7 Langkah Aman Rayakan Liburan Natal dan Tahun Baru 2021 Dari CDC

7 Langkah Aman Rayakan Liburan Natal dan Tahun Baru 2021 Dari CDC

Lori Official Writer
495

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) sudah mengantisipasi aktivitas liburan masyarakat di momen Natal dan Tahun Baru 2021 ini. 

Untuk meminimalisir penyebaran virus, CDC menghimbau masyarakat untuk tetap mematuhi protokol kesehatan yang wajib dilakukan, mulai dari selalu menggunakan masker, menjaga jarak dan mencuci tangan dengan sabun.

Selain itu, CDC juga merekomendasikan 7 langkah terbaru untuk memastikan liburan tetap aman yaitu:

1. Hindari perkumpulan di dalam ruangan

Data riset menunjukkan bahwa aktivitas yang dilakukan di luar ruangan akan jauh lebih aman dibandingkan dengan aktivitas di dalam ruangan.

Seperti diketahui, cara kerja penyebaran virus terjadi melalui udara. Jadi, saat ada banyak orang yang berkumpul di satu ruangan tertutup, maka virus yang dibawa oleh seseorang akan menyebar melalui udara ruangan.  Berbeda ketika berada di luar ruangan, penyebaran virus bisa dihindari karena udara luar berganti dan kemungkinan tidak menyebar ke orang lain.

Sementara untuk menjaga kekebalan tubuh di musim dingin ini, sangat disarankan untuk selalu mengenakan jaket, sarung tangan dan selimut tebal. Dan jika memilih makan di luar rumah, pastikan untuk makan di ruang terbuka.

2. Amati status penyebaran di daerah tinggal maupun tempat yang dituju untuk liburan

Mengetahui informasi ter-update  soal penyebaran virus di daerah tinggal dan tempat tujuan liburan sangat penting untuk bisa memilih aktivitas yang bisa dilakukan di luar. 

CDC juga menghimbau supaya tidak menerima tamu yang berasal dari daerah yang sedang tinggi penularan virus. Begitu juga sangat tidak disarankan untuk bepergian ke tempat atau daerah yang sedang berstatus rawan virus Covid-19.

Jadi, jika situasinya benar-benar masih belum memungkinkan untuk bepergian maka pilihlah untuk tetap tinggal di rumah. Manfaatkanlah obrolan lewat virtual dengan orang-orang terdekat.

3. Batasi waktu perkumpulan

Seseorang bisa terinfeksi virus ketika dia terlalu lama terpapar di tempat yang menularkan virus. Secara umum, semakin sedikit orang terpapar dengan penderita Covid-19, semakin rendah pula risiko tertular. 

Jadi, jika ternyata harus melakukan perkumpulan atau perayaan Natal dan Tahun Baru kecil-kecilan, pastikan untuk membatasi waktu perayaannya.

 

Baca Juga: Gak Bisa Liburan? Mending Lakukan 5 Kegiatan Bermanfaat Ini Selama #DiRumahAja

 

4. Batasi jumlah orang yang hadir

Pemerintah dengan tegas telah melarang pengadaan pesta Natal dan Tahun Baru yang melibatkan banyak orang. Tapi bukan berarti merayakan acar Natal dan Tahun Baru bersama keluarga juga dilarang.

Jika memang ingin merayakan hari liburan ini bersama keluarga dekat, pastikan untuk membatasi jumlahnya. Pemerintah sendiri mengizinkan pertemuan pribadi yang hanya melibatkan maksimal 10 orang saja dalam satu ruangan. 

Selain itu, pastikan untuk selalu menjaga jarak sosial dan memakai masker. Karena virus bisa saja menyebar melalui obrolan yang disertai dengan minum alkohol.

5. Pastikan riwayat perjalanan tamu dalam beberapa minggu terakhir

CDC merekomendasikan untuk mengetahi riwayat perjalanan seseorang sebelum menerimanya berkunjung ke rumah atau melakukan pertemuan dengannya.

Beberapa informasi yang harus dipastikan adalah seperti ‘Apakah mereka baru-baru ini menghadiri acara yang melibatkan banyak orang? Apakah mereka sering makan di luar atau di dalam ruangan? 

Tanyakan hal ini kepadanya dengan jawaban jujur. Jika ternyata dia belum lama melakukan dua hal di atas, mintalah untuk membatalkan pertemuan.

6. Selalu pakai masker

Menjaga jarak sosial dan memakai masker adalah dua hal yang wajib dilakukan untuk mencegah penularan virus.

Sederhananya, memakai masker bukan hanya melindungi diri sendiri. Tetapi juga melindungi orang lain. Jadi, mari saling menjaga ya.

 

Baca Juga: Meski Liburan Cuma di Rumah Saja, Jangan Iri Sama Yang Lain Ya. Yuk, Tetap Nikmati Hidup!

 

7. Pastikan tangan selalu bersih

Selain mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir, pastikan pula untuk selalu membersihkan area-area yang rawan penyebaran virus. Seperti gagang pintu, remote televisi, uang, handphone dan sebagainya.

Rajinlah mencuci tangan setelah dari luar, sebelum makan dan setelah menggunakan kamar mandi.

Dengan himbauan ini, masyarakat yang akan berlibur ataupun yang memilih tinggal di rumah bisa tetap aman dan sehat.

Sumber : Healthline.com
Halaman :
1

Ikuti Kami