Percaya Kepada Tuhan Yang Mengetahui Masa Depan Kita

Percaya Kepada Tuhan Yang Mengetahui Masa Depan Kita

Puji Astuti Official Writer
      1121

Mazmur 139:2-4

Engkau mengetahui, kalau aku duduk atau berdiri, Engkau mengerti pikiranku dari jauh.

Engkau memeriksa aku, kalau aku berjalan dan berbaring, segala jalanku Kaumaklumi.

Sebab sebelum lidahku mengeluarkan perkataan, sesungguhnya, semuanya telah Kauketahui, ya TUHAN.

Bacaan Alkitab Setahun Mazmur 46; 2 Timotius 4; Yesaya 45-46

Memprediksi masa depan adalah bisnis besar. Dari hal kecil seperti kue keberuntungan hingga  horoskop, saat ini banyak orang telah menciptakan sebuah industri untuk memprediksi masa depan. Masalahnya adalah dari sudut pandang manusia, asangat mustahil untuk memprediksi kejadian di masa depan. 

Kita tidak tahu apa yang akan terjadi di masa depan— tapi hal itu sangat diketahui oleh Tuhan.

Dalam Mazmur 139, Daud berbicara kepada Tuhan, "Engkau mengerti pikiranku dari jauh… Sebab sebelum lidahku mengeluarkan perkataan, sesungguhnya, semuanya telah Kauketahui." Begitulah pengetahuan Tuhan yang sangat jelas tentang masa depan. Dia maha tahu — Dia tahu segalanya dan Dia ada di luar rentang waktu yang kita jalani ini. Karena itu, Dia tahu masa depan.

Daniel mengetahui hal ini dengan baik. Dalam Daniel 2, Tuhan mengungkapkan arti mimpi Raja Nebukadnezar, yaitu tentang masa depan, kepada Daniel dalam sebuah penglihatan. Daniel kemudian memberitahukannya kepada raja, menambahkan bahwa dia sendiri tidak dapat menafsirkan mimpi Nebukadnezar, "tetapi di sorga ada Allah yang menyingkapkan rahasia-rahasia;”  (ayat 28).

Dan Tuhan ingin memberitahukan tentang masa depan itu kepada Anda — tidak semuanya, tetapi sebagian. Pada dasarnya itulah nubuatan alkitabiah: Tuhan mengungkapkan apa yang akan terjadi di masa depan. Tahukah Anda bahwa seperempat bagian dari Alkitab adalah tentang nubuatan? Nubuatan alkitabiah bukanlah tebakan yang baik — ini adalah kabar baik bagi dunia yang penuh dengan ketidakpastian, Tuhan hadir untuk memberi mereka kepastian.

Tetapi alasan terpenting Tuhan mengungkapkan sebagian dari masa depan adalah agar orang-orang menyadari hanya ada satu Tuhan yang benar. Setelah Daniel memberi tahu Nebukadnezar arti mimpinya, "sujudlah raja Nebukadnezar serta menyembah Daniel; juga dititahkannya mempersembahkan korban dan bau-bauan kepadanya. Berkatalah raja kepada Daniel: "Sesungguhnyalah, Allahmu itu Allah yang mengatasi segala allah dan Yang berkuasa atas segala raja, dan Yang menyingkapkan rahasia-rahasia, sebab engkau telah dapat menyingkapkan rahasia itu." ( ay 46-47).

Dan sama seperti Tuhan membuat diri-Nya dikenal oleh Nebukadnezar, Dia ingin membuat diri-Nya dikenal juga oleh Anda. Dia ingin menjalin hubungan dengan Anda. Dia mengungkapkan diri-Nya melalui nubuatan tidak hanya untuk membuat orang sadar; itu untuk membuat orang menyembah-Nya. Bukan hanya memberi tahu orang tentang rencana-Nya; itu untuk menyelaraskan orang itu dengan rencana-Nya. Bukan hanya untuk membuat orang kagum; itu untuk membuat orang menyembah, berserah, dan tunduk kepada-Nya. Tuhan meramalkan kejadian-kejadian di masa depan sehingga kita dapat percaya dan beriman kepada-Nya (lihat Yohanes 14:29).

Anda tidak tahu apa yang ada di depan Anda. Anda tidak bisa melihat hal-hal yang tersembunyi. Tapi Tuhan bisa melihatnya. Dia tahu setiap sudut dan celah, setiap detail, dan setiap pikiran sebelum kita memikirkannya. 

Jadi bukankah masuk akal jika kita yang penuh keterbatas ini menyerahkan diri kepada Tuhan yang Maha Kuasa dan Maha Tahu, yang ingin menjadi bagian dari hidup kita? Jadi jangan takut untuk mempercayakan hidup Anda kepada Tuhan.. 

Apakah Anda saat ini sedang kuatir dengan kondisi masa depan Anda atau keluarga Anda?

Kamu sedang dalam pergumulan dan butuh dukungan doa? Klik link dibawah ini untuk terhubung dengan tim doa kami https://bit.ly/InginDidoakan

Kamu butuh teman curhat dan membutuhkan pertolongan Tuhan? Klik link dibawah ini untuk konseling dengan konselor kami http://bit.ly/inginKonseling

Ikuti Kami