#FaktaAlkitab: Naftali, Anak Selir Yakub Yang Mendapat Perkenanan Tuhan (6/12)

#FaktaAlkitab: Naftali, Anak Selir Yakub Yang Mendapat Perkenanan Tuhan (6/12)

Claudia Jessica Official Writer
3860

Naftali, putra keenam Israel pertama kali muncul dalam Kejadian 30: 8. Naftali adalah anak Yakub ke-6 dari istrinya yang bernama Bilha. Nama Naftali (נַפְתָּלִי) memiliki arti "yang bergulat".

Rahel yang mandul menyerahkan Bilha, yang adalah budaknya untuk tidur dengan Yakub. Hal ini bertentangan dengan kakak perempuannya, Lea yang sudah melahirkan empat anak lelaki bagi Yakub.

Rahel sangat bersuka cita ketika Naftali lahir, dan ia mengatakan, "Aku telah sangat hebat bergulat dengan kakakku, dan akupun menang." (Kejadian 30:8).

Berkat Yakub atas Naftali

Dalam Kejadian 49, Yakub memberikan berkat sekaligus nubuatan dalam bentuk metafora untuk masing-masing anaknya yang sekaligus menggambarkan karakter mereka. Untuk Naftali, Yakub berkata, “Naftali adalah seperti rusa betina yang terlepas; ia akan melahirkan anak-anak indah,” (Kejadian 49:21).

Kyle M. Yates mengatakan dalam Tafsiran Alkitab Wycliff bahwa nubuatan Yakub terhadap Naftali memiliki arti sebagai berikut: Rusa betina yang terlepas memiliki arti hewan liar, cepat, namun cantik yang menyenangi kebebasan.

Naftali akan menikmati alam ciptaan Allah dan ia akan melahirkan anak-anak indah. Namun, masih ada beberapa interpretasi lain dari para teolog mengenai nubuatan Yakub atas Naftali.

Keturunan Naftali

Alkitab tidak mencatat nama istri Naftali, namun dalam 1 Tawarikh 7:13 dituliskan bahwa nama anak-anaknya ialah Yahziel, Guni, Yezer dan Salum. Dari merekalah keturunan Naftali lahir dan bertambah banyak di Mesir sehingga menjadi Suku Naftali

Ketika Musa melakukan sensus pertama, sebelum masuk tanah Kanaan (Bilangan 1- 4), dituliskan bahwa jumlah pria Bani Naftali yang sanggup berperang yang usianya di atas dua puluh tahun berjumlah lima puluh tiga ribu empat ratus orang (Bilangan 1:43).


Baca juga: #FaktaAlkitab - DAN, Anak SELIR Pertama Yakub yang diberkati, Paling Pintar & Licik (5/12)


Sementara pada waktu masuk di tanah Kanaan, jumlah pria Bani Naftali yang sanggup berperang yang usianya di atas dua puluh tahun berjumlah empat puluh lima ribu empat ratus orang (Bil. 26:50).

Berkat Musa untuk Suku Naftali

Ulangan 33 berisi berkat Musa untuk semua suku Israel. Mulanya Musa memberkati putra-putra Yakub dari kedua istrinya, sesudah itu dia memberkati putra-putra dari gundik-gundik Yakub.

Tentang Naftali Musa berkata: "Naftali kenyang dengan perkenanan dan penuh dengan berkat TUHAN; milikilah tasik dan wilayah sebelah selatan," (Ulangan 33:23).

Perkenanan Tuhan atas Naftali, putra Bilha yang lebih muda ditunjukkan dalam kesuburan dan keindahan luar biasa dari warisannya, khususnya di wilayah selatan dari pantai Kineret.

Suku Naftali di Tanah Kanaan

Suku Naftali menerima daerah kepunyaan mereka menurut undian yang keenam pada zaman Yosua. Daerah mereka mulai dari Helef, dari pohon tarbantin di Zaananim, Adami-Nekeb dan Yabneel, sampai ke Lakum, dan berakhir di sungai Yordan. Daerah Naftali juga bersinggungan dengan wilayah Zebulon, Asyer dan Yehuda (Yosua 19:32-39).

Wilayah Naftali mencakup banyak gunung dengan padang penggembalaan dan lembah-lembah yg baik untuk ditanami. Daerah ini merupakan salah satu wilayah dimana Salomo memperoleh perbekalan (1 Raj 4:15).

Di barat laut Danau Galilea, di pesisir pantainya, terletak dataran Genesaret yg subur. Air berlimpah-limpah disediakan oleh sumber-sumber yang banyak sekali.

Sementara, Naftali bagian utara cukup menderita selama peperangan para raja. Wilayah itu dirusak oleh Ben-Hadad I, raja Aram (1 Raj. 15:20). Selang beberapa waktu kemudian wilayah tersebut dikuasai oleh Tiglat-Pileser, raja Asyur. Penduduknya yang mendiami wilayah barat Yordan yang pertama ditawan dalam pembuangan (2 Raj. 15:29).

Suku Naftali dalam Sejarah

Barak adalah seorang panglima pemimpin tentara pada zaman hakim Debora, namanya adalah sosok yang paling di kenal dalam suku Naftali. Dalam Nyanyian Debora, suku Naftali, bersama suku Zebulon, dipuji keberaniannya dalam perang melawan Sisera (Hakim-hakim 5:18).

Selain itu orang-orang dari suku Naftali adalah salah satu suku yang datang memenuhi panggilan Gideon untuk berperang melawan Midian (Hak. 4:6; 5:15).

Ketika Kerajaan Israel pecah pada zaman raja Rehabeam, suku Naftali bergabung dengan Kerajaan Israel Utara bersama 9 suku lain. Sewaktu kerajaan utara dikalahkan oleh Asyur dan semua penduduknya dibuang ke tempat lain, suku ini ikut tersebar dan terhitung sebagai 10 suku terhilang dari Israel.

Matius 4:13-17 mencatat pekerjaan Yesus memberitakan kabar baik dimulai dari daerah suku Zebulon dan suku Naftali. Ayat ini menggenapi nubuat nabi Yesaya 9:1-2. Ayat-ayat ini dirujuk karena Yesus Kristus memulai tahun pertama pelayanannya di Galilea, sebagaimana dicatat pada Matius pasal 4:12-16.

Di wilayah Naftali Yesus menjalani kebanyakan dari masa hidup-Nya di depan umum. Seperti di dataran Genesaret, Betesda, Kapernaum, dan Korazin yang semuanya terletak di wilayah Naftali (Mat 4:15).

Selain itu di Naftali terletak markas-markas besar kelompok Zelot Yahudi, yang berjuang menentang penindasan orang Romawi. Bahkan seorang dari ke-12 murid Yesus adalah orang Zelot.


Baca juga: #FaktaAlkitab: Gad, Panglima Perang Suku Israel Yang Tidak Pernah Kalah (7/12)


Itulah fakta Alkitab tentang perjalanan bangsa Israel, Suku Naftali, satu dari dua belas suku Israel.

Fakta Alkitab lainnya dan video inspiratif lainnya bisa kamu temukan langsung di YouTube Jawaban. KLIK DISINI.

Apakah JCers merasa termotivasi dengan Fakta Alkitab mengenai Yehuda? Yuk jadi bagian dari kami untuk memberitakan Injil kepada dengan bergabung bersama kami sebagi mitra CBN! Caranya, klik DI SINI!

 

Sumber : jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami