Selain Dana Darurat, ada Dana Tabungan Lain yang Gak Kalah Penting Lho. Apa Aja Ya?

Selain Dana Darurat, ada Dana Tabungan Lain yang Gak Kalah Penting Lho. Apa Aja Ya?

Claudia Jessica Official Writer
205

Terkadang pada saat usia muda, kita tidak menyadari betapa pentingnya tabungan untuk menunjang kehidupan dalam jangka panjang. Sering kali kita terfokus pada diri kita, bagaimana cara untuk menyenangkan diri hingga lupa bahwa kita juga perlu melakukan persiapan menyambut hari depan sejak dini.

Tabungan menjadi yang penting untuk kita miliki guna mengantisipasi kebutuhan di tengah kondisi yang tak terduga, terutama di masa pandemi seperti sekarang.

Ada beberapa rekomendasi jenis tabungan masa depan yang wajib kamu miliki:

1. Dana darurat

Jenis tabungan ini harus dimiliki meskipun saat ini kamu masih muda. Seperti namanya dana darurat, dana ini berguna dalam situasi mendesak seperti untuk berobat atau tiba-tiba kena PHK serta bisa juga digunakan ketika keadaan tidak terduga dan menutut banyak uang.

Dengan adanya tabungan ini, uang untuk keperluan lain tidak akan terganggu. Karenanya, usahakan untuk menyisihkan uang setiap bulan danpisahkan rekening untuk menyimpan uang ini sehingga kamu tidak perlu bingung ketika situasi tak terduga menghampiri kehidupanmu.

2. Dana untuk cicilan

Apakah kamu tidak memiliki keinginan untuk memiliki rumah sendiri? Tabungan dan cicilan sejatinya ditujukan untuk membayar kewajibanmu sehingga tidak mengganggu siklus keuanganmu. Jangan sampai tabungan utamamu justru terpakai untuk membayar utang ya. Kamu bisa menyisihkan sedikit gajimu untuk memasukkannya ke dalam ttabungan ini.

3. Dana hari tua

Meski masih lama untuk dinikmati, dana ini tetap harus disiapkan sejak muda. Sehingga ketika pension nanti, kamu tidak perlu memikirkan masalah ekonomi.

Kamu harus perhitungkan nominal uang yang selalu mengalami peningkatan setiap tahunnya. Kamu juga perlu mempersiapkan dana pensiun mandiri dengan jumlah yang lebih besar daripada BPJS Ketenagakerjaan yang dikumpulkan dari uang gajimu tiap bulannya.

4. Dana jangka pendek

Selain tabungan jangka panjang, kamu juga perlu memiliki tabungan jangkan pendek. Tetapi, kamu harus memiliki tujuan yang jelas untuk menggunakan tabungan ini sehingga tidak terbuang sia-sia.

Misalnya kamu ingin kuliah, kamu bisa menabung dengan konsisten selama setahun sampai kamu dapat kuliah.

Baca juga: 3 Cara Sederhana untuk Meningkatkan Tabungan

5. Dana liburan

Kamu pasti ingin liburan juga kan? Nah supaya keuangan bulanan kamu gak terganggu, kamu bisa bikin dan tabungan untuk liburan. Kamu dapat mengapresiasi hasil kerja kerasmu untuk memanjakan dirimu.

Mungkin kamu bukan tipe yang suka berjalan-jalan, maka dana tabungan ini bisa kamu gunakan untuk membeli makanan favoritmu, atau kamu juga bisa menggunakan dana ini untuk melakukan hobi kamu juga JCers.

Semua dana tabungan yang disebutkan di atas bertujuan mengatur keuanganmu agar tidak berantakan dan lebih teratur dengan kondisi ekonomi yang stabil.

Jika kamu masih ragu, kamu bisa kok tanya orang tua, teman yang memiliki keahlian di bidang keuangan ya JCers. Semogam membantu.

Sumber : berbagai sumber

Ikuti Kami