7 Kunci Sukses Mulai Bisnis Ala Ruben Onsu, Butuh Kerja Keras Sampai Jadi Diri Sendiri

7 Kunci Sukses Mulai Bisnis Ala Ruben Onsu, Butuh Kerja Keras Sampai Jadi Diri Sendiri

Lori Official Writer
1499

Siapa yang gak kenal presenter lucu Ruben Onsu. Meskipun profesi sebagai presenter bahkan memberikannya begitu banyak kenyamanan. Tapi suami dari penyanyi Sarwendah ini memilih untuk berbisnis.

Beberapa tahun belakangan ini, Ruben memang sedang membangun bisnis kuliner dan dalam perjalanannya bisnis ini terbilang sukses, dibuktikan dari sejumlah brand makanan yang dirambahnya mulai dari Bensu Otak-otak, Bensu Nugget, Bensu Bakso, Bensu Sosis, Bensu Drink, Big Ben Kopi, Mie Geprekz dan Geprek Bensu. Semua brand kuliner ini sendiri berada di bawah pengelolaan PT. Onsu Pangan Perkasa.

Kesuksesan bisnis yang dijalankan Onsu ini sendiri bahkan menginspirasi kalangan artis lainnya.

Nah, kalau artis saja mau belajar dari Onsu pastinya pebisnis pemula dan juga yang pengen belajar membangun usaha bisa belajar 7 kunci sukses ini dari Ruben Onsu.

1. Butuh Kerja Keras

Awal mencoba usaha kuliner, Ruben Onsu mengaku butuh bekerja keras dan perjuangan.

Usaha yang dia rintis bersama adiknya Jordi Onsu ini gak luput dari rasa takut dan was-was. Tapi dengan berani, mereka mau mencobanya.

“Awalnya saya hanya punya empat karyawan. Intinya banyak masalah, banyak perjuangan,” katanya.

Tapi dengan dukungan istri dan juga sorotan media, dia berjuang membesarkan usahanya itu. Dia mengaku sama sekali gak pernah belajar berbisnis. Hanya belajar sendiri secara autodidak dan menemukan trik usaha sendiri.

2. Jadi Diri Sendiri

Seiring menjalankan usaha, Ruben pun banyak belajar. Di tengah proses belajar itulah, dia menemukan ide usaha sendiri tanpa harus meniru ide usaha dari orang lain.

“Saya prinsipnya tidak mau seperti si A, B atau C. Saya berusaha jadi diri sendiri aja,” ucapnya.

3. Jalankan Usaha Langsung

Salah satu hak terpenting saat hendak membangun usaha, menurut Ruben adalah turun tangan langsung. Jangan menyerahkan usaha kepada orang lain, karena hasilnya pasti akan sangat berbeda.

“Kalau bisnis itu harus turun tangan langsung. Jangan mengandalkan orang lain. Jangan mudah percaya terhadap orang lain,” katanya.

4. Pilih Usaha yang Dibutuhkan Banyak Orang

Tips keempat yang menurut Ruben penting diperhatikan oleh pebisnis adalah pilihan usaha yang akan dijalankan.

Menurutnya, pilihan usaha menentukan prospek jangka panjangnya. Dan untuk menemukan usaha yang tepat, pilihlah bisnis yang punya peluang besar dan menawarkan solusi bagi kebutuhan masyarakat. Selain itu, pikirkan inovasi apa yang bisa diterapkan dalam bisnis tersebut.


Baca Juga : 10 Keahlian Sosial Media Ini yang Kamu Perlukan Kalau Mau Bangun Bisnis


5. Saat Punya Ide, Segera Realisasikan

Gak dipungkiri kalau membangun usaha memang butuh modal. Tapi Ruben mengingatkan untuk tidak menunggu ada modal dulu untuk menjalankan ide usaha.

“Apa yang bisa dikerjakan, kerjakan sendiri. Jangan menanti modal besar jika ada modal yang sekarang maka mulailah. Jangan menanti besok saat ini juga bisa dan fokus,” terangnya.

6. Terus Belajar

“Lihat ke atas supaya lebih terinspirasi. Dan lihat ke bawah agar kamu lebih banyak bersyukur,” ucap Ruben.

Salah satu kunci sukses yang diraih Ruben saat ini adalah kemauannya untuk terus belajar. Dia percaya kalau ada banyak orang sukses yang bisa jadi inspirasi sukses, maka belajarlah dari mereka. Dan ada orang-orang yang tidak seberuntung kita, maka tetaplah jadi orang yang bersyukur atas setiap proses dan perjalanan usaha yang ada. Wow, keren ya!

7. Jangan Dengarkan Suara Yang Meremehkanmu

Saat membangun usaha, pasti akan ada pihak yang jadi pengkritik atau tim juri. Kadang mereka dengan terang meremehkan dan kadang menilai kalau usaha yang kita jalankan pasti gak akan berhasil.

Nah, sebagai pebisnis Ruben menasihatkan untuk tidak mendengar suara-suara semacam itu. Sebaliknya, tetap fokus dan bekerja keras untuk memajukan usaha.

“Bodo amatlah pada suara-suara yang membuatmu kehilangan kepercayaan diri. Karena kita semua pasti punya potensi,” terangnya.

Wow, tips-tipsnya sangat menginspirasi bukan?

Ya, sebagai pebisnis pemula yang terpenting adalah punya ide dan percaya diri menjalankannya. Perkara apakah bakal sukses atau gak, yang penting dicoba dulu ya. Gagal sekali, bukan berarti harus nyerah. Tapi coba lagi dan lagi sampai usahamu mandiri dan mulai memperluasnya. Dan jangan lupa loh, untuk selalu menyerahkan lebih dulu bisnis apapun yang kamu jalani ke Tuhan. Karena tanpa penyertaan dari Tuhan, kita gak akan pernah bisa sukses.

Sumber : Jawaban.com

Ikuti Kami