Natal di Tengah Pandemi, Ini Pesan dan Imbauan Natal 2020 Dari PGI dan KWI

Natal di Tengah Pandemi, Ini Pesan dan Imbauan Natal 2020 Dari PGI dan KWI

Lori Official Writer
2297

Setelah merilis tema Natal Nasional 2020 pada bulan Oktober 2020 lalu, kini PGI dan KWI menyampaikan pesan dan imbauan terkait perayaan Natal 2020 di tengah masa pandemi saat ini.

PGI dan KWI menyampaikan bahwa di tengah suasana pandemi virus Covid-19, suasana Natal akan menjadi sangat berbeda. Penyebaran virus telah banyak menyebabkan keprihatinan seperti banyak orang yang mengalami duka atas kehilangan orang terkasih. Begitu juga ada banyak orang yang kehilangan pekerjaan dan anak-anak harus dipaksa belajar dari rumah.

“Pada tahun ini kita merayakan Natal dalam suasana prihatin karena wabah Covid-19 sedang melanda seluruh dunia, termasuk Indonesia. Virus ini telah merusak berbagai sendi kehidupan manusia. Banyak keluarga berduka karena kehilangan sanak saudara. Banyak pula yang kehilangan pekerjaan. Anak-anak yang harus belajar di rumah kehilangan kesempatan untuk bergaul dengan teman-teman sebaya,” demikian tertulis dalam surat edaran PGI dan KWI.

Menyaksikan kondisi saat ini, PGI dan KWI menekankan bahwa semua orang adalah makhluk yang rapuh. Covid-19 dengan sangat mudah bisa menginfeksi tubuh siapapun. Meski begitu, ada satu hal yang membuat orang percaya tetap berdiri teguh yaitu mengetahui bahwa hanya Tuhan saja sebagai sumber pertolongan. Tuhan tidak membiarkan umat-Nya dikuasai roh ketakutan, melainkan kekuatan cinta yang memampukan setiap orang bertahan menghadapi masa-masa sulit dengan keyakinan dan kedamaian sepenuhnya.

Di tengah kondisi sulit ini, PGI dan KWI berpesan supaya semua umat Kristen bisa melihat dan merasakan kehadiran Yesus sebagai Sang Terang dalam kegelapan. Bahwa Tuhan senantiasa menyerati dan bekerja untuk mendatangkan pemulihan. 

“Salah satu pesan penting yang perlu kita renungkan dan sadari bersama adalah bahwa penyertaan Allah dikisahkan sejak Perjanjian Lama. Penyertaan seperti itu tampak jelas dialami oleh Musa. Ketika diutus untuk memimpin umat Allah keluar dari tanah perbudakan menuju Tanah Terjanji, Musa takut menghadap Firuan untuk melaksanakan perutusan itu karena sadar akan kelemahannya. Tetapi Tuhan menguatkan hatinya: “Bukankah Aku akan menyertai engkau?” (Kel 3: 10-14).”

 

Baca Juga: PGI dan KWI Tetapkan Tema Natal 2020, Berikut Rinciannya...

 

Demikian dilanjutkan bahwa ketakutan yang sama juga dialami oleh Nabi Yeremia. Dia enggan menerima perutusan Tuhan karena ia masih muda dan tidak pandai bicara. Tuhan meneguhkan hatinya: “… kepada siapa pun engkau Kuutus, haruslah engkau pergi, dan apapun yang Kuperintahkan kepadamu, haruslah kausampaikan. Janglah takut kepada mereka, sebab Aku menyertai engkau…” (Yeremia 1: 7-8). Penyertaan Allah juga memampukan JJusuf melampaui kecemasan dan kekhawatirannya, untuk menerima lahirnya Sang Imanuel dari rahim Maria tunangannya yang belum ia nikahi (Matius 1: 18-25).

PGI dan KWI menyampaikan bahwa Natal seharusnya adalah berita sukacita dan pewartaan kasih Allah bagi dunia. Kekuatan cinta dan penyertaan Allah harusnya menjadi sumber kekuatan yang memampukan orang percaya untuk menumbuhkan rasa setia kawan di tengah masyarakat dan mau rela saling melayani orang-orang yang terpinggirkan dan menderita.

“Pertanyaan yang mesti kita renungkan untuk menjadikan perayaan Natal actual pada masa sekarang ini adalah: bagaimana Gereja menjalankan perutusannya dalam masyarakat, bangsa dan negara kita yang sedang menghadapi berbagai macam tantangan itu? Tentu dengan mengikuti Yesus Kristus, Sang Imanuel, ‘yang berjalan berkeliling sambil berbuat baik….” (Kis 10: 38). Yesus yang sama ‘telah menyerahkan diri-Nya bagi kita untuk membebaskan kita dari segala kejahatan dan untuk menguduskan bagi diri-Nya suatu umat milik-Nya sendiri yang rajin berbuat baik” (Tit 2: 14)”

Menutup  pesan ini, PGI dan KWI menyampaikan supaya semua umat Kristen perlu menyadari kehadiran Tuhan bahwa di tengah masa pandemi ini. Umat Tuhan juga diharapkan bisa menjadi saksi tentang belas kasihan dan kemurahan Tuhan di tengah pandemi Covid-19 ini, dengan cara melakukan kebaikan bagi semua orang dan saling bertolong-tolongan menanggung beban sesama.

Sementara di kesempatan lain, PGI juga menyampaikan imbauan kepada para pemimpin gereja anggota PGI, pimpinan PGIW/SAG. Pimpinan jemaat-jemaat POUK dan pimpinan lembaga mitra PGI terkait perayaan Natal 2020 ini.

Ada 4 butir imbauan yang dianggap penting untuk disampaikan PGI kepada para pemimpin Kristen tersebut diantaranya:

1. Pemimpin terus mendorong warga (Kristen) untuk senantiasa mengembangkan habitus baru sebagai bagian dari adaptasi terhadap pandemi ini dengan: meningkatkan sistem kekebalan tubuh dengan mengkonsumsi gizi seimbang, banyak berolah-raga, berjemur matahari pagi atau sore dan hal-hal lain yang bertalian dengan pola hidup bersih dan sehat.

2. Terus menerus menaati protokol kesehatan dengan 3M: memakai masker, sering mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir serta menjaga jarak.

3. Terkait dengan menjaga jarak ini, MPH-PGI mengimbau gereja-gereja sedapat mungkin menghindari pengumpulan umat secara ragawi, termasuk persidangan-persidangan gerejawi. MPH-PGI sangat menghargai inisiatif beberapa gereja anggota PGI yang dengan bijak telah melaksanakan persidangan sinode secara virtual, termasuk persidangan sinode dengan pergantian kepemimpinan. Fasilitas yang tersedia dan SDM jemaat kita yang mumpuni di bidang ini, sangat mampu mendukung penyelenggaraan persidangan sinode secara virtual.

4. Untuk perayaan Adven dan Natal 2020, MPH-PGI mengimbau Bapak/lbu untuk mengutamakan ibadah secara virtual, sehingga setiap keluarga dapat mengikutinya melalui persekutuan yang kecil. Dengan ini diharapkan para anggota keluarga dapat merasakan bahwa rangkaian perayaan Adven hingga Malam Natal tidak terletak pada dekorasi mewah maupun semarak cahaya namun pada hati yang terbuka untuk menyambut Sang Juruselamat.

 

Untuk membaca lampiran surat edaran pesan Natal 2020 PGI dan KWI klik DI SINI.

Untuk membaca lampiran surat edaran imbauan Natal 2020 PGI klik Di SINI.

Sumber : Jawaban.com

Ikuti Kami