Ketahui Apa yang Ada di Hatimu Sehingga Mengendalikan Kehidupanmu

Ketahui Apa yang Ada di Hatimu Sehingga Mengendalikan Kehidupanmu

Claudia Jessica Official Writer
      915

Matius 6: 24

"Tak seorang pun dapat mengabdi kepada dua tuan. Karena jika demikian, ia akan membenci yang seorang dan mengasihi yang lain, atau ia akan setia kepada yang seorang dan tidak mengindahkan yang lain. Kamu tidak dapat mengabdi kepada Allah dan kepada Mamon."

Bacaan Alkitab setahun: Mazmur 50; Filipi 1; Yesaya 53-54

Dalam Perjanjian Baru, ada 2.084 ayat yang berhubungan dengan uang dan keuangan. Enam belas dari tiga puluh delapan perumpamaan yang Yesus berikan berhubungan dengan uang.

Alasan Yesus sering kali membahas tentang uang adalah, Ia berusaha untuk melihat loyalitas seseorang kepada-Nya. Karena di mana hartamu berada, di situ juga hatimu berada (Matius 6: 21). Yesus mengatakan bahwa tidak ada orang yang bisa melayani dua tuan sekaligus. Karena jika ia mencintai yang satu, maka ia akan membenci yang lain.

Banyak orang Kristen percaya bahwa kecintaan akan uang identik dengan mamon. Mamon adalah roh iblis Aram yang disembah sebagai dewa palsu oleh orang Filistin.

Mamon ingin orang-orang menyembahnya. Mamon juga ingin dirinya memiliki pengaruh yang besar terhadap orang-orang yang serakah. Mamon menggunakan uang untuk mendapatkan semua kekuasaan di atas.

Roh yang menentang Tuhan akan berusaha mempengaruhi orang lain dengan melakukan tipuan. Ia ingin kamu setia dan mencitainya tanpa kamu sadari.

Tipuan utama yang dilakukan mamon adalah membuat orang memiliki mindset bahwa uang memiliki kekuatan yang luar biasa. Pengertian inilah yang mulai mempengaruhi dan mengendalikan manusia.

Adapun tanda-tanda jika kita telah dikendalikan oleh mamon yaitu, ketika kita membiarkan aktivitas kita dikendalikan oleh jumlah uang yang kita miliki, bukan oleh Tuhan.

Inilah yang membuat kita percaya bahwa yang mencukupi kehidupan seseorang adalah tuannya, pasangan, investasi dan sumber uang lainnya.

Jadi, ketika kita membiarkan uang mengatur pilihan dalam hidup kita, kita telah menyerahkan diri kepada mamon. Hal ini menyebabkan masalah lain seperti yang ditulis Paulus kepada Timotius:

"Karena akar segala kejahatan ialah cinta uang. Sebab oleh memburu uanglah beberapa orang telah menyimpang dari iman dan menyiksa dirinya dengan berbagai-bagai duka" (1 Timotius 6: 10).

Tanyakanlah pada Tuhan apakah kamu telah dipengaruhi oleh mamon? Jika ya, segeralah tinggalkan dan tempatkan kepercayaanmu sepenuhnya kepada Kristus, Allah yang menyediakan segalanya bagi kita.

Ikuti Kami