Sambut HUT RI 75 Tahun, Berikut Tema, Lokasi dan Kegiatan Lengkapnya…

Sambut HUT RI 75 Tahun, Berikut Tema, Lokasi dan Kegiatan Lengkapnya…

Lori Official Writer
503

Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun Republik Indonesia (HUR RI) 75 tahun yang jatuh pada Senin, 17 Agustus 2020, pemerintah pun sudah melakukan serangkaian persiapan.

Asisten Deputi Hubungan Masyarakat (Asdep Humas) Kemensetneg, Eddy Cahyono Sugiarto secara resmi telah membagikan tentang perkembangan persiapan acara HUT RI yang akan digelar oleh pemerintah. Dia pun membeberkan setiap detail persiapan dengan jelas diantaranya terkait tema, lokasi acara dan rangkaian acara yang akan dilakukan.

Tema dan Logo HUT RI 75

Sama seperti tahun-tahun sebelumnya, peringatan hari kemerdekaan ini mengangkat tema berbeda sesuai dengan anjuran Presiden Jokowi yaitu Indonesia Maju. Tema ini sendiri, menurut Eddy, adalah representasi dari Pancasila sebagai pedoman kehidupan berbangsa dan bernegara.

"Untuk peringatan (HUT RI) kali ini, tema yang diusung yaitu Indonesia Maju, yang merupakan representasi dari Pancasila sebagai pedoman kehidupan berbangsa dan bernegara. Simbolisasinya adalah bagaimana kita mampu memperkokoh kedaulatan bangsa, persatuan dan kesatuan," ungkapnya seperti dikutip dari laman resmi Setneg.go.id.

Tema ‘Indonesia Maju’ ini juga diharapkan bisa menjadi pengingat bagi seluruh masyarakat untuk tetap bekerja sama secara kreatif dan pro-aktif untuk memberikan sumbangsih nyata bagi kebangkitan Indonesia maju.

Sementara untuk logonya, Kemensetneg sudah menyediakan satu desain khusus HUT ke 75 yang sudah tersedia di situs resmi Kemensetneg dan diberbagai platform sosial media.

Di dalam logo HUT RI ke 75 ini juga tampak tulisan angka 75 seperti bentuk perisai yang diinspirasi dari perisai di dalam lambang Garuda Pancasila. Sementara di bagian kanan terdapat sejumlah gabungan logogram dan logotype yang tersusun menyerupai huruf-huruf modern dengan paduan warna merah putih. Di bagian sudut kiri bawah, juga tidak lupa disematkan logo Bangga Buatan Indonesia.

Secara keseluruhan bentuk logo menyimbolkan kesetaraan dan pertumbuhan ekonomi untuk rakyat Indonesia dan semangat untuk bekerja sama mewujudkan kesejahteraan rakyat Indonesia.


Baca Juga: Logo HUT RI Ke-75 Dibilang Mirip Salib, Direspon Santai Oleh Ngabalin dan Guntur Romli


Lokasi dan Rangkaian Acara

Eddy menyampaikan jika HUT ke-75 Republik Indonesia tahun ini akan sangat berbeda. Hal ini dikarenakan kondisi pandemi yang masih terjadi di Indonesia. Karena itu, pemerintah akan mengadakan peringatan HUT RI ke 75 Tahun secara virtual di Istana Negera.

Adapun serangkaian acara peringatan HUT RI ke 75 ini diawali dengan beberapa kegiatan mulai dari pemberian tanda kehormatan pada 13 Agustus di Istana Negara, Pidato Presiden di Sidang Tahunan MPR RI dan Sidang Bersama DPR RI dan DPD-RI 2020 pada 14 Agustus, Upacara apel kehormatan dan renungan di Taman Makam Pahlawan Nasional Utama pada 16 Agustus.

Acara puncaknya HUT RI ini sendiri akan digelar dengan upacara penaikan bendera Merah Putih secara sederhana dan penuh hikmat di Istana Merdeka Jakarta. Upacara ini sendiri hanya akan dihadiri oleh Presiden dan Wakil Presiden, petugas upacara yaitu Ketua MPR, Menteri Agama, Panglima TNI dan Kapolri.

Sepanjang perayaan HUT RI ke 75 ini nantinya, panitia penyelengara akan mengadakan lomba berhadiah dengan tema ‘Cinta Indonesia’ yang dilakukan secara online. Salah satunya adalah lomba menyanyikan lagu Indonesia Raya secara serentak pada tanggal 17 Agustus pukul 10.17 WIB. Lomba ini akan direkam dalam bentuk video dan mengunggahnya ke website hutri75.kemenparekraf.go.id lalu membagikannya ke Facebook, Youtube dan Instagram dengan tagar #BangkitUntukIndonesiaMaju. Bukan hanya itu, pemerintah juga akan mengadakan lomba berhadiah tebak busana yang dikenakan oleh Presiden dan Wakil Presiden di HUT RI.

Walaupun perayaan HUT RI tahun ini harus dirayakan secara virtual. Tapi kita percaya bahwa pandemi tidak akan membatasi kreativitas dan semangat kita untuk merayakan peristiwa spesial ini secara meriah. 

Sumber : Jawaban.com

Ikuti Kami