Kesulitan Mengajar Anak Belajar Online? Ini Tips Dari Psikolog Anak, Queenie Prabakanti

Kesulitan Mengajar Anak Belajar Online? Ini Tips Dari Psikolog Anak, Queenie Prabakanti

Claudia Jessica Official Writer
619

Bersama Queenie Prabakanti, Psikolog Anak sekaligus founder dari Starland Preschool and Kindergarten yang aktif dalam play teraphy, yaitu melakukan terapi melalui bermain. Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas tentang cara mendidik anak yang benar selama belajar daring atau online.

Selama proses mengajar daring, banyak orang tua yang kesulitan untuk mendidik anak. Berbagai tantangan pun datang menghampiri. Seperti, anak bosan di dalam rumah, malas belajar ataupun kemampuan orang tua dalam mendampingi dan mengasuh anak serta fasilitas belajar daring yang tidak mendukung.

Nah, jawaban.com sudah merangkum berbagai pertanyaan orang tua yang mengalami kesulitan dengan proses belajar daring sekaligus jawaban dari seorang Psikolog Anak, Queenie Prabakanti. Yuk disimak:

1. Bagaimana cara untuk membuat anak konsentrasi ketika belajar di rumah?

Untuk membangun konsentrasi, kita perlu mempersiapkan tempat khusus untuk anak-anak belajar. Karena jika anak belajar di tempat lain seperti, kamar tidur, ruang lain, anak akan cenderung teralihkan. Kemudian, tetapkan juga waktu yang jelas.

2. Bagaimana cara agar kita tidak marah yang berlebihan kepada anak?

Terhubung pada anak, dan ajarkan kepada anak bahwa orang tua juga bisa salah layaknya manusia pada umumnya. Orangtua bukanlah pribadi yang sempurna.

Kemudian, proses rekonsiliasi juga penting. Jika kita melakukan kesalahan, akui kesalahan kita ketika anak dan kita sudah dalam keadaan tenang. Rendahkan diri dan minta maaf pada anak apabila kita telah bertindak salah.

3. Tips untuk orang tua saat menghadapi masalah dengan anak

Anak-anak adalah titipan yang Tuhan berikan. Sebagai orang tua, peran kita adalah untuk menyalurkan apa yang Tuhan hendak kerjakan dalam kehidupan mereka.

Banyak orangtua yang mengalami masalah dengan anak karena dirinya sendiri belum mendapatkan kebutuhannya. Maka dari itu, bagai gelas yang kosong, tidak akan bisa memberikan apa-apa. Sebagai orang tua, kita tidak bisa memberi kepada anak kalau kita tidak berisi.


Baca juga:

Dampingi Anak Belajar di Rumah Ternyata Gak Mudah, Banyak Orangtua yang Mulai Komplain

Anak Masuk Tahun Ajaran Baru, Begini Dilema Ortu Soal Biaya Sekolah Sampai Cara Belajar

Inilah 4 Sosok Orangtua Terbaik yang Ada Dalam Alkitab, Belajar Dari Mereka Yuk!


Salah satu cara untuk mengisi gelas kosong tersebut adalah dengan, memeriksa kembali hubungan kita dengan Tuhan.

Orangtua juga diibaratkan seperti pipa antara anak dan Tuhan. Pastikan bahwa pipa tersebut terpasang dengan benar dan tidak bocor, tersumbat apalagi rusak.

Nah itu dia tips mendidik anak dari Queenie. Didiklah anakmu dengan kasih. Amsal 3: 12 berkata “Karena TUHAN memberi ajaran kepada yang dikasihi-Nya, seperti seorang ayah kepada anak yang disayangi.” Terus semangat dalam mendidik anak, serta libatkan Tuhan dalam keluargamu ya JCers.

Sumber : jawaban.com

Ikuti Kami