Apa yang Harus Kulakukan Jika Pasangan Meminta Untuk Bercerai?

Apa yang Harus Kulakukan Jika Pasangan Meminta Untuk Bercerai?

Claudia Jessica Official Writer
607

Setiap orang yang menikah dengan pasangan yang dicintainya tentu tidak pernah membayangkan akan terjadinya peceraian, bukan? Setiap orang yang menjalin hubungan atas kehendaknya sendiri tidak pernah membayangkan perpisahan di kemudian hari.

Namun seiring berjalannya waktu, ada banyak hal yang tidak pernah kita bayangkan terjadi. Pergesekan, perbedaan pendapat, serta pertengkaran tidak bisa dihindari.

Ada begitu banyak alasan mengakhiri penikahannya. Menurut sebuah studi yang dipublikasikan di Journalof Sex & Marital Therapy, alasan-alasan paling umum orang-orang bercerai adalah karena kurangnya pemenuhan emosional.

Lalu kalau pasangan minta bercerai, apa yang harus kita lakukanya?

Sabar

Tidak peduli bagaimana sulitnya keadaanmu, kamu membutuhkan waktu untuk membuat keputusan. Ada banyak hal yang harus kamu lakukan. Mulailah dengan melakukan apa yang bisa kamu lakukan lebih dulu. Cari tahubagaimana situasi yang sedang kamu alami. Selain itu, luangkan juga waktu untuk mencari nasihat yang bijak.

Tanyakan Pihak Ketiga yang Terpercaya

Apakah pasanganmu memiliki seseorang yang sangat dihargainya? Jika ya, mintalah orang tersebut untuk campur tangan dalam pernikahanmu. Mungkin seorang pendeta, teman, orangtuanya atau bahkan anak-anakmu jika mereka sudah dewasa.

Mintalah mereka untuk menghabiskan waktu bersama pasanganmu untuk mendengarkan dan melakukan segala yang sesuatu yang dapat mempengaruhinya untuk menyetujui konseling pernikahan.

Berdasarkan kasus yang telah terjadi, banyak sekali pasangan yang menolak untuk melakukan konseling ketika diminta oleh pasangannya. Karenanya, cara ini bisakamu coba.

Sediakan Hadiah

Kamu mungkin dapat meyakinkan pasangan yang enggan untuk hadir dengan menawarkan sesuatu kepadanya. Dalam beberapa kasus, ada banyak orang yang datang dengan alasan bahwa pasangan mereka menawarkan hadiah dalam perceraian mereka yang tertunda sebagai imbalan atas kedatangan mereka.

Buktikan Bahwa Kamu Telah Berubah

Daripada fokus pada kesalahan pasanganmu, akui kelemahanmu sendiri. Ketika kamu mulai berusaha untuk meningkatkan diri di bidang-bidang itu, kamu akan mendapat manfaat sendiri. Kamu juga membuat langkah untuk menyelamatkan pernikahanmu.


Baca juga:

21 Ayat Alkitab Tentang Perceraian

Orang Kristen Boleh Menikah Lagi Gak Sih Setelah Bercerai?

Perceraian Meningkat Karena COVID-19! Ini Cara Ampuh Hadapi Goncangan Masa Krisis Ini


Lakukan dengan Tekun

Dibutuhkan ketekunan untuk menyelamatkan pernikahan ketika pasanganmu meminta untuk cerai. Tetaplah kuat. Temukan dukungan yang dapat mendorongmu menjadi optimis akan kemungkinan rekonsiliasi.

Fokus jaga diri sendiri, olahraga, makan dengan seharusnya, mulai hobi baru. Lakukan hal itu untuk membuatmu tidak terobsesi pada masalahmu. Terlibatlah dalam gereja, dapatkan konseling individual.

Apakah pernikahanmu berhasil atau tidak, kamu perlu mempersiapkan dirimu secara spiritual, emosional, mental, dan fisik. Sebanarnya, apa yang kamu lakukan ini memiliki kemungkinan paling kuat untuk membuat pasanganmu menyadari apa yang akan hilang jika pernikahan kalian berakhir.

Sumber : crosswalk.com

Ikuti Kami