4 Pendeta Ini Diajukan Masuk Daftar Pilkada Sulut Loh! Ini Orangnya…

4 Pendeta Ini Diajukan Masuk Daftar Pilkada Sulut Loh! Ini Orangnya…

Lori Official Writer
763

Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) akan serentak diadakan pada 23 September 2020. Momentum ini pun menarik berbagai kalangan politisi, pengusaha sampai rohaniawan untuk mencalonkan diri.

Di Sulawesi Utara sendiri, bursa Pilkada digadang-gadang diisi 4 orang pendeta atau gembala gereja. Siapa sajakah mereka?

1. Pendeta Petra Jani Rembang

Dia adalah pendeta GMIM yang saat ini menjabat sebagai Wakil Ketua Badan Pekerja Majelis Sinode GMIM.

Kabarnya, Pendeta Petra akan maju di Pilkada Minsel (Minahasa Selatan). Bersama PDIP dia akan maju sebagai Calon Bupati Minsel berpasangan dengan Franky Donny Wongkar (FDW).

2. Pendeta Lucky Rumopa

Pendeta Lucky yang menjabat sebagai pendeta di Jemaat GMIM Batusaiki Manado, Ketua Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Sulut sekaligus Staf Khusus Gubernur ini kabarnya akan maju sebagai calon Wakil Wali Kota Manado.

Untuk mendapatkan posisi ini Pendeta Lucky sudah mendapatkan dukungan sepenuhnya dari PDIP.

Meresponi pencalonan ini sebagai rohaniawan, Pendeta Lucky pun menyampaikan pendapatnya dengan terbuka bahwa dunia politik juga adalah media untuk melayani. "Jika diberi peluang untuk memberi diri kenapa tidak?" jelasnya.

Dia berpendapat bahwa politik dan gereja itu sama. Yang membedakan hanyalah lingkupnya, yang satu melayani sekuler dan yang lain rohani.

3. Pendeta Hendry Runtuwene

Pendeta Hendry kabarnya akan maju sebagai calon Wakil Gubernur Sulut mendampingi Calon Gubernur Vonny Anneke Panambunan di Pilgub 2020.Namanya sendiri diajukan oleh Partai Nasdem.

Di tengah pencalonan dirinya, dia masih tetap aktif sebagai pendeta di GMIM.


Baca Juga: Demi Kesejahteraan Umat Kristiani, Pendeta Ini Meminta Gereja Edukasi Jemaat Soal Politik!


4 . Teddius Kuemba Batasina (GbI Teddy)

Teddy Kuemba Batasina adalah gembala di Kerapatan Gereja Protestan Minahasa (KGPM). Dia juga dikenal pernah menjabat sebagai Ketua Majelis Gembala KGPM.

Sebelumnya, Teddy pernah maju di Pemilihan Anggota DPD RI Tahun 2019 silam. Dan saat ini dia akan maju sebagai Calon Wakil Kepala Daerah Kota Bitung dari Partai Nasdem. Dia akan dipasangkan dengan Maximilan Jonas Lomban.

GbI Teddy menyampaikan bahwa pencalonan dirinya sebagai rohaniawan adalah bentuk keterlibatan sebagai umat Kristen untuk memberikan ide-ide yang berfungsi untuk membangun bangsa.

Sebagai informasi, Sulawesi Utara memang dikenal sebagai provinsi mayoritas Kristen. Dalam beberapa tahun belakangan ini pun struktur pemerintahannya tak sedikit melibatkan para pemimpin agama. Dalam berbagai kesempatan, pemerintah sendiri menjalin hubungan yang akrab dengan gereja dan umat beragama.

Sumber : Berbagai Sumber | Jawaban.com

Ikuti Kami