Ini yang Dirasakan Saat Natalan Jauh Dari Keluarga. Sedih Sih Tapi Harus Tetap Bahagia!

Ini yang Dirasakan Saat Natalan Jauh Dari Keluarga. Sedih Sih Tapi Harus Tetap Bahagia!

Lori Official Writer
611

Apa kamu iri sama teman yang sudah merencanakan pulang kampung selama liburan Natal dan Tahun Baru 2021 ini?

Rasanya sedih sih karena gak bisa pulang di tahun ini dan merayakan liburan bareng keluarga. Membayangkan liburan sendirian dan kesepian, duh bikin dilema. Apalagi di masa pandemi ini, kamu bahkan gak bisa kemana-mana karena aturan pembatasan perjalanan di berbagai kota. 

Tapi percayalah, kamu gak mengalaminya sendirian. Bahkan ada banyak pasangan menikah dan yang berkeluarga memutuskan hanya tinggal di rumah saja selama liburan ini. 

Bagi kamu yang merasa kesepian dan sendiri selama liburan, mungkin beberapa hal ini bisa membantumu untuk tetap terhibur dan menikmati setiap momen liburan dengan tenang dan damai.

1. Layani dirimu sendiri

Liburan selama lebih dari seminggu adalah bonus akhir tahun yang gak banyak didapatkan orang lain. 

Jadi, manfaatkan waktu liburan ini untuk melayani diri sendiri. Pergi ke spa, luluran, berendam air panas, makan malam mewah, mengerjakan hobi adalah cara melayani diri sendiri yang terbaik.

Sampaikan ke dirimu sendiri kalau waktu-waktu ini berharga dan bisa kamu manfaatkan untuk mendobrak potensi dalam dirimu. Bahkan setelah liburan kamu bakal jadi pribadi yang lebih baik.

2. Manjakan diri lewat daftar film terbaik

Kalau selama hari normal kamu lebih banyak sibuk dengan bekerja dan kegiatan pelayanan gereja, maka liburan adalah waktu untuk belajar dari film. 

Menonton bukan berarti membuatmu jadi pribadi yang malas-malasan. Tapi ubah tujuannya sebagai waktu bagimu untuk belajar hal baru lewat pesan yang disampaikan oleh setiap film yang kamu tonton.

 

Baca Juga: Teruntuk Kamu yang Rayakan Liburan Sendirian, Be Strong and Courageous Lewat Pesan Ini!

 

3. Tata hidupmu dengan gaya hidup sehat

Tinggal sendirian memberimu waktu yang cukup banyak untuk mengurus diri sendiri, terutama kesehatan. 

Jadi, selain merawat bagian fisikmu dengan spa atau luluran dan menghiburnya dengan nonton cobalah menambahkan rutinitas olahraga dalam daftar kegiatan liburanmu. 

Ada banyak olahraga ringan yang bisa kamu lakukan secara rutin, mulai dari jongging, berenang, nge-gym, pilates maupun zumba.

Dengan melakukan olahraga secara rutin setiap hari, percayalah bentuk tubuh maupun kondisi kesehatanmu akan jauh lebih baik.

4. Gunakan teknologi untuk tetap terhubung

Liburan dan sendirian? Gak bakal bikin galau kalau kamu menggunakan teknologi dengan sebaik mungkin. 

Lewat zoom kamu bisa bikin pertemuan seru bareng teman-teman atau juga keluarga. Misalnya, supaya gak ketinggalan tradisi perayaan Natal hubungi keluargamu melalui facetime. Atau kamu juga bisa mengadakan pesta virtual bareng teman-teman yang lagi jauh.

 

Baca Juga: Gak Bisa Liburan? Mending Lakukan 5 Kegiatan Bermanfaat Ini Selama #DiRumahAja

 

5. Keliling dalam kota

Sekali-kali, jika cuaca sedang baik ambillah waktu untuk city tour atau keliling kota dengan kendaraan pribadi.

Mengitari alun-alun kota yang mulai sepia tau melintasi perumahan dengan pepohonan hijau yang rimbun akan sangat membantu untuk memulihkan pikiran dan suasana hatimu.

6. Luangkan banyak waktu mendengar Tuhan

Liburan bukan saja tentang membahagiakan diri sendiri dan melakukan hal-hal menyenangkan. Di momen perayaan Natal dan Tahun Baru kali ini, pakailah untuk semakin dekat dengan Tuhan. 

Bersyukurlah bahwa Tuhan mengizinkan semua hal yang kurang menyenangkan sepanjang tahun 2020 ini untuk mengingatkan kita bahwa hanya Dia-lah pribadi yang paling penting untuk kita kejar. Bukan karir, pengalaman liburan yang menyenangkan, uang yang banyak, usaha yang sukses, kehidupan yang bahagia atau hal-hal lainnya. 

Ambil waktumu untuk lebih banyak membaca firman Tuhan dan merenungkannya. Lebih banyak berdoa dan dengar-dengaran sama Tuhan. Mintalah Tuhan menyampaikan isi hati-Nya tentang apa yang harus kamu lakukan dengan maksimal untuk mengakhiri tahun 2020 dan menyambut tahun 2021 nanti. 

Pastikan bahwa hanya Tuhan saja yang jadi sumber sukacita dan kepuasan kita. Jangan biarkan damai sejahteramu hilang hanya karena gak bisa ngumpul bareng keluarga atau orang terdekatmu tahun ini.

Yuk jadikan akhir tahun ini sebagai kenangan terindah karena kamu punya lebih banyak waktu untuk mengevaluasi diri, menata kehidupan dan menyusun rencana masa depan dengan melibatkan Tuhan sepenuhnya.

“Engkau memberitahukan kepadaku jalan kehidupan; di hadapan-Mu ada sukacita berlimpah-limpah, di tangan kanan-Mu ada nikmat senantiasa.” – Mazmur 16: 11

Sumber : Jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami