Listyo Sigit Telah Resmi Dilantik Jadi Kapolri, Ini Yang Jadi Komitmennya

Listyo Sigit Telah Resmi Dilantik Jadi Kapolri, Ini Yang Jadi Komitmennya

Puji Astuti Official Writer
581

Hari ini, Rabu (27/1/2021) Listyo Sigit Prabowo resmi dilantik sebagai Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri) oleh Presiden Joko Widodo di Istana Negara. Dengan pelantikan ini, maka Listyo Sigit Prabowo menggantikan Idham Azis yang akan memasuki masa pensiun sebagai pucuk pimpinan polri. 

Melalui pelantikan ini, Listyo Sigit juga mengalami kenaikan pangkat dari sebelumnya komisaris jenderal menjadi jenderal. 

Ia Akan Menjadikan Polri Tegas & Humanis

Seusai pelantikan Kapolri Listyo Sigit kembali menegaskan tekadnya untuk memperbaiki citra lembaga kepolisian di mata masyarakat.

"Bagaimana menampilkan Polri yang tegas namun humanis, bagaimana menampilkan Polri yang mampu memberikan layanan publik yang baik, bagaimana kita memberikan pelayanan secara transparan dan bagaimana kita mampu memberikan penegakan hukum secara berkeadilan, itu tentunya menjadi tugas kami kedepan," demikian ungkap Kapolri Listyo Sigit kepada media usai pelantikan. 

Ia juga menegaskan komitmennya untuk mewujudkan harapan masyarakat dengan melaksanakan rencananya untuk melakukan transformasi di empat bidang, dan rencana aksi dalam 16 program kegiatan. 

Dengan pelantikan ini, maka Jenderal Listyo Sigit menjadi Kapolri ke 25 dan menjadi Kapolri kedua yang Kristen. Sebelumnya Jenderal Widodo Budidarmo yang menjadi pada tahun 1974-1978 adalah kapolri pertama yang beragama Kristen. 

Listyo Sigit : Semua Agama Mengajarkan Kasih Sayang

Berpicara tentang agama, saat menjalani fit and proper test atau uji kelayakan dihadapan Komisi III DPR RI, Listyo Sigit menyatakan bahwa semua agama mengajarkan kasih sayang. 

"Tidak ada satu agama pun yang mengajarkan terorisme. Semua agama mengajarkan kasih sayang, termasuk Islam yang di dalamnya mengajarkan Islam rahmatan lil alamin," demikian ungkap Komjen Listyo Sigit (Rabu, 20 Januari 2021).

Ia menegaskan bahwa terorisme tidak bisa dikaitkan dengan agama, tetapi paham terorisme harus dicegah dan diperangi bersama, "Sekali lagi terorisme itu musuh bersama kita semua. Wajib bagi kita untuk mencekal, mencegah dan memerangi."

Selamat untuk Jenderal Listyo Sigit Prabowo, dalam menjalankan tugas barunya sebagai Kapolri. Semoga harapan dan doa dari masyarakat Indonesia mengenai Kepolisian Republik Indonesia dan penegakan hukum di negeri ini dapat terwujud dalam kepemimpinannya. 

Baca juga : 
Jadi Kapolri Pertama Beragama Katolik, Ini 3 Fakta Soal Sosok Komjen Listyo Sigit Prabowo

 Pilih Budi Gunawan Calon Kapolri, Jokowi Dipertanyakan

Sumber : Berbagai Sumber
Halaman :
1

Ikuti Kami