4 Alasan Penting Suami-Istri Punya Waktu Berdoa Bersama, Orang Kristen Wajib Tahu!

4 Alasan Penting Suami-Istri Punya Waktu Berdoa Bersama, Orang Kristen Wajib Tahu!

Puji Astuti Official Writer
692

Kita sering mendengar perkataan bahwa, “doa adalah nafas hidup orang percaya.” Sebagai orang Kristen kita sangat percaya kuasa doa yang digerakkan oleh iman. Tapi apakah sebagai pasangan suami-istri, doa sudah menjadi nafas kalian bersama, menjadi bagian dari gaya hidup Anda berdua?

Pernikahan bukan hanya hubungan antara anda  dan pasangan saja, perlu diingat saat menikah Anda berjanji di hadapan Tuhan. Jadi pernikahan adalah hubungan segi tiga, antara Tuhan, Anda dan juga pasangan. Doa bersama pasangan adalah sarana komunikasi hubungan segi tiga ini, dimana Anda dan pasangan juga bisa saling terbuka dan menguatkan, Tuhan pun bisa berbicara kepada Anda dan pasangan demikian juga sebaliknya kalian  juga bisa menyampaikan isi hati kepada Tuhan.

Dampak dari berdoa bersama juga sangat besar bagi hubungan suami-istri, kesehatian bisa membawa suatu hasil yang berbeda seperti yang dituliskan dalam Matius 18:19 ini:

“Dan lagi Aku berkata kepadamu: Jika dua orang dari padamu di dunia ini sepakat meminta apapun juga, permintaan mereka itu akan dikabulkan oleh Bapa-Ku yang di sorga.”

Dengan berdoa bersama, Anda dan pasangan sedang mengijinkan Allah bekerja di dalam pernikahan kalian dan bahkan di dalam pribadi kalian masing-masing. Berikut adalah 4 alasan penting mengapa Anda berdua harus berdoa bersama secara rutin:

1# Berdoa bersama semakin memperdalam keintiman 

Doa adalah sarana mengungkapkan semua kekuatiran, ketakutan dan juga harapan. Ketika Anda berdoa, maka Anda harus membuka hati dan diri Anda, sehingga Anda menjadi rentan di hadapan Tuhan. Tidak ada lagi topeng atau sesuatu yang ditutup-tutupi. 

Ketika Anda membangun waktu-waktu berdoa yang seperti ini bersama pasangan, maka hubungan kalian akan semakin intim. Akan ada tembok-tembok yang dihancurkan, sehingga kalian akan semakin saling mengenal satu sama lain, apa yang menjadi kekuatiran pasangan, apa yang menjadi harapannya, dan juga bagaimana ia berhubungan dengan Tuhannya. 

Karena itu hendaklah kamu saling mengaku dosamu dan saling mendoakan, supaya kamu sembuh. Doa orang yang benar, bila dengan yakin didoakan, sangat besar kuasanya. (Yakobus 5:16)

2#  Doa bersama berarti mengundang Tuhan hadir dalam pernikahan kalian

Ketika Tuhan hadir, maka kehidupan diubahkan. Bayangkan bagaimana pernikahan Anda jika Tuhan secara nyata hadir setiap hari dalam kehidupan keluarga Anda? Ya, pasti banyak hal berubah. Ada banyak mukjizat akan terjadi, ucapan syukur yang melimpah dan puji-pujian akan keluar secara alamiah dari diri Anda dan pasangan. 

Doa adalah caranya untuk mengundang Tuhan hadir di tengah-tengah kehidupan rumah tangga Anda, dalam Matius 18:20 Yesus berkata, “Sebab di mana dua atau tiga orang berkumpul dalam Nama-Ku, di situ Aku ada di tengah-tengah mereka.”

Jadi tunggu apa lagi? Jika Anda rindu melihat berbagai keajaiban dalam kehidupan keluarga Anda, mulailah berdoa bersama pasangan Anda. 

3# Berdoa bersama melindungi pernikahan dan keluarga Anda

Dalam 1 Petrus 5:8, kita diperingatkan, “Sadarlah dan berjaga-jagalah! Lawanmu, si Iblis, berjalan keliling sama seperti singa yang mengaum-aum dan mencari orang yang dapat ditelannya.” 

Setiap saat dalam kehidupan ini adalah sebuah peperangan dengan kuasa kegelapan, kehidupan pernikahan pun tak terkecuali menjadi incaran Iblis untuk dihancurkan. Untuk itu berdoa bersama itu sangat penting, karena yang kita hadapi adalah peperangan rohani, maka kita harus datang dan berperang bersama Panglima Perang kita, yaitu Yesus Kristus. 

Berdoa bersama adalah satu-satunya cara melindungi pernikahan dan juga keluarga kita dari serangan Iblis. Sebab dengan kekuatan kita sendiri, tak mungkin kita mampu bertahan melawan si jahat yang sudah berusia ribuan tahun itu. Hanya Tuhan saja dan kuasa-Nya yang sanggup menundukkan dan menghancurkan serangan kuasa kegelapan. 

Jadi, mulai sekarang juga, jadikan doa bersama pasangan Anda menjadi sebuah prioritas dalam kehidupan keluarga Anda. 

4# Berdoa bersama membangun kerendahan hati dan kebergantungan pada Allah

Ketika Anda dan pasangan datang kepada Tuhan, kalian belajar untuk merendahkan diri dihadapan Allah dan menyadari bahwa kalian membutuhkan Tuhan untuk menjalani kehidupan ini. 

Pada akhirnya Tuhan yang menjadi fokus utama, dimana Dia menjadi sumber segala kebutuhan keluarga Anda. Tentunya belajar bergantung kepada Tuhan sepenuhnya tidaklah mudah dan butuh sebuah proses. Disanalah Anda dan pasangan akan bertumbuh dalam iman dan pengenalan akan Tuhan, sehingga setiap harinya kalian bisa berserah dan percaya kepada Tuhan sepenuhnya. 

Janganlah hendaknya kamu kuatir tentang apapun juga, tetapi nyatakanlah dalam segala hal keinginanmu kepada Allah dalam doa dan permohonan dengan ucapan syukur. Damai sejahtera Allah, yang melampaui segala akal, akan memelihara hati dan pikiranmu dalam Kristus Yesus. (Filipi 4:6-7)

Itulah 4 alasan penting mengapa Anda dan pasangan perlu memiliki waktu-waktu doa bersama setiap harinya. Konsisten adalah kata kuncinya, Anda dan pasangan harus rutin melakukannya sehingga menjadi sebuah gaya hidup dalam keluarga Anda. 

Hal ini bisa dilakukan pada pagi hari sewaktu bangun tidur dan sebelum memulai aktifitas, atau juga di malam hari sewaktu seluruh anggota keluarga telah pulang, atau sebelum tidur yang menjadi waktu khusus Anda dan pasangan untuk bersekutu dengan Tuhan. 

Nikmatilah waktu-waktu yang indah bersekutu dengan Tuhan dalam kesehatian dengan pasangan Anda, dan alamilah berkat-berkat Tuhan melimpah dalam kehidupan Anda. Percayalah, apa yang Anda tabur dalam doa akan Anda tuai dalam kehidupan ini dan bahkan dalam kekekalan. Selamat bersekutu. 

Sumber : Jawaban.com

Ikuti Kami