Ini Dia! Cara Mengalahkan Kolesterol Jahat!

Ini Dia! Cara Mengalahkan Kolesterol Jahat!

Claudia Jessica Official Writer
316

Daerah tengkuk terasa pegal? Dada dan kaki terasa nyeri? Jangan-jangan kamu kelebihan kolesterol?

Eits, jangan langsung panik! Mengalami gejala tadi belum cukup untuk memastikan bahwa kamu ‘sakit kolesterol’. Meskipun gejala tersebut adalah gejela ‘sakit kolesterol’, tapi untuk lebih pasti, kamu perlu melakukan medical check up supaya hasilnya lebih akurat. Tapi jangan di remehkan juga ya, karena ini bisa sangat berbahaya lho buat tubuh kita.

JCers, tahu gak sih kalau kolesterol itu bukan penyakit?

Tubuh kita membutuhkan kolesterol untuk memproduksi vitamin D, hormon, hingga membantu membangun sel-sel baru agar tubuh dapat berfungsi dengan normal. Bahkan, tubuh kita juga dapat memproduksi kolesterol sendiri meskipun tidak banyak.

Di dalam tubuh kita terdapat 3 jenis kolesterol yaitu, kolesterol jahat yang disebut LDL, kolesterol baik atau HDL, dan trigliserida.

Kolesterol jahat yang terlalu banyak di dalam tubuh, dapat membentuk plak di dalam pembuluh darah dan menyebabkan berbagai penyakit.

Plak yang disebabkan oleh kolesterol jahat ini membuat aliran darah dan oksigen yang menuju ke organ-organ vital seperti jantung dan otak menjadi terganggu sehingga dapat menyebabkan sakit jantung, struk, nyeri dada, dan yang terparah adalah kematian.

Biasanya, kita menemui kolesterol jahat pada makanan yang sering kita konsumsi sehari-hari seperti gorengan, junkfood, seafood, es krim, produk susu dan olahannya, makanan yang mengandung lemak trans, dan makanan yang mengandung karbohidrat.


Baca juga:

14 Makanan yang Haram Disantap Penderita Kolesterol, Yang No. 3 Wajib Hukumnya!

Konsumsi Daging Berlebih, Sebabkan Ragam Penyakit Ini


Namun, kolesterol jahat dapat diatasi dengan memperbanyak jumlah kolesterol baik. Cara untuk meningkatkan kolesterol baik adalah dengan melakukan diet rendah karbohidrat atau ketogenik, olahraga, menurunkan berat badan, berhenti merokok, mengonsumsi buah dan sayuran, mengonsumsi ikan berlemak seperti salmon, sarden, mackerel, herring, dan ikan teri.

Hindari juga makanan lemak trans buatan seperti margarin, produk olahan susu, dan kamu juga bisa mengganti minyak sayur yang biasa digunakan untuk memasak dengan minyak yang lebih sehat seperti minyak zaitun.

JCers mungkin kamu sering mendengar kalimat, “Jangan makan makanan berlemak, nanti kolesterol!”

Tahu gak sih, sebenarnya kolesterol berlebihan yang selama ini dianggap sebagai ‘penyakit kolesterol’ itu disebut dengan dyslipidemia, artinya lemak yang terlalu banyak di dalam darah.

Makanya, untuk mengindari dyslipidemia, kita perlu melakukan medical check up secara rutin.

Berikut ini anjuran dokter untuk melakuan medical check up:

Orang-orang yang berusia 21 tahun sebaiknya melakukan medical check up 1 kali dalam setahun.

Orang-orang yang berusia 35 tahun atau memiliki berat badan berlebih, riwayat penyakit darah tinggi, dan diabetes wajib melakukan medical check up 1 kali dalam setahun.

Jika sudah memiliki gejala seperti tengkuk terasa pegal-pegal, nyeri kaki, nyeri dada, sebaiknya lakukan pemeriksaan setiap 3-6 bulan sekali.

Ingat! Yang perlu dicek adalah lemak yang berada di dalam darah, bukan lemak secara keseluruhan ya, JCers!

Setiap kita pasti memiliki pekerjaan Allah yang harus dilakukan bukan? Oleh karena itu, jagalah apa yang kita makan sebagaimana dikatakan dalam Roma 14: 20, “Janganlah engkau merusakkan pekerjaan Allah oleh karena makanan! Segala sesuatu adalah suci, tetapi celakalah orang, jika oleh makanannya orang lain tersandung!”

Sayangi tubuhmu karena tubuhmu adalah Bait Allah.

Ingin nonton video kolesterol? Tonton DI SINI!

Sumber : jawaban.com

Ikuti Kami