Cari Kerja Di Masa Pandemi Gini Gak Gampang! Tapi Bukan Berarti Mustahil. Begini Triknya!

Cari Kerja Di Masa Pandemi Gini Gak Gampang! Tapi Bukan Berarti Mustahil. Begini Triknya!

Claudia Jessica Official Writer
351

Di masa pandemi begini, biasanya untuk meminimalisir penularan virus corona, banyak perusahaan yang mengubah interview tatap muka menjadi online interview.

Ada dua jenis online interview, dengan rekaman atau langsung. Biasanya interview dengan rekaman menjadi proses seleksi awal untuk lanjut ke tahap interview langsung.

Meskipun tidak interview secara langsung, bukan berarti kamu bisa menganggap remeh interview ini. Kamu tetap perlu mencari tahu tentang perusahaan, artikulasi dan nada bicara agar terdengar bagus saat direkam.

Nah, bagaimana sih mempersiapkan online interview yang baik dan benar?

1. Tanyakan dan pastikan beberapa hal

Tanyakan pada rekruter sebelum melaksasanakan interview, apakah nanti wawancara yang dilakukan melalui telepon atau video. Tanyakan juga platform yang akan digunakan untuk wawancara nanti.

Setelah tahu aplikasi yang akan digunakan, cobalah aplikasinya dan pelajari fitur-fitur yang ada. Sehingga ketika melakukan interview, kamu tidak kebingungan dengan interface aplikasinya.

2. Persiapan teknis

Pastikan jaringan internet kamu stabil serta kuota internet yang mencukupi. Akan sangat disayangkan jika kamu sudah berbicara dengan sangat meyakinkan, namun rekruter tidak mendengar karena panggilan yang kamu lakukan ternyata putus-putus.

3. Siapkan tempat

Kamu tidak harus mencari tempat yang bagus dan kekinian. Tapi, kamu perlu mencari tempat yang memiliki pencayahaan yang cukup sehingga rekruter dapat melihat wajahmu dengan jelas. Buatlah wajahmu terlihat lebih cerah, segar. Tidak lupa juga, latar belakang yang rapih agar kamu tetap menjadi fokus utama dari rekruter.

Baca juga:

Full Time, Part Time dan Freelancer, Lebih Enak yang Mana?

Selain Dana Darurat, ada Dana Tabungan Lain yang Gak Kalah Penting Lho. Apa Aja Ya?

4. Berpakaian rapi!

Baik interview secara langsung, maupun online kamu tetap harus berpakaian dengan rapi. Anggap saja kamu seperti ke kantor untuk interview seperti biasa.

5. Latihan

Untuk menghindari kegugupan ketika interview berlangsung, ada baiknya kamu berlatih terlebih dahulu. Kamu bisa berlatih cara bicaramu sambil mengahap ke cermin. Perhatikan ekspresi wajah, volume suara, nada bicara serta postur tubuh.

Jangan terlalu banyak bergumam karena gumam menandakan adanya keraguan dan tidak yakin dari dalam dirimu.

Selama berlatih, kamu juga bisa merekamnya dan melihatnya kembali kemudian. Lakukan analisa dimana kekuranganmu sepanjang latihan tadi.

Jangan lupa untuk tidur yang cukup sebelum interview agar tidak terlihat kelelahan atau mengantuk saat interview berlangsung.

Yang tidak kalah penting, pastikan juga ponsel atau laptop yang kamu gunakan untuk interview memiliki daya yang cukup untuk menghindari kematian gadget secara tiba-tiba di tengah proses interview.

Sumber : berbagai sumber

Ikuti Kami