Adalah Bukti Kasihmu

Tindakanmu Adalah Bukti Kasihmu

Lori Official Writer
      952

Yakobus 2: 26

Sebab seperti tubuh tanpa roh adalah mati, demikian jugalah iman tanpa perbuatan-perbuatan adalah mati.

 

 

Bacaan Alkitab setahun: Mazmur 42; Kisah Para Rasul 14; Keluaran 33-34

Tuhan sudah merancangkan kehidupan orang percaya penuh dengan petualangan dan pengorbanan, tindakan yang didorong oleh kasih dan karya salib Yesus.

Kasih Tuhan terlebih besar atas kita sehingga Dia rela meninggalkan kemuliaan di surga, menjadi daging dan menghancurkan kuasa dosa melalui kematian-Nya yang penuh kasih. 

Kasih Tuhan begitu besar sehingga Dia menyerahkan diri-Nya bagi kita yang tidak layak ini. Dan Dia rindu supaya kasih-Nya menjadi dasar atas setiap tindakan yang kita lakukan, pikirkan dan rasakan.

Sebagai orang Kristen, kita harus mencerminkan kasih Kristus melalui tindakan belas kasihan dan kasih kita kepada orang-orang di sekitar kita. Tuhan memilih kita sebagai satu-satunya pembawa pesan penebusan-Nya. Dia mau supaya kita membagi hidup dan harapan kepada orang lain. 

Kasih bukan berarti hanya sekadar ide. Karena kuasa kasih terjadi saat Tuhan menunjukkannya melalui tindakan. Kasih akan dirasakan saat kita mau menolong orang lain, berbelas kasihan kepada orang lain dan tidak membenci orang yang melakukan kesalahan. Serta melayani orang lain tanpa mengharapkan imbalan dan membagikan harapan di dalam Kristus melalui perkataan dan perbuatan kita. Yesus sendiri membuktikan kasih-Nya dengan tindakan nyata.

Dalam bukunya Love Does, Bob Goff menuliskan, “Dia (Yesus) berkata kepada orang biasa sepertiku dan kamu bahwa daripada menutup mata dan menundukkan kepala, kadang Tuhan mau kita tetap membuka mata untuk orang yang membutuhkan, melakukan sesuatu dan menundukkan diri kita kepada Tuhan sebagai balasan dari kasih yang Dia berikan.”

Yakobus 2: 18 memberitahu kita, “Tetapi mungkin ada orang berkata: "Padamu ada iman dan padaku ada perbuatan", aku akan menjawab dia: "Tunjukkanlah kepadaku imanmu itu tanpa perbuatan, dan aku akan menunjukkan kepadamu imanku dari perbuatan-perbuatanku."”

Apa artinya kasihmu jika tidak ditunjukkan? Apa artinya kasih Tuhan jika Dia tetap tinggal di surga dan tidak pernah menderita untuk kita? Apa yang kamu pikirkan jika Tuhan berkata bahwa Dia bisa menyelamatkan semua umat manusia tetapi tidak melakukannya? Yesus akan tetap menjadi Tuhan yang benar sekalipun Dia memilih tetap di surga. Dia tetap menjadi Tuhan sekalipun kita memilih berhala daripada memilih Dia. 

Tetapi Dia mengasihi kita dengan tindakan. Dia melakukan tindakan kasih yang terbesar untuk kita. Yesus datang ke dunia dan mati untuk aku dan kamu. Yesus tidak hanya berbicara tentang kasih, tapi Dia berbicara melalui tindakan kasih, melalui setiap paku yang ditancapkan di tubuh-Nya, melalui setiap cambukan yang menyakitkan dan melalui setiap olokan yang Dia terima. 

Jadi, luangkanlah waktumu bersama Tuhan hari ini. Tanyakan kepada dirimu sendiri, ‘Dengan cara apa kamu menunjukkan kasih Tuhan melalui hidupmu? Dengan cara apa kamu membagikan kasih itu kepada orang di sekitarmu?’

Kita seringkali memikirkan hal-hal besar, seperti membawa seseorang percaya kepada Yesus atau menjual semua yang kita punya untuk menolong orang lain. Tapi sebenarnya kita bisa menunjukkan kasih Tuhan melalui hidup kita dengan cara yang sangat sederhana. Misalnya, menanyakan kabar orang lain, menghidangkan makanan untuk teman-teman, mengucapkan kata-kata yang baik atau memberikan pelukan. Apapun yang Tuhan mau kamu lakukan, pilihlah untuk menjalani hidupmu sebagai orang percaya yang menghidupi kasih melalui tindakan.

 

Disadur dari First15.org.

Ikuti Kami