Daripada Nonton Drakor, Mending Gali Pontensi Diri Selama di Rumah Lewat 7 Hal Ini...

Daripada Nonton Drakor, Mending Gali Pontensi Diri Selama di Rumah Lewat 7 Hal Ini...

Lori Official Writer
721

Gak ada yang salah memang dengan nonton drama Korea (Drakor). Asal bisa mengatur waktu sih pasti gak apa-apa ya. Yang jadi masalah adalah ada banyak dari kita yang justru gak melakukan apa-apa demi menonton semua sesi Drakor favorit kita di Netflix.

Padahal kalau dipikir-pikir, anak muda zaman sekarang harusnya lebih banyak memanfaatkan peluang yang ada. Apalagi di masa-masa stay at home atau tinggal di rumah. Kita punya waktu 24 jam sehari, yang sekitar 7 jam dihabiskan untuk belajar online dan 8 jam untuk tidur. Sisanya 9 sangat mungkin kita pakai untuk melakukan hal-hal yang berguna. Untuk anak-anak sekolah sendiri secara khusus bisa memakai sisa waktu yang ada untuk menggali potensi diri.

Mungkin ada diantara kamu yang bingung dan bertanya, ‘Apa maksud menggali potensi? Kenapa harus menggali potensi diri?’

Apa maksud menggali potensi diri?

Menggali potensi diri artinya mengenali bakat dan minat yang tersembunyi di dalam diri sendiri. Bisa juga berarti mengembangkan sesuatu yang menjadi talenta yang dimiliki seseorang. Potensi ini sendiri bisa mencakup banyak bidang, meliputi kemampuan komunikasi, sains, musik, seni, budaya, literasi, media dan sebagainya.

Kenapa harus menggali potensi? 

Seorang psikolog Vera Itabiliana Hadiwidjojo menyampaikan bahwa menggali potensi diri atau bakat dan minat membantu anak tahu apa yang ingin dicapai dalam hidup. Karena itulah sejak usia 12 tahun atau Sekolah Menengah Pertama (SMP), seorang anak harus sudah mengenali potensi dirinya. Ini adalah masa ideal yang harus digunakan setiap orang untuk bisa berkembang dan mencapai potensi maksimalnya.

Penggalian inipun tidak terjadi dalam sehari. Tapi butuh proses panjang, baik lewat belajar dan mengevaluasi diri lewat penilaian orang lain.

Apa yang bisa dilakukan saat di rumah?

Di masa teknologi ini, hidup anak remaja dan dewasa gak lepas dari gadget. Ada yang memakainya untuk main game online. Sebagian untuk nonton Drakor sepanjang hari. Ada juga yang memakainya untuk mengakses sosial media hanya supaya gak ketinggalan tren. 

Kebanyakan waktu yang dihabiskan untuk aktivitas di atas bersifat pasif. Yang artinya kita hanya sebagai penikmat saja tanpa melakukan sesuatu yang berarti. 

Tentu saja Tuhan gak mau kita hanya jadi penikmat yang pasif saja. Karena sejak lahir pun kita sebenarnya sudah diberikan potensi di dalam diri kita masing-masing. Dan tugas kita untuk mengenali potensi itu dan mengembangkannya sesuai dengan rancangan Tuhan.

Nah, daripada menghabiskan waktu berjam-jam di rumah tanpa melakukan apa-apa. Kenapa tidak mulai menggali potensi diri dengan melakukan hal-hal sederhana yang ada di depan mata kita.

Rich Brian adalah salah satu contoh anak muda yang berhasil menggali potensi dirinya sejak usia 11 tahun. Kalau idealnya usia itu seorang anak masih baru mengenali potensinya, Brian justru selangkah lebih maju. Penyanyi muda ini rupanya memakai banyak waktunya setelah belajar secara Home Schooling dengan belajar bahasa Inggris secara autodidak lewat sosial media dan Youtube. Hasilnya, kebiasaan itu membuatnya bisa berbicara bahasa Inggris laiknya native speaker. Bukan hanya itu, di usia remajanya dia juga belajar menjadi rapper dengan mendengarkan lagu-lagu dari para rapper idolanya. Dan hasilnya, di usia 16 tahun Brian berhasil menciptakan lagunya sendiri dan tanpa diduga lagu itu justru membawanya terbang ke kancah musik Internasional.

Di usia yang belum mencapai 20 tahun, Brian sudah berhasil mewujudkan impiannya tinggal di Amerika dan berkarir sebagai rapper kelas Internasional. 

Dia hanya memulai karirnya dari rumah. Atau bahkan bisa dibilang, dia hanya memulainya dari tempat yang sangat sederhana yaitu kamar tidur.

Semua orang pasti ingin sukses di usia muda seperti Rich Brian bukan? 

Tapi masalahnya, untuk mencapai puncak itu kita harus lebih dulu menggali dan mengenali potensi diri sendiri. Setelah menemukan potensi yang paling unggul, baru kemudian kita perlu mengembangkannya.


Baca juga: Jangan Berhenti Berkembang, Manfaatkan Masa Ini Untuk Perkaya Skill Dengan 3 Langkah Ini


Bagaimana cara mengenali potensi diri dan mengembangkannya?

Ada 7 cara sederhana yang bisa dilakukan untuk menggali atau mengenali potensi diri di rumah, diantaranya:

1. Kenali Passion atau Kegemaranmu

Hal pertama yang sangat membantu kita untuk mengetahui potensi diri adalah lewat hobi. Apa hobi positif yang suka kita lakukan? Mungkin hobinya bisa berbicara di depan publik? Mungkin berakting? Menulis? Membuat cerita atau film? Mengajar? Dance? Bernyanyi?

Setiap orang punya hobi yang berbeda. Jadi cobalah mengenali apa hobi atau kegemaranmu. 

2. Mulai dengan yang kamu punya

Setelah menemukan hobi atau minat tertentu, cobalah untuk memulainya dengan cara-cara sederhana.

Misalnya, bagi yang hobi menulis. Cobalah menulis satu bidang yang paling kamu sukai. Contohnya, menulis puisi. Mulailah menulis di atas kertas, rangkai kata-katamu dengan indah dan padukan dengan pengalaman sendiri. 

3. Terus praktikkan

Potensi tidak akan bisa berkembang tanpa proses belajar terus menerus. Sama halnya seperti Rich Brian. Awalnya dia belajar bahasa Inggris secara autodidak dan mulai mempraktikkan kemampuannya lewat lebih banyak berkomunikasi dengan orang-orang luar di sosial media. Kebiasaan ini dilakukan terus menerus sampai mendapati dirinya benar-benar fasih. 

Setelah menguasai bahasa Inggris, Brian pun memberanikan diri menulis lirik lagu sendiri dalam bahasa Inggris dan hasilnya benar-benar sempurna.

Jadi, mulailah mempraktikkan kegemaranmu secara berulang-ulang. Sampai kemampuanmu di bidang itu benar-benar berkembang. Tak masalah jika awalnya karya kita gak terlalu bagus. Tapi dengan itulah kita harusnya terpacu untuk menghasilkan karya yang lebih baik.

4. Evaluasi hasilnya

Mintalah penilaian dari orang lain soal hasil karyamu, entah itu tulisan, video editing, lagu, akting dan sebagainya. 

Penting untuk melibatkan orang lain dalam menilai potensi diri saat kita merasa tidak bisa menilainya sendiri. Jadi cobalah melibatkan orang-orang terdekat, entah itu kakak, adik, orangtua atau teman dekat. Evaluasi ini membantu kita untuk terus memperbaiki diri dan mengasah potensi lebih baik lain.


Baca Juga: 5 Skill Ini yang Wajib Dipunyai Anak Millenial Supaya Bisa Bersaing di Masa Depan


5. Jangan takut berbeda

Ada banyak orang yang punya minat atau bakat yang sama dengan kita. Tapi bukan berarti kualitas dan kreativitasnya sama. 

Jadi, inilah waktunya untuk menjadi berbeda dari orang lain. Keluarkan ide-ide terbaik dari dalam dirimu dan tetaplah jadi diri sendiri!

6. Buat target

Target menjadi tolak ukur dari keberhasilan. Jadi, tetapkanlah target yang ingin dicapai lewat potensi yang kita punya. Misalnya, potensi bernyanyi. 

Kalau sekarang kamu masih bernyanyi di level gereja. Targetkanlah dalam sebulan sudah bernyanyi di level daerah atau nasional. Tentunya untuk sampai di sana, kamu perlu mengikuti berbagai lomba atau acara besar.

Atau bisa juga mengikuti cara sederhana ini yaitu menunjukkan potensimu secara langsung kepada publik. Misalnya dengan meng-cover lagu versi sendiri dan membagikannya di Youtube atau sosial media. 

7. Konsisten dan disiplin

Untuk unggul dalam satu bidang tertentu, diperlukan konsistensi dan disiplin yang tinggi. Sama seperti seorang atlet yang ingin juara, dia harus terus melatih diri sampai bisa menjadi juara. 

Jadi, beranilah mengekspresikan bakat dan minat di depan publik. Dengan begitu, orang lain bisa melihat dan menilai potensi tersebut. Penilaian orang lain bisa jadi acuan untuk meyakinkan diri kita tentang potensi terbaik yang ada di dalam diri kita atau sebagai evaluasi untuk kita bisa terus mengembangkannya.

Buat kamu yang pengen tahu lebih banyak tentang cara menggali potensi diri. Yuk ikuti Webinar 'Kembangkan Potensimu' yang diadakan oleh CBN Indonesia pada 7, 13, 14 November 2020. Di Webinar ini, kamu akan belajar tentang 3 skill yang harus dimiliki generasi zaman now. Pastinya acara ini juga akan menghadirkan figur-figur bertalenta di Indonesia seperti Igor Saykoji, Choky Sitohang, Gamaliel Paulus, Yeshua Abraham dan banyak lagi. 

Yuk daftar sekarang juga DI SINI.

Sumber : Jawaban.com

Ikuti Kami