Lori

Official Writer
327


Sejak kemunculan pandemi, seluruh aktivitas wisata di nusantara pun harus dihentikan untuk sementara. Gak heran kalau selama tiga bulan belakangan ini, bisnis di bidang wisata pun semakin lesu.

Untungnya, situasi pandemi perlahan membaik sehingga pemerintah kembali berupaya untuk menghidupkan kembali aktivitas wisata di berbagais sektor.

Sejak pertengahan Juni lalu, berbagai destinasi wisata pun mulai dibuka dan ramai dipadati oleh pengunjung.

Dari beberapa wisata yang sudah dibuka, 4 tempat ini selalu ramai dikunjungi wisatawan.

1. Pantai Parangtritis, Yogyakarta

Sejak dibuka di awal Juli 2020, Pantai Prangtritis kembali ramai dipenuhi oleh wisatawan.

Dinas Pariwisata Bantul sendiri menegaskan kalau pembukaan wisata ini menjadi salah satu uji coba di masa new normal. Karena itulah, mereka akan terus memantau bagaimana pengunjung beradaptasi dengan aturan baru yang diterapkan pengelola wisata.

Pihak kepolisian dan Satpol PP pun dikerahkan guna memantau dan mengawasi kawasan wisata tersebut.

2. Gunung Telomoyo, Magelang

Gunung Telomoyo jadi salah satu destinasi wisata yang viral karena lonjakan pengunjung pasca kembali dibuka oleh Bupati Magelang, Jawa Tengah pada Kamis, 9 Juli 2020 lalu. Jalur yang dibuka adalah via Dalangan, Mangelang.

Kabar pembukaan inipun membuat wisatawan domestic berlomba-lomba memadati Gunung Telomoyo dengan mengendarai sepeda motor pada Minggu, 19 Juli 2020 lalu.

Hanya dalam waktu sehari tersebut, wisatawan sudah mencapai 2000 pengunjung. Suasana padat pengunjung di sepanjang jalan inipun terekam dalam sebuah gambar dan disorot di sosial media.

3. Pantai Baron dan Kukup, Gunung Kidul, Yogyakarta

Sejak resmi dibuka pada Rabu, 24 Juni 2020, destinasi wisata pantai di Gunung Kidul pun kembali bergairah. Dalam beberapa pekan belakangan, sudah banyak pengunjung yang terlihat menikmati keindahan Pantai Baron dan Kukup.

Sebagai wisata percobaan, pengunjung yang datang juga dihimbau untuk mematuhi protokol kesehatan yang sudah ditetapkan pihak pengelola wisata. Penerapan ini sendiri sudah berjalan dengan baik. Diman para pengunjung yang hendak masuk akan lebih dulu melakukan pengukuran suhu tubuh, memastikan pemakaian masker, dan penunjungan kartu identitas diri beserta nomor ponsel. Setelah melengkapi setiap aturan, pengunjung pun dipersilahkan membeli tiket masuk.

4. Kepulauan Seribu, Jakarta

Wisata terdekat ibukota, Kepulauan Seribu pun kembali diserbu warga Jakarta yang sudah bosan di rumah selama masa PSBB. Sejak dibuka di bulan Juni 2020 lalu, kepulauan seribu pun kembali dipadati wisatawan setiap akhir pekannya.

Kepala Suku Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Kepulauan Seribu, Puji Astuti menyampaikan bahwa setiap akhir pekan saja pengunjung bisa mencapai 1000 sampai 1500 orang.

Untuk memastikan keamanan dan kesehatan pengunjung dan warga setempat, pemerintah daerah setempat tetap menerapkan protokol kesehatan baik untuk pengunjung maupun pelaku usaha di daerah wisata.


Baca Juga: 5 Tips Liburan Seru ke Kepulauan Seribu


Sementara destinasi wisata Pangandaran, Jawa Barat maupun berbagam destinasi wisata di Bali dipastikan akan dibuka hanya untuk wisawatan lokal saja.  Tahap pembukaan ini sendiri akan menjadi uji coba wisata di masa new normal dengan penerapan aturan ketat yang harus dipatuhi oleh semua pengunjung.

Beberapa diantaranya adalah aturan wajib mengukur suhu tubuh, mencuci tangan, menjaga jarak dan harus pakai masker. Apabila ada diantara pengunjung yang tidak patuh aturan, pihak pengelola akan menindak tegas.

Bagaimanapun pandemi banyak membuat perubahan dalam aktivitas wisata. Kalau sebelumnya kita bisa liburan dengan bebas tanpa harus mengikuti berbagai aturan, sekarang kita benar-benar harus memperhatikan banyak hal.

Walaupun terbilang cukup merepotkan, tapi langkah ini jadi salah satu upaya pemerintah untuk menghidupkan kembali dunia wisata, sesuai dengan pernyataan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan bahwa situasi saat ini memaksa pemerintah untuk tetap menerapkan aturan ketat di berbagai tempat wisata.

Nah, buat kamu yang sudah bosan di rumah dan pengen jalan-jalan lagi, boleh kok. Asal tetap memperhatikan tempat wisata mana yang bisa dikunjungi dan apa yang perlu dipersiapkan untuk berwisata. 

Sumber : Jawaban.com


Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Erik Siahaan 27 May 2020 - 08:13:10

Karena Anak Manusia adalah Tuhan atas hari Sabat.".. more..

3 Answer

Margaretha Ltor 15 May 2020 - 11:07:59

Apa yg kita harus lakukan,,untuk tau ada atau tida.. more..

2 Answer

tolala 2 May 2020 - 03:25:35

Covid 19

1 Answer


Lawrence Fabian Jerangku 19 July 2020 - 23:26:45
Saya meminta doa kalian berserta isteri saya menga... more..

Varris Sitio 15 July 2020 - 10:09:27
Saya Varris dan merupakan salah satu karyawan swas... more..

purnama 1002 2 July 2020 - 23:48:31
Tolong doakan anak perempuan saya yg terkena penya... more..

Anju Frans Siregar 15 June 2020 - 15:07:02
Shalom semuanya. Saya mohon doa untuk kesembuhan d... more..

advertise with us


7235

Kanan Agustus