Gak Bisa Liburan? Mending Lakukan 5 Kegiatan Bermanfaat Ini Selama #DiRumahAja

Gak Bisa Liburan? Mending Lakukan 5 Kegiatan Bermanfaat Ini Selama #DiRumahAja

Lori Official Writer
153

Karena mempertimbangkan kesehatan di musim pandemi ini, pasti banyak dari kita yang memilih #dirumahaja selama long weekend dibanding harus pergi liburan ke luar kota.

Kalau pilihannya memang demi keselamatanmu dan anggota keluarga kenapa tidak? Gak perlu kuatir. Karena tinggal di rumah selama empat hari penuh pasti gak bakal membosankan kalau kamu benar-benar merencanakan banyak hal selama masa liburan itu.

Baik yang single maupun yang sudah berkeluarga, yuk coba 5 kegiatan ini aja di rumah.

1. Berkebun

Apa kamu punya halaman yang cukup luas? Manfaatkan lahan yang ada untuk mencoba berkebun. 

Berkebun adalah kegiatan yang sangat menarik baik buat kamu para single maupun pasangan berkeluarga. Apalagi kegiatan ini gak butuh keahlian khusus. Tinggal pilih, mau berkebun apa dulu? Ada orang yang lebih suka mengisi pekarangan dengan bebungaan hijau. Ada juga yang mengisinya dengan beragam jenis tanaman palawija seperti sayuran, cabe-cabean, tomat, bawang-bawangan, kunyit, jahe dan yang lain.

Kamu juga bisa pilih jenis kebun apa yang paling disukai, ada yang tanah maupun hidroponik (air). Nah, pilihlah yang paling praktis bagi anggota keluarga.

Kalau misalnya, berkebun dengan wadah tanah. Setidaknya kamu bisa mengajarkan anak untuk mau kotor-kotoran dengan tanah. Tapi kalau dalam bentuk hidroponik, kamu juga bisa mengembangkan skill bagaimana menghasilkan tanaman pangan hanya dengan memanfaatkan air.

Jadi, buat kamu yang tertarik coba mulai persiapkan bahan-bahan dan alat yang dibutuhkan untuk berkebun. Misalnya, membeli pot untuk wadah tanam, tanah dan kompos dan tak kalah penting benih tanaman. 

2. Ubah Rumah Jadi Taman Bermain

Bukan hanya untuk hiburan anak. Tapi membuat taman bermain di ruang tamu atau halaman rumah juga bisa jadi sesuatu yang bisa menyenangkan hati para single. 

Buat para single, misalnya, yuk coba membuat taman bermain sendiri dalam bentuk:

- Ayunan gantung di halaman atau belakang rumah

- Membuat lapangan basket atau bulutangkis di halaman rumah

- Menyulap ruang tamu jadi ruang playstasion serta

- Membuat studio pribadi untuk berbagai kegiatan kreatif. Seperti pemotretan, melukis atau menggambar, menjahit, menyulam atau membuat video

Sementara untuk anak, orangtua bisa membuat taman bermain yang kreatif di ruang tamu. Seperti,

- Membuat ayunan gantung dengan memanfaatkan ban mobil bekas dan tali

- Membeli ring basket portable kecil untuk anak 

- Membuat box persegi panjang dimana anak bisa melakukan berbagai kegiatan kreatif, seperti bermain cat warna, melukis

- Membuat tenda kecil di luar ruangan bagi si kecil 

- Membeli kolam renang portable untuk anak di rumah

Pastinya kegiatan ini bakal seru, apalagi kalau melibatkan teman dan semua anggota keluarga.

3. Ubah Tampilan Dalam Ruangan

Jangan biarkan badanmu diam selama liburan.

Ini waktu untuk mempercantik tampilan dalam ruanganmu. Misalnya, dengan mencat ulang seluruh dindingnya, menambah aksesoris unik, membongkar barang-barang yang tak lagi digunakan. 

Dan bagi para single yang ingin menata ruangan sendiri menjadi lebih menarik, cobalah untuk mencari tema yang paling kamu suka. Apakah kamu lebih suka tema minimalis, modern atau bohemian? 

Ubahlah setiap pernak pernik di ruanganmu menjadi senada. Tambahkan beberapa hiasan gantung dan tanaman hijau di sekitar kamar atau dekat jendela.

Dengan suasana baru ini, kamu pasti akan betah berlama-lama di rumah.

4. Belajar Masak

Daripada harus beli pizza dari luar, kenapa tidak membuatnya sendiri di rumah? Kamu bisa mengajak teman-teman dan juga anggota keluarga untuk masak bareng.

Sulaplah satu hari menjadi hari pesta di dapur dan nikmati kebersamaan sepanjang hari itu. 

Jadi, pilihlah menu makanan yang hendak dibuat, beli bahan-bahannya dan mulailah berkreasi di dapur dengan caramu sendiri.

5. Hidupkan Suasana Dengan Karaoke

Siapa bilang jadi single itu menyedihkan? Justru dimasa-masa tinggal #dirumahaja kita harusnya bisa bebas jadi diri sendiri. Atau buat pasangan berkeluarga, manfaatkan waktu ini untuk menikmati kebersamaan dengan pasangan dan anak-anak dengan karaoke bersama di rumah. 

Buat challenge dengan anggota keluarga bila perlu. Pilih lagu-lagu yang menghibur dan menyenangkan hati semua orang. Sediakan kudapan dan minuman segar untuk melengkapi suasana ini. 

Jangan biarkan ponsel membuatmu dan anggota keluarga bosan. Sebaliknya, minimalis penggunaan ponsel selama liburan dan mulai berinteraksi secara langsung.

Selamat liburan dan tetap semangat ya!

Sumber : Jawaban.com

Ikuti Kami