Menkes Terawan : Selain Petugas Medis, Ini Mereka Yang Akan Diprioritaskan Untuk Vaksin

Menkes Terawan : Selain Petugas Medis, Ini Mereka Yang Akan Diprioritaskan Untuk Vaksin

Puji Astuti Official Writer
500

Kabar baik disampaikan oleh Ketua Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional Airlangga Hartarto melalui konferensi pers secara virtual pada Senin (28/9/2020), bahwa pada Januari 2021 vaksin corona sudah bisa didistribusikan dan disuntikkan ke masyarakat. 

Dalam konfrensi pers virtual tersebut, Airlangga Hartarto menyatakan bahwa hingga akhir tahun 2021 ditargetkan 102 juta orang yang sudah divaksinasi. Sedangkan pelaksanaannya akan dilakukan dalam 5 tahapan, dengan tahapan pertama dimulai pada Januari 2021. 

Mereka yang diprioritaskan untuk divaksin

Hal serupa juga disampaikan oleh Menteri Kesehatan Terawan, dalam rapat program persiapan vaksinasi yang dipimpin oleh Menko Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan pada Rabu (30/9/2020) lalu.

“Prioritas vaksin akan diberikan kepada garda terdepan yaitu seluruh tenaga medis dan seluruh masyarakat yang bekerja pada fasilitas medis. Berikutnya akan diberikan kepada masyarakat dengan kategori high risk, yaitu pekerja pada usia 18-59 tahun," demikian penjelasan Terawan dalam keterangan tertulis di Jakarta, Kamis.

Hingga saat ini, menurut Terawan, kebutuhan vaksinasi mencapai 320 juta dosis. 

"Dan dengan indeks pemakaian vaksin, maka kita harus bisa menyediakan 352 juta dosis vaksin," jelasnya.

Proses penyediaan vaksin

Penyediaan vaksin dilakukan bersama dengan Kementerian Luar Negeri, Kementerian BUMN, BOPM, serta BNPB.  Sedangkan untuk kapasitas penyimpanan vaksin, Wakil Menteri BUMN Budi Gunadi Sadikin menyatakan bahwa BUMN hanya memiliki kapasitas 123 juta vaksin. 

Untuk itu saat ini sedang dilakukan kerja sama antara Bio Farma dan Kimia Farma sebagai produsen obat untuk pengadaan Cold Chain Equipment Inventory sehingga bisa menyimpan hingga 300 juta vaksin. 

Selain itu Kementerian Luar Negeri Retno Marsudi menyatakan bahwa pihaknya sudah diskusi dengan beberapa negara, seperti China, Uni Emirat Arab dan Inggris dalam hal penyediaan vaksin untuk Indonesia. 

Berbagai pihak dilibatkan dalam persiapan dan proses penyediaan vaksinasi Covid-19 ini, tentunya hal ini dengan harapan bahwa vaksinasi dapat dilakukan dengan baik dan tanpa kendala. Mari dukung kerja keras pemerintah dalam mengatasi pandemi Covid-19 ini, yaitu dengan tetap menjaga protokol kesehatan, rajin mencuci tangan, selalu pakai masker bila berada di tempat umum dan tetap jaga jarak aman ya. 


Baca juga : 

Menkes Terawan, Doa dan Andalkan Tuhan Jauhkan Indonesia Dari Virus Corona

Terawan Agus Putranto, Menteri Kesehatan Baru yang Ternyata Cinta Tuhan


 

Sumber : Berbagai Sumber

Ikuti Kami