Air Purifier, Humidifier atau Diffuser, Mana Paling Ampuh Tangkal Virus Dalam Ruang?

Air Purifier, Humidifier atau Diffuser, Mana Paling Ampuh Tangkal Virus Dalam Ruang?

Lori Official Writer
204

Di masa-masa pandemi Covid-19 ini, ada banyak orang yang mulai meningkatkan perhatian terhadap kebersihan diri dan rumah. 

Jika mencuci tangan sebelum masuk rumah atau makan sudah jadi kewajiban bagi semua orang, maka mereka yang memiliki anak di rumah juga mulai mewaspadai penularan virus melalui udara. Itu sebabnya banyak yang mulai memasang berbagai alat pembersih udara di dalam ruangan.

Ada tiga pembersih udara yang paling umum digunakan saat ini diantaranya air purifier, humidifier dan diffuser.

Meskipun esensinya ketiga alat ini berfungsi untuk membersihkan udara dalam ruang. Tapi dalam cara kerjanya, masing-masing punya perbedaan signifikan. 

Lalu pertanyaannya, yang manakah salah satu diantaranya yang paling ampuh menangkal virus yang terpapar di udara?

Untuk menjawab pertanyaan ini, yuk ketahui manfaat ketiga alat tersebut di bawah ini:

Air Purifier

Dari katanya saja kita bisa menyimpulkan ‘air purifier’ sebagai pemurni, pembersih dan pembunuh polutan (virus dan bakteri) di udara.

Alat ini dilengkapi dengan kipas dan filter yang menyaring berbagai polutan seperti bakteri, virus, bulu hewan, bau maupun asap rokok di dalam ruangan. Air purifier akan mulai menyerap udara lalu mengeluarkannya kembali dalam keadaan lebih bersih.

Perlu diketahui, air purifier mampu membersihkan udara selama 30-120 menit, tergantung luas ruangan tertentu.  

Cara kerja alat ini terbilang sederhana. Ada yang menggunakan listrik bertegangan tinggi dan ada juga yang berfungsi menghancurkan partikel secara fotoelektrokimia. Untuk hasil yang maksimal, sangat disarankan untuk memasang air purifier di ruangan yang paling sering terpapar polutan. Salah satunya seperti di ruang tamu.

 

Baca Juga: 7 Penyakit Serius yang Disebabkan Oleh Polusi Udara (Bagian 1)

 

 

Humidifier

Fungsi humidifier bisa dibilang hampir mirip dengan air purifier yaitu untuk membersihkan udara. Tapi perlu diketahui jika fungsi utama sebenarnya adalah untuk mengatur tingkat kelembapan udara di ruangan. Biasanya alat ini banyak digunakan oleh mereka yang mengalami masalah iritasi tertentu akibat udara kering seperti bibir pecah-pecah, pilek, flu hingga sakit tenggorokan.

Ada dua jenis humidifier yang biasa digunakan, diantaranya humidifier kabut dingin dan humidifier kabut hangat atau disebut juga alat penghasil uap. Kedua jenis ini menghasilkan udara dengan kualitas yang sama baik. Pada umumnya humidifier memerlukan wadah berisi air, setelah itu wadah ini akan dipanaskan hingga mendidih. Bagi penderita asma atau alergi bahkan bisa menambahkan minyak esensial ke dalam air yang nantinya akan menghasilkan uap yang mengubah udara kering di dalam ruangan menjadi lembab.

Diffuser

Dari segi fungsinya, diffuser bisa disebut sebagai alat pengharum ruangan. Tapi di sisi lain, alat ini juga ampuh membunuh polutan yang terpapar di udara lewat kandungan antibakterian yang terdapat dalam wewangian atau minyak esensial yang digunakan. 

Sama halnya seperti humidifier, diffuser terdiri dari tiga jenis yaitu diffuser ultrasonic, diffuser panas dan diffuser uap. Pilihan bisa ditentukan sesuai kebutuhan ruangan. 

Sementara untuk pemasangan air diffuser bisa dilakukan di ruangan yang diinginkan, misalnya di kamar tidur, ruang tamu atau dapur. Pastikan pula jika ruangan bisa menyebarkan diffuser secara merata.

Mana dari ketiganya paling ampuh menangkal virus atau bakteri dalam ruangan?

Bisa disimpulkan, baik air purifier, humidifier dan diffuser sama-sama memiliki fungsi untuk membersihkan udara. Ketiganya juga sama-sama memiliki fungsi untuk membantu keadaan tertentu, seperti humidifier yang dirancang untuk membantu meringankan beberapa gejala iritasi karena udara kering. Diffuser yang bekerja untuk memberikan kesegaran sekaligus relaksasi serta purifier yang berfungsi maksimal menyaring partikel-partikel bakteri dan kotoran yang melayang di udara. 

Jadi pertimbangkanlah untuk mengombinasikan ketiga alat ini untuk meningkatkan kebersihan udara ruangan di rumah. Sehingga kesehatan seluruh keluarga, terutama anak terlindungi.

Sumber : Berbagai Sumber | Jawaban.com

Ikuti Kami