Inilah 8 Fakta Tentang Setan yang Harus Kamu Tahu Supaya Bisa Berjaga-jaga (Part 2/2)

Inilah 8 Fakta Tentang Setan yang Harus Kamu Tahu Supaya Bisa Berjaga-jaga (Part 2/2)

Claudia Jessica Official Writer
1343

Kata Satan hanya dua kali ditulis di Alkitab, yaitu di Wahyu 12:9 dan Wahyu 20:2, yang merujuk kepada kata Satanas dalam bahasa Yunani yang diterjemahkan menjadi kata Iblis dalam 34 ayat lain di Alkitab. Karenanya sinonim untuk kata Satan yang terdekat dalam bahasa Indonesia adalah Iblis.

Kapan tepatnya Allah menciptakan para malaikat hal ini masih menjadi perdebatan, namun satu hal yang pasti kita harus ingat bahwa Allah tidak pernah menciptakan hal buruk seperti Satan atau Iblis.

Lalu apa saja fakta tentang setan yang perlu kita ketahui?


Baca juga: Inilah 8 Fakta Tentang Setan yang Harus Kamu Tahu Supaya Bisa Berjaga-jaga (Part 1/2)


5. Setan Memiliki Masa Lalu yang Mulia tetapi Penghakiman-Nya Pasti

Masa lalu setan dapat kamu temukan dalam Yesaya 14: 12-14 dan Yehezkiel 28: 13-19. Dia rupawan tapi hanya dari kepalanya saja. Kebanggaan inilah yang membuatnya diusir dari Surga.

Mungkin inilah alasan mengapa Tuhan membenci kesombongan. Terlepas dari sama lalunya yang mulia, apa yang menanti Setan adalah penghakiman kekal.s

Wahyu 20:10 “dan Iblis, yang menyesatkan mereka, dilemparkan ke dalam lautan api dan belerang, yaitu tempat binatang dan nabi palsu itu, dan mereka disiksa siang malam sampai selama-lamanya.”

Dia tahu akhir hidupnya dan “apa yang menantinya, karena itulah dia mencoba membawa orang sebanyak mungkin untuk ke tempat yang cipitakan baginya (Matius 25:41).

Inilah mengapa kita perlu menyebarkan Injil dan memberitakan kebenaran sehingga kita dapat merebut kembali orang-orang dari kerajaan kegelapan dan membawa mereka kembali ke kerajaan terang.s

6. Setan Adalah Pencuri

Yohanes 10:10 “Pencuri datang hanya untuk mencuri dan membunuh dan membinasakan; Aku datang, supaya mereka mempunyai hidup, dan mempunyainya dalam segala kelimpahan.”

Keinginan pertamanya adalah untuk merebutmu dari kehidupan kekal dan menjauhkanmu dari Injil. Dia tidak orang-orang mengetahui kebenaran dan berpaling kepada Yesus.

Namun jika dia tidak berhasil melakukan itu, bukan berarti dia akan berhenti dan menyerah begitu saja. Dia akan terus berusaha untu menghancurkanmu. Dia akan mencuri visimu, membunuh imanmu dan menghancurkan tujuanmu.

Jika dia Tidak bisa melakukan itu juga, Dia akan berusaha untuk mencegahmu memberikan tentang Isnjil kepada orang lain.

Dia tahu bahwa Injil adalah kuasa Allah untuk keselamatan dan bahwa Yesus adalah satu-satunya jalan kembali kepada Bapa. Dia bekerja keras untuk menjaga pesan ini dari orang-orang karena dia tahu ini adalahs satu-satunya harapan bagi manusia.

Ngomong-ngomong, ketika seseorang memanggil nama Tuhan untuk keselamatan, Setan tidak bisa menghentikan itu. Satu-satunya yang bisa Dia lakukan adalah menjaga orang agar tidak sampai ke titik itu.

7. Setan Adalah 'Allah' Dunia Ini

2 Korintus 4:4 "yaitu orang-orang yang tidak percaya, yang pikirannya telah dibutakan oleh ilah zaman ini, sehingga mereka tidak melihat cahaya Injil tentang kemuliaan Kristus, yang adalah gambaran Allah."

Pengaruh setan ada dimana-mana. Pikirkan semua orang yang dibutakan oleh ketidakpercayaan mereka. Orang-orang yang dipenjara karena dosa mereka, namun yakin mereka benar-benar 'bebas'.

Sayangnya, banyak yang percaya dengan kebohongan yang telah didorong Setan ke dunia. Bsapa segala dusta, dan meyakini itu benar.

Ada dalang di balik semua ini: Setan. Dia ingin membuat orang menjadi buta, bingung, dan terjebak dalam kondisi berdosa mereka. Dan sebagai Allah dunia ini, ia memiliki pengaruh untuk melakukannya.


Baca juga:

#FaktaAlkitab : Inilah Asal-usul Setan dan Lusifer Menurut Alkitab

#KataAlkitab – Cara Setan Mengintimidasi Manusia? - Pdt. Chepy Iskandar


8. Setan Hanya Mampu Mengalahkanmu Jika Kamu Mengizinkannya

Kamu memiliki kuasa atas pengaruh Setan terhadapmu. Terlepas dari semua kekuatan dan tipuannya. Meskipun kemampuannya untuk meniru dan menipu sangatlah hebat.

Ingat, Setan bisa menyerang. Dia bisa berperang melawanmu. Dia bisa membawa semua kekuatan kegelapan melawanmu. Tapi dia tidak bisa menyusulmu, kecuali kamu yang membiarkannya. Ingat apa yang Tuhan katakan kepadamu dalam 1 Yohanes 4:4

“Kamu berasal dari Allah, anak-anakku, dan kamu telah mengalahkan nabi-nabi palsu itu; sebab Roh yang ada di dalam kamu, lebih besar dari pada roh yang ada di dalam dunia.”

Kamu memiliki kekuatan, kamu memiliki otoritas. Tuhan telah menempatkanmu di bumi untuk saat yang tepat ini. Dia telah memperlengkapimu dengan Roh Kudus-Nya.

Dia telah memperlengkapimu untuk berperang melawan musuh yang memiliki tujuan untuk mencegah semua orang menemukan keselamatan, menemukan Yesus.

Setan tidak akan menang dalam hidupmu jika kamu tidak mengizinkannya. Musuh akan berperang melawanmu tetapi Roh Allah ada di dalam kita dan lebih besar dari dia.

Ini pertempuran yang sulit tetapi kamu akan menang jika tidak menyerah. Pergilah sebarkan Injil dalam nama Yesus.

Sumber : crosswalk.com

Ikuti Kami