Belajar dari Efesus 5:33, Bagaimana Istri Harus Menghormati Suami?

Belajar dari Efesus 5:33, Bagaimana Istri Harus Menghormati Suami?

Claudia Jessica Official Writer
599

Masalah istri yang sering memarahi, berteriak, dan terkadang meremehkan suami adalah tindakan yang tidak sopan serta tidak efektif jika kamu ingin suami berubah menjadi pribadi yang kamu inginkan.

Tidak sedikit pasangan yang bercerai karena masalah istri yang tidak bisa mengontrol emosinya dan bersikap tidak sopan kepada suami.

Efesus 5: 33 mengatakan “Bagaimanapun juga, bagi kamu masing-masing berlaku: kasihilah isterimu seperti dirimu sendiri dan isteri hendaklah menghormati suaminya.

Bagaimana mengasihi suami seperti yang dikatakan dalam Efesus 5: 33?

1. Hormati suami secara lisan

Pujian itu seperti magnet. Jika kamu memuji suami, dia akan menjadi tertarik padamu. Mulailah perhatikan apa yang dikerjakannya dan dorong dia secara lisan dengan memujinya sesekali.

Jika kamu kesulitan tentang bagaimana harus memujinya, kamu bisa mulai dengan keterampilan yang dimilikinya, pertumbuhan spiritualnya atau hubungannya yang sehat dengan orang lain.

Mungkin kamu berpikir kenapa harus memuji suamimu, padahal dia tidak pernah memujimu. Hal ini ditujukan untuk membuat pernikahanmu berkembang. Kamu harus menyiraminya dengan kebaikan dan dorongan. Lakukan hal ini dengan tulus.

2. Hormati suami secara intelektual

Pria suka memecahkan masalah dan memperbaiki berbagai hal. Jadi tarik kecerdasannya dengan memintanya untuk membantumu memecahkan masalah.

Kemudian, ketika kalian sedang beradu argumen yang berbeda, alih-alih menyangkal pendapatnya, kamu bisa memintanya untuk menjelaskan kembali mengenai pandangannya. Ingat, jangan gunakan sarkasme.

Begitu juga dalam hal spiritual, kamu bisa meminta suamimu untuk menjelaskan suatu bagian Firman Tuhan atau minta dia untuk mendoakanmu ketika kamu sedang menghadapi masalah yang berat.

Namun, jika suamimu bukan pemimpin spiritual di keluargamu, terus berdoa untuknya dan tanyakan padanya apakah ada sesuatu yang menghalangi hubungannya dengan Tuhan atau tidak.

3. Hormati suami secara fisik

Cari tahu apa kebutuhan utamanya. Mungkin suamimu menyukai rumah yang rapih ketika dia pulang bekerja, atau mungkin juga dia menikmati mengumpulkan barang-barang sebagai koleksinya, serta hubungan fisik yang diinginkannya.

Jika kebutuhan utam ini terpenuhi, biasanya seseorang akan merasa menjadi lebih bersemangat, bahagia bahkan membuat mereka merasa dicintai dan dihargai meskipun dengan cara yang sederhana.


Baca juga:

Untuk Para Suami, 4 Hal Ini Buktikan Kamu Adalah Pasangan yang Sejati

Kata-kata Pasanganmu Sering Menyakiti Hatimu? Yuk Responi Dengan Cara Ini


Selain itu jika kamu juga menginginkan sesuatu, pastikan kamu memberitahunya. Dia tidak akan tahu apa yang kamu inginkan jika kamu tidak mengatakannya.

Sadari juga bahasa tubuh yang memiliki makna tidak menghormati lawan bicara seperti, memutar mata, menyilangkan tangan atau membanting pintu. Refleksikan keputusanmu untuk menghormati suamimu dalam hati, pikiran dan tindakanmu. Mintalah Tuhan untuk memperkuatmu dan mematuhi Firman-Nya.

Filipi 4: 13 “Segala perkara dapat kutanggung di dalam Dia yang memberi kekuatan kepadaku.”

Sumber : crosswalk.com

Ikuti Kami