Aktor Marco Panari Diduga Meninggal Karena Tersedak, Gimana Pertolongan Pertamanya Ya?

Aktor Marco Panari Diduga Meninggal Karena Tersedak, Gimana Pertolongan Pertamanya Ya?

Claudia Jessica Official Writer
435

Aktor Marco Panari meninggal dunia pada hari Sabtu, 30 Januari 2021. Kepergiannya yang mendadak ini membuat orang-orang kebingungan. Terutama, pihak manajemen Marco mengatakan bahwa artisnya tidak memiliki riwayat penyakit apapun.

"Enggak ada sakit. Kalau lagi ngapain juga kami enggak tahu. Tapi saat dibawa ke rumah sakit ternyata sudah dalam keadaan enggak ada," kata Agung, pihak manajemen Marco sebagaimana dikutip dari kompas.com pada hari Minggu (31/01/2021).

Dokter menetapkan dugaan sementara Marco disebabkan karena tersedak.

"Kalau kata dokter sepertinya (penyebab kematian akibat) tersedak. Selanjutnya tunggu (keterangan) dari kepolisian, ya," ujar Agung.

Bukan hanya Marco yang meninggal karena tersedak, kasus serupa juga terjadi pada seorang turis asal China yang tersedak makanan di Klungkung, Bali pada tahun 2019 lalu. Ada juga seorang anak berusia 9 tahun yang tersedak pentol di Kabupaten Bangkalan Madura, dan masih banyak lagi kasus serupa.

Tersedak terdengar seperti kasus sederhana yang juga dialami oleh banyak orang, namun dapat berakibat fatal apabila tidak segera ditangani.

Tersedak terjadi ketika ada benda asing, makanan, atau cairan yang menghambat saluran pernapasan atau aliran udara di tenggorokan.

Biasanya tersedak dialami oleh bayi atau anak-anak karena suka memasukan benda ke dalam mulut. Tapi tidak menutup kemungkinan kalau orang dewasa juga mengalami tersedak. Biasanya terjadi karena menelan makanan atau minuman dengan tergesa-gesa.

Ada beberapa cara yang dapat kita lakukan untuk menolong orang yang tersedak atau saat tersedak.

Saat tersedak dan tidak ada orang disekitarmu yang dapat membantu, usahakan untuk tetap tenang dan jangan panik. Pasksakan untuk batuk sekuat tenaga. Jika kamu masih bisa batuk atau berbicara, artinya batang tenggorokan tidak tersumbat sepenuhnya. Hindari minum atau menelan paksa makanan yang tersangkut di tenggorokan karena berpotensi memparah kondisi.


Baca juga: 

Ini Loh Bahaya Makan Sambil Tiduran

Listyo Sigit Telah Resmi Dilantik Jadi Kapolri, Ini Yang Jadi Komitmennya


Cara terakhir untuk mengatasi tersedak sendiri adalah mendorong perut. Kepalkan tanganmu dan letakkan di atas pusar. Pastikan ibu jari berada di antara pusar dan tulang rusuk. Setelah itu, dorong perutmu sekuat tenaga berulang kali. Gunakan tangan lainnya untuk mendorong perut hingga mendorong udara yang tersisa di paru-paru, sehingga makanan yang tersangkut di tenggorokan akan terdorong keluar. Jika ini tidak berhasil coba gunakan bantuan seperti kursi atau meja untuk mendorong perut.

Berikutnya jika ada orang lain di sekitarmu yang tersedak, kamu bisa membantu mereka dengan meminta mereka untuk mencondongkan tubuhnya ke depan kemudian berikan tepukan atau pukulan di antara kedua tulang belikatnya. Ulangi hingga benda asing yang menyumbat keluar dari tenggorokan.

Terakhir, menggunakan teknik abdominal thrustst yang dilakukan dengan cara menekan area ulu hati dengan kuat untuk mengeluarkan sumbatan dari tenggorokan.

Posisikan dirimu di belakang orang yang tersedak, lingkarkan kedua lenganmu di sekeliling pinggangnya dan peluk dengan erat. Selanjutnya, kepalkan salah satu tangan tepat di atas ulu hati dan tarik kencang kepalan tangan tersebut dengan tangan satunya, hingga menekan ulu hati sekuat mungkin. Lakukan sebanyak lima kali atau hingga benda asing yang menyangkut keluar dari tenggorokan.

Nah JCers, tetap hati-hati saat kalian makan, minum, atau melakukan aktivitas lainnya. Jangan lupa terapkan 3T dan 5M selama masa pandemic c-19 ya.

Sumber : berbagai sumber | jawaban.com

Ikuti Kami