Selalu Gagal Menabung dan Isi Rekening Melulu Dinilai Minimal? Yuk Cek Cara Mengatasinya

Selalu Gagal Menabung dan Isi Rekening Melulu Dinilai Minimal? Yuk Cek Cara Mengatasinya

Puji Astuti Official Writer
1361

Apakah angka di rekeningmu setiap bulan di nilai minimal? Atau kamu merasa bahwa penghasilanmu selalu kurang, sehingga ngga bisa menabung?

Nah, kalau kamu menjawab "Ya" untuk dua pertanyaan di atas, kemungkinan besar kamu punya kebiasaan buruk dalam menangani uang. 

Berita baiknya, kamu ngga sendirian loh… ada banyak orang yang mengalami hal yang sama seperti kamu. 

Kabar buruknya, hal tersebut menggoncang kondisi ekonomi kamu ketika hal tak terduga terjadi, seperti saat wabah corona ini. 

Karena ngga punya tabungan atau dana darurat, banyak orang  kondisi ekonominya langsung ambrukkarena perusahaan harus mem-PHK karyawan,  atau karena usaha harus tutup terdampak wabah corona ini.  Atau juga mereka yang jadi pekerja harian, yang tak bisa lagi mencari nafkah harus berjuang keras untuk bertahan hidup. 

Ada 4 kesalahan yang sering dilakukan seseorang berkaitan dengan menabung, apa saja itu? 

1. Kamu menganggap menabung sebagai beban atau kewajiban

Tahukah kamu bahwa menabung dan diet itu mirip. Jika kamu menganggap menabung itu adalah bentuk larangan bagi kamu sehingga kamu tidak bisa menikmati hal-hal yang menyenangkan dan kamu suka, maka hal itu tidak akan pernah berhasil. 

Bukankah itu sama dengan diet, kalau kamu tidak melihat diet adalah penting untuk kesehatan kamu dan masa depan kamu, dan menganggapnya hanya daftar panjang berbagai makanan yang harus dihindari agar kurus, maka bisa dipastikan bahwa diet kamu akan gagal total.

Jangan jadikan menabung sebagai kewajiban atau beban, tapi lihatlah sebagai hal penting untuk kesehatan keuanganmu di masa depan nanti. 

2. Kamu ngga punya target yang jelas dan spesifik untuk tabunganmu

Melakukan sesuatu tanpa target yang jelas membuat kamu kehilangan fokus  dan semangat. Seperti saat berolahraga, kamu akan lebih termotivasi ketika kamu membuat target berapa kalori yang harus kamu bakar setiap hari, atau berapa kilogram berat badanmu harus turun dalam satu bulan.

Target haruslah spesiifik, terukur, bisa dicapai dan memiliki tenggat waktu. Sebagai contoh, kamu membuat target untuk memiliki tabungan dana darurat dengan jumlah 3 kali dari gajimu, dan kamu ingin mencapainya dalam waktu selama satu tahun.  

Dengan jumlah yang jelas dan ada tenggat waktunya, maka kamu tahu berapa yang harus kamu tabung setiap bulannya. 

Baca juga : 

Cara Melindungi Diri di Saat Krisis

Belajar Beriman di Tengah Krisis Keuangan Seperti Tindakan Berani Janda di Alkitab Ini

Selain itu, kamu juga bisa membuat target untuk apa tabunganmu. Jika kamu sudah memiliki tabungan untuk dana darurat, kamu bisa memberi hadiah untuk dirimu sendiri dengan menabung untuk jalan-jalan atau berwisata, atau sesuatu yang menjadi hobimu. 

3. Kamu menggunakan satu akun untuk semua hal

Ya, jika kamu menggunakan satu akun untuk semua hal, seperti menerima gaji, membayar tagihan dan untuk menabung, maka kamu tidak akan berhasil menyimpan uang. 

Jadi jika kamu memiliki beberapa target khusus, seperti menabung untuk dana darurat, menabung untuk uang muka rumah, dan menabung untuk liburan, buatlah beberapa akun berbeda. Dengan demikian kamu akan lebih mudah untuk mengatur keuanganmu, dan tabunganmu tidak akan terpakai untuk hal-hal lain.

4. Menabung  dari sisa gajimu

Ini menjadi kesalahan banyak orang, menjadikan menabung sebagai hal terakhir yang mereka lakukan setelah membayar semua tagihan mereka, alias kalau ada sisa. 

Akan lebih baik kalau kamu membuat buget terlebih dahulu, ahli keuangan menyarankan tabungan adalah sebesar 10-30 persen dari gaji. Jadi jika kamu memutuskan mengambil 10% gaji kamu untuk tabungan, maka ketika terima gaji lakukanlah hal itu menjadi hal yang pertama. 

Itulah 4 kesalahan yang sering dilakukan berkaitan dengan menabung, Coba cek apakah dari daftar itu ada yang hal yang sering kamu lakukan. 

Kalau kamu mau memiliki keuangan yang sehat, pastikan kamu ikutan seminar webinar SOLUSI TALK, pada Sabtu, 9 Mei 2020 Pukul 10.00-12.00 WIB ya. Daftar sekarang juga di link ini: http://bit.ly/daftarsolusitalks  


Sumber : Jawaban.com

Ikuti Kami