Buat Moms yang Kelelahan dan Kurang Tidur Pasca Lahiran, 5 Hal Ini yang Kamu Butuhkan!

Buat Moms yang Kelelahan dan Kurang Tidur Pasca Lahiran, 5 Hal Ini yang Kamu Butuhkan!

Lori Official Writer
239

Setiap ibu pasti sudah merasakan perjuangan panjang selama proses mengandung, melahirkan dan merawat bayi di awal-awal kelahiran. Setiap perasaan tentunya akan campur aduk, mulai dari sakit fisik, kelelahan, kurang tidur sampai serangan stress.

Tapi normalnya, inilah fase yang harus dijalani oleh setiap ibu khususnya pasca melahirkan. Rasa lelah yang cukup besar itupun bisa berasal dari beberapa faktor yaitu:

  • Faktor lahiran yang memakan waktu selama berjam-jam bisa membuat moms kehabisan tenaga. Atau bagi moms yang menjalani operasi Caesar juga perlu proses untuk bisa sembuh total dari luka jahitan.
  • Faktor kurang tidur di malam hari jadi salah satu penyebab moms kelelahan pascalahiran. Kalau normalnya semua orang tidur lebih lelap di tengah malam, maka para ibu yang baru melahirkan akan terbangun demi mengurus bayi yang biasanya punya jam bangun di tengah malam.
  • Faktor menyusui juga bisa membuat ibu merasa lelah. Apalagi jika ibu tidak mendapatkan nutrisi yang cukup selama proses menyusui, maka kondisi fisik akan terus menurun.

Perjuangan ini memang gak mudah. Karena itu penting sekali untuk mendorong moms untuk mengingat beberapa hal ini supaya tetap semangat selama menjalani proses pascalahiran.

1. Tetap Berdoa

Kondisi secara fisik setelah lahiran pasti sangat melelahkan. Banyak ibu yang bahkan harus melakukan semua hal sendirian tanpa bantuan keluarga dan perjuangannya pasti akan jauh lebih berat. Karena selain harus menahan rasa sakit, ibu juga harus mengurus kebutuhan bayi.

Untuk melakukan hal itu sendirian, tentunya ibu butuh banyak energi. Selain mengambil istirahat yang cukup dan mengkonsumsi makanan bernutrisi tinggi, cara lain untuk bisa menghadapi kondisi serba terbatas itu adalah dengan meminta kekuatan dari Tuhan. Berdoalah supaya diberikan energi yang baru serta kesabaran.

Sampaikanlah apa yang kamu hadapi selama masa-masa itu ke Tuhan. Tuhan tahu kalau jadi ibu memang sulit karena itulah kita butuh kekuatan dari Dia.

2. Hadapi Sindrom Baby Blues Dengan Mengambil Waktu Tenang

Banyak ibu yang mengalami sindrom baby blues pasca lahiran. Hal ini bisa terjadi karena perubahan hormon yang dialami ibu. Walaupun kondisi ini terbilang waja, tapi tanpa pengelolaan yang tepat hanya akan berdampak buruk bagi ibu.

Salah satu cara mengontrol sindrom stress ini adalah dengan mengambil waktu tenang untuk diri sendiri. Tinggalkan beberapa pekerjaan yang menunggu dan ambil waktu istirahat.


Baca Juga: 

Buat Moms yang Akan Lahiran Bulan Ini, Jangan Takut! Siapkan Diri Dengan Cara Ini…

Setiap Orangtua Baru Pasti Alami Masa Krisis Pasca Lahiran, Biar Tetap Kuat Lakukan Ini!


3. Minta Bantuan Dari Orang Lain

Rasa sakit fisik dan juga tanggung jawab mengurus bayi adalah dua hal yang cukup berat untuk dilakukan sendiri. Akan jauh lebih ringan kalau moms meminta bantuan keluarga terdekat. Misalnya, ibu atau mertua untuk mengurus bayi selama kondisi fisik masih dalam proses pemulihan.

4. Tidak Apa-apa Untuk Berkata ‘Tidak’

Pasca lahiran biasanya akan ada banyak orang yang datang berkunjung dan melihat kondisi ibu dan bayi.

Dengan kondisi fisik yang masih sangat lemah dan lelah, tidak apa-apa untuk menunda rencana kunjungan orang-orang terdekat. Sampaikanlah bahwa situasinya masih kurang memungkinkan. Dengan itu kamu bisa lebih fokus menjalani pemulihan fisikmu sepenuhnya.

5. Dibalik Rasa Sakit dan Kelelahan Ada Kebahagiaan

Gak ada wanita yang gak bahagia menyaksikan kelahiran anaknya. Walaupun proses kehamilan sampai pascalahiran benar-benar perjalanan yang cukup panjang. Tapi semua kelelahan dan rasa sakit itu akan terbayarkan dengan kehadiran sang bayi. Anak adalah kebahagiaan sejati dari semua orangtua dan itu adalah pemberian Tuhan yang tak ternilai harganya.

Jadi, nikmatilah setiap prosesnya dengan sukacita dan kemampuan untuk tetap bertahan. Pastikan juga untuk sebisa mungkin mengatur pola tidur dan makan yang baik. Kalau tidur di malam hari kurang, cobalah menggantinya dengan tidur di siang hari saat bayi juga sedang tidur. Juga pastikan untuk memenuhi asupan makanan bernutrisi setiap hari selama proses menyusui.


Anda butuh didoakan langsung? Klik link dibawah ini untuk terhubung dengan Tim doa kami: http//bit.ly/InginDidoakan. Anda butuh konseling? Klik link dibawah ini untuk konseling: http //bit.ly/inginKonseling.

Sumber : Jawaban.com

Ikuti Kami