Inilah 8 Fakta Tentang Setan yang Harus Kamu Tahu Supaya Bisa Berjaga-jaga (Part 1/2)

Inilah 8 Fakta Tentang Setan yang Harus Kamu Tahu Supaya Bisa Berjaga-jaga (Part 1/2)

Claudia Jessica Official Writer
1105

Siapakah musuh yang kita lawan yang kita sebut dengan setan atau iblis? Apa yang ada di benakmu ketika mendengar kata ‘Setan’ atau ‘Iblis’?

Hantu yang menakutkan? Perawakan yang seram? Kekuatan yang luar biasa? Mengerikan? Jika kamu mencoba memahaminya, kamu akan menemukan beberapa konsepsi dan kesalahpahaman umum yang dikatikan dengan namanya.

Apapun yang kamu percayai itu, mari kita kita luruskan. Inilah 8 fakta yang harus kamu ketahui tentang setan.

Baca juga:

Jangan Beri Setan Kuasa Untuk Memanipulasi Kamu

Strategi Utama Iblis

1. Setan Adalah Penentang Tuhan, Bukan Lawan Tuhan

Kadang-kadang orang keliru mempercayai bahwa setan adalah kejahatan Allah. Ini tidak benar.

Setan tidak ada dimana-mana, ia tidak dapat hadir dimana-mana pada saat yang bersamaan. Ketika kamu dicobai atau diserang oleh setan, itu mungkin bukan setan sendiri, kemungkinan ia adalah salah satu malaikat atau iblis yang jatuh.

Bersamaan dengan itu, dia tidak mahakuasa. Meskipun ia memang memiliki kekuatan, dan benar-benar kuat, ia tidak sepenuhnya kuat. Ada batas kekuatan dan kemampuannya.

Kamu juga harus mencatat bahwa dia tidak mahatahu. Dia mungkin tahu banyak, tetapi dia tidak tahu segalanya. Ia tidak setara dengan Tuhan. Seperti yang Tuhan katakana dalam Yesaya 46: 9-10:

"Ingatlah hal-hal yang dahulu dari sejak purbakala, bahwasanya Akulah Allah dan tidak ada yang lain, Akulah Allah dan tidak ada yang seperti Aku."

2. Setan Adalah Pembohong

Kamu mungkin pernah mendengar “Iblis adalah pembohong.” Setan adalah pembohong. Lihat apa yang dikatakan Yesus tentang Yesus dalam Yohanes 8:44:

"Iblislah yang menjadi bapamu dan kamu ingin melakukan keinginan-keinginan bapamu. Ia adalah pembunuh manusia sejak semula dan tidak hidup dalam kebenaran, sebab di dalam dia tidak ada kebenaran. Apabila ia berkata dusta, ia berkata atas kehendaknya sendiri, sebab ia adalah pendusta dan bapa segala dusta."

Setan hanya berbicara satu bahasa, bahasa kebohongan. Faktanya, dia tidak mampu berbicara kebenaran karena seperti yang Yesus katakan tidak ada kebenaran di dalam dirinya.

Segala sesuatu pengaruhnya dari keberadaannya di dunia ini adalah tentang berbohong. Hal itu dimulai ketika Adam dan Hawa di taman, dan itu berlanjut sekarang.

3. Setan Adalah Penipu

“Dan naga besar itu, si ular tua, yang disebut Iblis atau Satan, yang menyesatkan seluruh dunia, dilemparkan ke bawah; ia dilemparkan ke bumi, bersama-sama dengan malaikat-malaikatnya.” (Wahyu 12:9)

Setan bekerja dalam tipuan. Dia bekerja keras untuk membuatmu percaya sesuatu yang tidak benar. Salah satu tipuan terbesarnya adalah berusaha meyakinkan orang-orang bahwa ia tidak ada.

Ini adalah karya terbesarnya di hati manusia. Dia ingin memisahkan orang dari kebenaran. Seperti yang Yesus katakan, kamu akan tahu kebenaran dan kebenaran akan membebaskanmu (Yohanes 8:32).

Baca juga:

20 Ayat Alkitab Tentang Cara Melawan dan Menaklukkan Kuasa Si Iblis

4. Setan Meniru Apa yang Allah Lakukan

"Hal itu tidak usah mengherankan, sebab Iblis pun menyamar sebagai malaikat Terang." (2 Korintus 11:14)

Segala sesuatu yang dilakukan Allah, terutama pekerjaan Roh Kudus, dan setan berusaha meniru.

Dia adalah aktor yang hebat dan tahu bagaimana memainkan peran. Tapi ingat, tujuannya adalah penipuan. Ilustrasi Iblis yang digambarkan dengan iblis merah kecil dan garpu rumpt bukanlah rupa Iblis sebenarnya.

Dia bisa menyamar sebagai Roh Kudus atau datang sebagai malaikat terang tetapi dalam dirinya ada kegelapan yang besar. Itulah sebabnya mengapa mengetahui kebenaran Firman Tuhan sangat penting.

Ketika kita mengajari orang untuk mengetahui uang palsu, kita harus mengajarkan uang asli terlebih dahulu. Ini adalah tanggung jawabmu.

Akrab dengan kebenaran Firman Tuhan dan pekerjaan Roh Kudus sehingga ketika Setan datang, kamu bisa membedakannya.

Setan hanya memiliki kekuatan atas hidupmu atas tipuannya. Itulah 4 fakta tentang setan yang perlu kamu ketahui, simak 4 fakta lainnya di artikel selanjutnya ya.

Sumber : crosswalk.com

Ikuti Kami