Kekayaan Yang Kita Miliki Namun Tak Kita Sadari

Kekayaan Yang Kita Miliki Namun Tak Kita Sadari

Puji Astuti Official Writer
      1127

Efesus 2:8-9

Sebab karena kasih karunia kamu diselamatkan oleh iman; itu bukan hasil usahamu, tetapi pemberian Allah, itu bukan hasil pekerjaanmu: jangan ada orang yang memegahkan diri.

Bacaan Alkitab Setahun Mazmur 114; 2 Petrus 1; Yehezkiel 33-35

Tahukah Anda bahwa ada orang yang memiliki kelimpahan, namun hidup menderita sama seperti orang miskin. Ada yang memiliki  kekayaan materi yang melimpah, namun karena cara berpikir yang salah ada yang menyiksa diri dengan berpantang makan bahkan hingga mengalami bulimia, sebuah penyakit psikologis yang membuatnya memuntahkan makanan yang ia makan. Pada akhirnya  orang itu menjadi sangat kurus dan tidak sehat. 

Namun hal ini juga bisa terjadi dalam kerohanian, Paulus menegur jemaat di Efesus, mereka sebenarnya sangat kaya dalam kerohanian namun mereka tidak menyadari kekayaannya tersebut. 

Dalam surat Efesus  yang menyandang nama mereka, Paulus mulai dengan menjelaskan berkat-berkat rohani yang sangat besar yang telah mereka terima di dalam Kristus (pasal 1–3). Dia kemudian melanjutkan di bab 4–6 dengan bagaimana seorang Kristen harus belajar untuk menjalani kehidupan yang berakar pada kekayaan rohani itu.

Apakah Anda telah menyadari kekayaan rohani yang menjadi bagian Anda di dalam Kristus? Atau jangan-jangan Anda sama seperti jemaat Efesus yang tidak menyadari bahwa Tuhan telah menyediakan segala yang Anda butuhkan untuk hidup dalam kepenuhan Kristus? 

Semoga Anda menyadarinya dan mengalami berkat-berkat rohani yang berlimpah itu, seperti doa yang dinaikkan Paulus untuk jemaat Efesus ini:

Aku berdoa supaya Ia, menurut kekayaan kemuliaan-Nya, menguatkan dan meneguhkan kamu oleh Roh-Nya di dalam batinmu,sehingga oleh imanmu Kristus diam di dalam hatimu dan kamu berakar serta berdasar di dalam kasih.

Aku berdoa, supaya kamu bersama-sama dengan segala orang kudus dapat memahami, betapa lebarnya dan panjangnya dan tingginya dan dalamnya kasih Kristus, dan dapat mengenal kasih itu, sekalipun ia melampaui segala pengetahuan. Aku berdoa, supaya kamu dipenuhi di dalam seluruh kepenuhan Allah. (Efesus 3:16-19)

Dan kabar baiknya adalah, ketika Anda di dalam Kristus, berkat-berkat ini otomatis menjadi milik Anda, dan tidak ada seorangpun yang bisa mencabutnya. 

Hal ini serupa dengan yang dituliskan oleh John Dickinson, seorang Pennsylvania Quaker dan penandatangan Konstitusi AS, menulis ini di tahun yang sama saat Konstitusi diadopsi:

“Raja atau parlemen tidak dapat memberikan hak yang esensial untuk kebahagiaan — kita mengklaimnya dari sumber yang lebih tinggi — dari Raja segala raja dan Tuhan atas seluruh Bumi. Hal itu tidak dianeksasi oleh perkamen atau segel. Hal itu diciptakan di dalam kita oleh ketetapan Tuhan, yang menetapkan hukum alam kita. Hal itu lahir bersama kita; dan tidak dapat diambil dari kami oleh kekuatan manusia mana pun."

Sama seperti kebahagiaan itu sudah ada di dalam diri Anda, demikian juga semua berkat rohani lainnya, Anda memiliki akses 24 jam untuk mendapatkannya. Anda hanya butuh membuat keputusan dengan mengarahkan pandangan dan hidup Anda kepada Tuhan. Sama seperti keselamatan yang Anda terima bukanlah hasil usaha Anda, berkat-berkat Tuhan itu juga anugerah Tuhan yang kita terima di dalam Kristus Yesus. 

Jadi, mulai saat ini, hiduplah dalam berkat-berkat dan kasih karunia Tuhan kita, Yesus Kristus. Selamat berbahagia...


Anda sedang dalam pergumulan dan butuh dukungan doa? Klik link dibawah ini untuk terhubung dengan tim doa kami https://bit.ly/InginDidoakan   

Anda butuh teman curhat dan membutuhkan pertolongan Tuhan? Klik link dibawah ini untuk konseling dengan konselor kami http://bit.ly/inginKonseling  


 

Ikuti Kami