#JawabanHealth - Tips Bersepeda Buat Pemula

#JawabanHealth - Tips Bersepeda Buat Pemula

Claudia Jessica Official Writer
711

Bersepeda menjadi salah satu olahraga yang populer di masa pandemi ini, selain hampir semua orang bisa melakukannya dan juga merupakan sebuah olahraga yang fun atau menyenangkan karena bisa dilakukan bersama dengan keluarga atau komunitas.

Tapi jangan salah, olahraga bersepeda juga tidak bisa dilakukan sembarangan atau asal gowes saja. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan oleh mereka yang baru pemula di olahraga ini. Apa saja itu?

Bagian Tubuh Yang Dilatih Saat Bersepeda

Menurut penjelasan dr. Sovian Anugrah, dari Obor Berkat Indonesia, berdasarkan ilmu sport medicine, bersepeda merupakan olahraga jenis kardio yang paling fun.

Selain menyenangkan, bersepeda juga ada sisi istirahatnya dan ada sisi beratnya, karena olahraga ini menggerakkan hampir semua otot. Ketika pada posisi tangan memegang stang atau handlebar, dia akan menahan posisi tubuh untuk tetap seimbang. Sebab itu tubuh pesepeda harus dalam posisi ergonomis, karena pergerakannya maju seperti mobil yang melawan angin.

Selain tangan, otot punggung dan perut juga dilatih. Walau perut tidak bergerak banyak, namun karena kaki bergerak banyak maka ada gerakan tahanan pada perut atau otot rektus abdominis.

Serta yang pasti dilatih pada olahraga bersepeda ini adalah otot kaki, sebab semua otot kaki bergerak saat mengayuh pedal. Namun saat mengayuh posisi kaki pun harus pada posisi ergonomis, artinya saat mengayuh kaki tidak boleh diluruskan. Harus tetap ada sudutnya, walaupun pedal di posisi bawah, yaitu antara 30-35 derajat. Karena jika kakinya lurus bisa menimbulkan kram, sebab adanya tarikan otot yang berlebihan, khususnya di otot betis. Selain itu jika kakinya diluruskan saat sedang bersepeda maka engkel bisa rupture atau cedera, karena dalam posisi rata, padahal sedang berolahraga berat, terlebih jika baru saja mengayuh tanjakan.


Baca juga: Ini 4 Jenis Masker yang Paling Gak Efektif Tangkal Virus, Jangan Dipakai di KRL Ya!


Karena banyaknya otot yang bergerak dalam olahraga bersepeda ini, maka sangat baik untuk mereka yang ingin mencegah penyakit jantung, diabetes ataupun mereka yang ingin menurunkan berat badan.

Lalu persiapan apa yang harus kita lakukan sebelum bersepeda? Simak di video yang ada di atas ya JCers! Kamu juga bisa melihat video kesehatan dan video-video Kristen lain DI SINI.

Sumber : Jawaban.com

Ikuti Kami