Kamu Condong yang Mana: Boros atau Rajin Nabung? Cari Tahu Yuk Di Sini…

Kamu Condong yang Mana: Boros atau Rajin Nabung? Cari Tahu Yuk Di Sini…

Lori Official Writer
188

Si pemboros biasanya akan mengeluh waktu memeriksa isi uang di rekeningnya yang sudah hampir menipis. Sementara di penabung tersenyum sumringah karena mendapati angka tabungan di rekeningnya terus bertambah setiap bulan.

Dari dua kondisi ini, kira-kira kamu tipe orang yang mana? Si pemboros atau si penabung?

Mengidentifikasi siapa kita dari kondisi keuangan kita adalah langkah sederhana yang sangat berguna untuk membantu kita secara keuangan. Karena cara kita memakai uang di rekening menentukan seberapa bijak kita mengelola uang yang dipercayakan Tuhan kepada kita. 

Untuk mengetahui apakah kamu tipe orang yang boros atau rajin nabung, yuk identifikasi melalui ciri-ciri berikut:

Pemboros

1. Rajin membuat daftar anggaran tetapi tidak pernah menaatinya. Yang ada malah kamu suka secara spontan membeli sesuatu yang gak seharusnya masuk dalam daftar pengeluaran bulanan.

2. Suka meminjam uang untuk membeli barang yang sebenarnya gak mampu kamu beli. 

3. Suka belanja hanya demi memuaskan keinginan saja, bukan karena kebutuhan yang mendesak.

4. Tidak punya batasan maksimal belanja saat memakai kartu kredit.

5. Punya penghasilan yang cukup besar, tapi selalu minus di akhir bulan karena kebiasaan menghamburkan uang untuk hal-hal yang gak penting.

 

Penabung

1. Rajin membuat anggaran bulanan dan memenuhinya.

2. Tidak pernah meminjam uang dari orang lain. Hal ini kamu pegang sesuai dengan prinsip dalam Amsal 22: 7.

3. Tidak mudah tergoda dengan keinginan mata.

4. Menghindari penggunaan kartu kredit saat belanja. Bahkan memilih untuk tidak memilikinya.

5. Menabung uang di rekening. Walaupun menabung itu baik, tapi berhati-hatilah untuk tidak menjadi orang yang pelit.

 

Baca Juga: 

Susah Menabung? 5 Cara Ini Akan Membantumu Untuk Bisa Hemat

Selalu Gagal Menabung dan Isi Rekening Melulu Dinilai Minimal? Yuk Cek Cara Mengatasinya 

 

Setelah menemukan tipe yang manakah kamu, kamu bisa mulai mengambil langkah-langkah untuk mengubah kebiasaan pengelolaan uang yang buruk dengan melakukan 3 hal di bawah ini:

1. Tetapkan batas pengeluaran secara teratur

Ini berlaku bagi si peboros yang selalu gagal mengikuti alokasi anggaran bulanan. Jadi, cobalah meniru kebiasaan pengelolaan keuangan orang-orang yang rajin menabung. Pastikan untuk tidak mengeluarkan uang melebihi batas maksimal yang sudah ditetapkan setiap bulannya.

2. Siapkan tiga rekening bank

Pastikan untuk punya setidaknya tiga rekening bank yang berbeda. Hal ini sangat membantu baik kamu yang suka boros maupun yang rajin nabung. 

Tiga rekening bank ini bisa kamu pakai, pertama sebagai tempat masuknya pendapatan tiap bulan. Kedua, sebagai rekening khusus tabungan dan ketiga, sebagai tempat untuk berbagai keperluan terkait investasi (reksadana, asuransi dan sebagainya). Dengan mengalokasikan pendapatan ke kantong-kantong yang berbeda akan membuatmu menjadi lebih bijak dalam mengeluarkan uang.

3. Catat kebutuhan sebelum belanja

Tahu rahasianya kenapa orang yang rajin menabung gak mudah tergoda untuk belanja? Itu karena mereka rajin menulis daftar belanjaan apa saja yang perlu mereka beli dan biasanya mereka gak akan pernah mau membeli barang tambahan di luar dari daftar tersebut.

Jadi, cobalah membiasakan diri untuk membuat daftar pengeluaran sebelum belanja.

Tuhan mempercayakan kita untuk mengelola apa yang kita punya dengan bijak. Jadi, berapapun uang yang dipercayakan dalam hidup kita mari memakainya dengan bijak. 

Sebagai penutup, yuk merenungkan ayat di bawah ini.

“Mengapakah kamu belanjakan uang untuk sesuatu yang bukan roti, dan upah jerih payahmu untuk sesuatu yang tidak mengenyangkan? Dengarkanlah Aku maka kamu akan memakan yang baik dan kamu akan menikmati sajian yang paling lezat.” (Yesaya 55: 2)

Sumber : Berbagai Sumber | Jawaban.com

Ikuti Kami