Waktu Kecil Dikenal Sangat Rohani, Billie Eilish Akui Berubah Karena Alasan Ini…

Waktu Kecil Dikenal Sangat Rohani, Billie Eilish Akui Berubah Karena Alasan Ini…

Lori Official Writer
598

Semasa kecilnya, penyanyi muda Billie Eilish rupanya dikenal sebagai sosok anak yang sangat rohani. Tapi kepercayaan itu perlahan memudar setelah dirinya mulai beranjak dewasa dan menggeluti dunia musik.

Baru-baru ini dia bahkan secara mengejutkan mengaku jika pandangannya tentang Tuhan sudah netral.

Pengakuan ini dia sampaikan melalui sebuah wawancara podcast ‘Me & Dad radio’ di Apple Music. Didampingi oleh sang ayah, Patrick O’Connell, penyanyi berusia 18 tahun ini menuturkan bahwa keyakinannya kepada Tuhan di masa kecil sama sekali tidak dipengaruhi oleh siapapun. Bahkan tak satupun dari keluarga dan juga temannya yang benar-benar menjadi pengaruh atas imannya.

"Aku gak tahu apakah ada dari kalian yang tahu, mungkin aku belum pernah membicarakannya. Waktu aku masih kecil, tanpa alasan aku sangat religius. Keluargaku tidak ada yang taat beragama. Aku tidak tahu siapa yang taat beragama. Dan untuk beberapa alasan, sebagai seorang gadis kecil, aku mendapati dirimu begitu taat beragama. Kemudian pada satu titik, aku tidak tahu apa yang terjadi. Semuanya hilang," katanya.

Eilish sendiri gak persis tahu apa penyebabnya. Tapi dia sudah mendapati dirinya benar-benar di posisi sudah hampir tidak percaya dengan agama. “Aku gak tahu apa penyebabnya. Aku gak tahu apa yang membuatku seperti itu. Dan setelah periode hidupku, aku suka gagasan kepercayaan lainnya. Aku dalam posisi yang sangat netral. Aku sangat terbuka dengan semua keyakinan,” ungkapnya.

Di posisi inilah, pelantun lagu Bad Guy ini tidak mau disebut sebagai ateis. Karena dia sendiri masih punya kepercayaan bahwa Tuhan itu ada.

“(Aku suka) Gagasan bahwa Tuhan itu ada. Jadi kenapa gak? Bagaimana aku tahu? Aku tidak akan berkata kalau aku tahu. Gak ada yang tahu,” katanya.

Sang ayah juga mengakui jika sebagai orangtua mereka sama sekali tidak pernah pergi ke gereja. Bahkan tak sekalipun dia berbicara tentang agama kepada anak-anaknya. Tapi jauh di dalam lubuk hatinya, dia percaya kalau Tuhan itu ada.

“Dari sudut pandangku, sebagai orangtua, kami tidak pergi ke gereja dan kami tidak benar-benar berbicara tentang agama sama sekali. Dan kamu hanya percaya (saja),” ucap O’Connell.

Dia sendiri sangat bangga dengan apa yang dialami oleh putrinya itu dan tetap mendukungnya menemukan sesuatu yang luar biasa.

Bagaimana orang kristen menanggapi hal ini?

Ada banyak anak muda di luar sana yang sama seperti Billie Eilish, seorang anak yang lahir dan besar di tengah keluarga yang tidak pernah berbicara tentang sosok Tuhan. Namun sesuatu membuatnya merasa seperti dekat dengan Tuhan. Tapi seiring bertumbuh dewasa, dia kembali kehilangan kepercayaannya.

Pastinya ada banyak faktor yang membuat cara pandang Eilish tentang agama berubah. Pertama, dia tidak didukung oleh teladan iman orangtua. Sehingga tanpa dukungan atau mentoring, imannya perlahan-lahan memudar. Kedua, dia tidak dibina di dalam pemuridan anak dan dukungan komunitas orang percaya. Sehingga pada akhirnya Eilish gak dibentuk dalam pemahaman dan pandangan iman yang terus bertumbuh.

Walaupun dia percaya bahwa Tuhan ada, tapi pemahamannya tentang Tuhan masih begitu sangat sederhana. Ada banyak anak muda yang mengalami hal serupa. Karena itu, mari menjangkau mereka dengan apa yang kita punya.

Sumber : Jawaban.com

Ikuti Kami