Lagi Hadapi Masalah Keuangan? Waktunya Alami Terobosan Lewat 6 Doa Ini…

Lagi Hadapi Masalah Keuangan? Waktunya Alami Terobosan Lewat 6 Doa Ini…

Lori Official Writer
702

Uang bisa jadi penyebab kita mengalami kekuatiran berlebihan. Seseorang yang terlilit hutang pastinya tidak akan sepenuhnya mengalami kebahagiaan seperti mereka yang hidup serba berkecukupan.

Uang memang berperan penting dalam kehidupan kita. Tapi bukan berarti kita harus kehilangan waktu tidur yang berkualitas karena terlalu kuatir dengan kebutuhan hidup dan utang yang kita punya.

Jadi, bagaimana harusnya kita mengatasi rasa takut dan kekuatiran berlebihan ini?

Salah satu hal penting yang bisa kita lakukan adalah mencari tahu penyebab masalah keuangan kita.

Misalnya:

1 Apakah keuangan kita mandet karena kehilangan pekerjaan?

2. Apakah keuanganmu minus karena gaya hidup yang konsumtif?

3 Apakah kamu terlilit utang karena pengelolaan uang yang salah?

Sesulit apapun masalah keuangan yang kita hadapi, kita tahu kalau Tuhan punya kuasa yang tidak terbatas untuk menyelesaikannya. Tuhan selalu punya kuasa yang jauh lebih besar dari masalah keuangan apapun yang kita hadapi. Dia bisa menyelesaikannya dengan sangat cepat atau secara perlahan, itu tergantung kepada bagaimana kita mau bekerja sama dengan-Nya menyelesaikan masalah kita.

Tentu saja Tuhan tidak mau kita kehilangan sukacita dan damai sejahtera hanya karena uang. Karena itulah Dia menyatakan dirinya sebagai Jehovah Jireh yaitu Tuhan penyedia kita. Dan untuk menerima kelimpahan yang sudah Dia sediakan untuk kita, kitapun harus bertindak untuk mendapatkannya. Salah satu tindakan yang harus kita lakukan adalah membangun kembali kepercayaan kita akan janji-Nya. Saat kepercayaan kita terbangun, maka masalah apapun yang kita hadapi tidak akan bisa mempengaruhi pikiran dan hati kita. Justru sebaliknya kita terdorong untuk mengandalkan Tuhan dan mengambil tindakan sesuai dengan apa yang bisa kita lakukan.

Doa adalah salah satu tindakan nyata yang kita lakukan untuk menghadapi masalah keuangan. Bagi kamu yang benar-benar memerlukan bantuan untuk masalah keuanganmu, ambillah waktu untuk mendoakan 6 hal ini:

1. Minta Ketenangan di Dalam Tuhan

Utang dan tumpukan tagihan bisa membuat kita stress dan fokus hanya kepada masalah. Akibatnya, kita akan kesulitan menemukan solusi yang terbaik untuk menyelesaikannya.

Satu-satunya jalan yang tepat dalam menghadapi masalah adalah menenangkan pikiran dan meminta ketenangan dari Tuhan. Setelah itu ungkapkanlah masalahmu dan dengan jujur meminta pertolongan dari-Nya. Dengan mendekatkan diri kepada Tuhan, kita diingatkan bahwa Tuhan peduli dengan masalah kita. Jadi mintalah solusi tentang bagaimana kamu bisa menangani keuanganmu dengan cara yang tepat.

2. Minta Tuhan mengubah hidupmu

Ada kalanya krisis keuangan terjadi dengan tiba-tiba. Tapi banyak juga yang disebabkan oleh gaya hidup yang serakah dan konsumtif.

Uang yang kita punya adalah pemberian Tuhan. Karena itulah Dia meminta kita untuk bertanggung jawab mengelolanya dengan baik. Kalau ternyata masalah yang kita alami disebabkan oleh cara kita yang salah, maka mintalah Tuhan untuk mengubah hidupmu. Segeralah minta ampun dan belajarlah untuk mengelola uang dengan bertanggung jawab.

3. Mintalah Kepuasan di Dalam Tuhan

Uang bisa jadi masalah waktu kita merasa orang lain jauh lebih kaya dari kita. Hal ini membuat kita jadi gak puas dengan yang kita punya. Sehingga kita mulai menyiksa pikiran kita dengan ketidakpuasan itu.

Sayangnya, Tuhan menganjurkan kita untuk selalu merasa puas dengan apa yang kita punya, salah satunya adalah selalu bersyukur dengan apapun yang kita punya.


Baca Juga:

Satu dari Tujuh Kesalahan Keuangan Ini yang Bikin Kamu Kerap Terlilit Utang

15 Ayat Alkitab yang Ajarkan Kita Soal Cara Berinvestasi yang Tepat


4. Berdoalah Supaya Tuhan Mengubahkan Jadi Pribadi yang Murah Hati

Firman Tuhan kadang menuntut kita melakukan sesuatu yang bertolak belakang dengan keadaan kita. Tuhan mau kita memberikan semua yang ada pada kita untuk orang lain, bahkan saat keadaan kita sedang sekarat. Hal inilah yang dialami oleh Janda Sarfat yang melayani Nabi Elia. Tapi dengan ketaatannya, mujizat malah terjadi.

"Jadi, jikalau kamu tidak setia dalam hal Mamon yang tidak jujur, siapakah yang akan mempercayakan kepadamu harta yang sesungguhnya? Dan jikalau kamu tidak setia dalam harta orang lain, siapakah yang akan menyerahkan hartamu sendiri kepadamu?" (Lukas 16: 11-12)

5. Minta Tuhan untuk Membuatmu Tetap Berintegritas

Dalam Lukas 16: 10 dituliskan bahwa dia yang setia pada perkara kecil akan dipercayakan hal yang lebih besar. Prinsip ini juga berlaku dalam keuangan.

Apakah kamu sedang mengalami krisis keuangan karena tindakanmu sendiri? Ada banyak orang yang menggelapkan uang pajak karena berpikir bisa menghemat pengeluaran. Tentu saja itu adalah tindakan tidak jujur. Dan kadang risiko dari tindakan ini adalah terjadinya kerugian yang jauh lebih besar.

Apakah kamu pernah melakukan tindakan tidak jujur dalam memakai uang? Kalau ternyata pernah maka jangan heran kalau penyebab krisis keuanganmu adalah tindakan tidak berintegritas tersebut.

6. Meminta Supaya Fokus untuk Jangka Panjang

Orang bijak selalu mempersiapkan dirinya jika sewaktu-waktu sesuatu yang tak diinginkan terjadi. Tapi orang bodoh menghabiskan apa yang dimiliki hanya dalam sehari. Dan banyak dari kita yang bertindak seperti orang bodoh. Kita lupa untuk berinvestasi atau menabung untuk kondisi darurat.

Apakah kamu menyia-nyiakan uangmu hanya untuk kebutuhan hari ini saja? Maka mintalah kepada Tuhan untuk mengubahkan jadi pribadi yang bisa menyimpan sebagian yang kamu punya untuk investasi jangka panjang.

“Siapa mengerjakan tanahnya akan kenyang dengan makanan, tetapi siapa mengejar barang yang sia-sia akan kenyang dengan kemiskinan.” (Amsal 28: 19)


Bagi kamu yang masih berjuang lepas dari berbagai masalah yang menimpamu saat ini, inilah waktunya ini menikmati kemerdekaan di dalam Tuhan. Bagi kamu yang khususnya ingin didoakan secara langsung melalui pelayanan kami, kamu bisa mengikuti program Live Streming Doa bersama di JC Channel besok. Untuk mengikuti acara ini, kamu bisa klik link DI SINI.  

Sumber : Jawaban.com

Ikuti Kami