Siapa Saja yang Ikut Divaksin Bareng Presiden Jokowi? Kemenkes Beberkan Ini…

Siapa Saja yang Ikut Divaksin Bareng Presiden Jokowi? Kemenkes Beberkan Ini…

Lori Official Writer
494

Seperti kita ketahui bersama, pemerintah sudah mengumumkan pengadaan vaksinasi yang pertama pada Rabu, 13 Januari 2021 besok.

Dalam proses ini, Presiden Joko Widodo (Jokowi) dipastikan akan menjadi orang pertama yang akan menerima suntikan vaksin tersebut. 

Berdasarkan pernyataan Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono, vaksin yang akan disuntikkan kepada orang nomor satu itu adalah Sinovac. 

Pihak istana juga memastikan beberapa nama yang akan ikut mendapatkan vaksin bersama presiden. Sayangnya,  nama-nama tersebut masih belum diumumkan.

Juru bicara Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Siti Nadia Tarmiz pada Selasa (12/1) pun membenarkan hal tersebut. Dia menyampaikan bahwa nama-nama yang ikut menerima vaksin bersama Presiden Jokowi masih dalam proses pembahasan.

 

Baca Juga: Kemenkes: “Vaksin Covid-19 Tidak Bisa Diberikan Apabila . . .”

 

Namun, Nadia tidak membantah jika sebelumnya tersiar informasi terkait daftar nama yang digandang akan mendapatkan vaksinasi bersama presiden. Informasi tersebut berisi tiga kelompok yang akan menjalani vaksin selama 13-15 Januari 2021 nanti, diantaranya:

Kelompok 1, kalangan pejabat publik yaitu Menkes Budi Gunadi Sadikin, Menteri BUMN Erick Thohir, Menlu Retno Marsudi, Mendikbud Nadiem Makarim, Panglima TNI Hadi Tjahjanto, Kapolri Udham Azis, Ketua Satgas Covid-19 Doni Monardo dan Kepala BPOM Penny Lukito.

Kelompok 2, para pengurus asosiasi profesi dan key opinion leaderkesehatan yang meliputi Ketua IDI Daeng M Fakih, Ketua PPNI Harif Fadilah, Ketua PP IBI Emi Nurjasmi, ahli vaksin milenial Dirgayusa Rambe, Ketua Muhammadiyah Covid-19 Commad Center Agud Syamsuddin, Ketua Satgas NU Peduli Covid-19 Muhammad Makky Zamzami, Najwa Shihab, dr. Tirta, Bunga Citra Lestari dan Raffi Ahmad.

Kelompok terakhir adalah tokoh agama yaitu Ketua PBNU Marsudi Syuhud, Perwakilan Muhammadiyah, Sekjen MUI Amirsyah Tambunan, Ustadz Das’ad Latief, Perwakilan Organisasi Kristen, Katolik, Hindu dan Budha.

Meskipun nama-nama di atas masih belum final, namun masyarakat bisa menyaksikan vaksinasi yang disiarkan secara langsung. Sehingga masyarakat bisa mengetahui siapa saja yang ikut mendapatkan vaksinasi bersama presiden.

Sementara jenis vaksin Sinovac yang akan diberikan telah mendapat izin BPOM pada 11 Januari 2021. 

“Pada hari ini, Senin tanggal 11 Januari 2021, Badan POM memberikan persetujuan penggunaan dalam kondisi semergency, emergency use authorization untuk vaksin Covid-19 yang pertama kali kepada vaksin Corona vax produksi Sinovac Biotech Incorporated yang bekerja sama dengan PT Bio Farma,” ucap Kepala BPOM Penny Lukito. 

Kita berharap supaya pelaksanaan vaksinasi ini bisa berjalan dengan baik dan berfungsi maksimal. Sehingga pandemi Covid-19 segera berakhir.

Sumber : Berbagai Sumber | Jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami