Berhasil Atasi Rasa Minder! Ini Kisah Aurelia

Berhasil Atasi Rasa Minder! Ini Kisah Aurelia

Claudia Jessica Official Writer
414

“Saya minder karena melihat orang yang lebih jago dari saya dan saya membanding-bandingkan diri saya dengan orang lain,” cerita Aurelia kepada tim superyouth.

Aurelia seorang remaja yang tidak percaya diri dan terus menbanding-bandingkan dirinya dengan orang lain, terutama dalam hal akademik.

Tidak hanya membandingkan dirinya dengan orang lain, Aurelia juga pernah mengalami direndahkan oleh temannya sendiri. Hal inilah yang membuat kepercayaan diri Aurelia semakin memudar.

“Halah, nilai kamu aja cuma segitu. Gak usah sok ngajarin deh, banyak gaya,” kenang Aurelia menirukan ucapan temannya.

Melihat teman-temannya lebih pintar dan memiliki nilai yang lebih bagus membuat Aurelia meragukan kemampuannya dalam belajar.

Tidak sekedar memiliki keinginan untuk menjadi pintar saja, Aurelia berusaha keras untuk belajar. Namun perasaan minder terus menghantui dirinya.

Tidak putus asa, Aurelia terus berusaha untuk memperbaiki dirinya. Bersyukur bahwa orang tua Aurelia bukanlah orang yang menghakimi prestasinya.

“Orang tua saya gak pernah menjudge saya atau kayak misalnya kalau dapet nilai jelek ‘Kamu bodoh banget sih dapet nilainya cuma segini’ ga pernah orang tua saya seperti itu,” katanya.

Aurelia melanjutkan bahwa orang tuanya selalu melihat proses ketika dirinya berusaha.

“Mereka selalu melihat proses saya dimana saya mau berusaha untuk belajar, mau kerja keras untuk belajar. Walaupun hasilnya ujung-ujungnya pas-pasan, mereka ga marah karena mereka tahu saya udah kerja keras untuk dapetin nilai itu,” lanjutnya.

Tidak hanya melalui prestasi, Aurelia juga membandingkan dirinya secara fisik dengan teman-temannya yang lain.

“Jadi insecure, malu dengan diri sendiri. Jadi kayak ‘kok dia jago banget ya, kok dia bisa kayak gini ya,’ Itu yang kadang bikin saya minder, ga percaya sama diri saya kalau saya ga bisa sebaik mereka.”

Terus-terusan membandingkan diri dengan orang lain membuat Aurelia semakin terpuruk.

“Paling buruk itu sampai aku nangis di kamar. Karena di dalam pikiran akutu, aku kayak membandingkan diri aku dengan orang lain. Cuma mikirin itu aja bikin aku sedown itu sampe bikin nangis,” ceria Aurelia.


Baca juga: Berhasil Mengatasi Ruang Kosong di Hatinya, Jessica Vania Dipulihkan!


Merasa semakin terpuruk, Aurelia memutuskan untuk bercerita kepada temannya menceritakan kegelisahan hatinya. Teman Aurelia pun memberikan dukungannya kepada Aurelia.

“Setelah (cerita) itu, dia malah marahin saya. Kok lu insecure sih? Seharusnya lu jangan insecure. Tuhan udah ciptain kamu sebaik mungkin. Tuhan udah kasih kamu sesempurna mungkin. Lo tuh cantic rel, lo berbakat,” cerita Aurelia tentang apa yang dikatakan temannya pada malam itu.

Setelah mendengar perkataan temannya, Aurelia meresa lebih baik dan membuatnya mampu bersyukur.

“Teman saya menyadarkan saya rasa syukur kepada Tuhan. Kita bersyukur bukan karena banyak orang yang lebih rendah dari kita, tapi memang bersyukur karena apa adanya kita. Dan itu lebih baik daripada kita bersyukur karena ada orang yang lebih rendah kita,” pungkasnya.

Nah buat JCers yang mungkin saat ini sedang minder, Aurelia punya tips untuk mengatasi rasa minder kalian nih.

“Kalau misalnya kalian minder, bukannya kalian semakin down. Tapi kalian harusnya semakin termotivasi,” katanya.

“Dari diri kita sendiri harus mau mengupgrade diri kita. Harus mau belajar, harus mau kerja keras, kita harus mau belajar hal yang baru. Semuanya kembali dari diri kalian sendiri. Kalian mau jadi pribadi yang lebih baik lagi atau tetap stay di tempat yang sama,” lanjutnya.

“Matius 6: 33 Tetapi carilah dahulu Kerajaan Allah dan kebenarannya, maka semuanya itu akan ditambahkan kepadamu. Jadi kalau kalian merasa minder, tetap terus cari Tuhan. Tuhan yang paling kenal kalian, Tuhan yang paling mengetahui siapa diri kalian. Tetap semangat, jangan putus ada, kerja keras adalah kunci dari keberhasilan,” tutupnya.


Apakah JCers merasa termotivasi dengan cerita Aurelia? Yuk jadi bagian dari kami untuk melayani generasi muda saat ini dan memberitakan Injil kepada mereka dengan bergabung bersama kami sebagi mitra CBN! Caranya, klik DI SINI!

Sumber : jawaban.com | superyouth.id

Ikuti Kami