#FaktaAlkitab - Yesaya, Nabi Yang  Digergaji?

#FaktaAlkitab - Yesaya, Nabi Yang Digergaji?

Puji Astuti Official Writer
1199

Yesaya adalah seorang nabi besar yang juga merupakan penulis Kitab Yesaya dalam Perjanjian Lama. Yesaya dipanggil sebagai nabi pada tahun 740 SM setelah kematian Raja Uzia yang memerintah kerajaan Israel Selatan atau sering di sebut juga Kerajaan Yehuda. Nama Yesaya disebutkan sebanyak 53 kali dalam 9 Kitab dalam Alkitab. Namanya pertama kali disebut dalam 2 Raja-Raja 19:2.

Apa saja Fakta Alkitab tentang Nabi Yesaya dan pelayanannya, yuk simak pemaparan dari JC Channel berikut ini:

Arti Nama

Nama Yesaya diambil dari bahasa Ibrani: ישׁעיהו Yeshayahu yang berarti Yahweh adalah penyelamat atau Keselamatan Dari Allah. Yesaya adalah anak Amos (Yesaya 38:1). Yesaya menikah dengan seorang nabiah (Yesaya 8:3),  yang melahirkan dua orang putra, yaitu Syear Yasyub dan Maher-Syalal Hasy-Bas. Nama yang diberikan kepada kedua anaknya merupakan petunjuk mengenai misi pelayanannya.

Dari Keluarga Terpandang dan Berpendidikan

Menurut tradisi Yahudi, Yesaya berasal dari keluarga raja, dan diduga juga sebagai bangsawan. Yesaya adalah seorang yang berpendidikan tinggi yang sangat dihormati oleh penduduk Yerusalem. Ia memiliki karunia kenabian dan sering memberikan nubuat kepada para raja mengenai politik luar negeri Yehuda. Yesaya juga dikenal sebagai nabi yang paling memahami kesusastraan dan paling berpengaruh dari semua nabi yang menulis kitab.

Ajaran Pelayanan Yesaya

Dalam pelayanannya, Yesaya selalu menitik beratkan kepercayaan kepada Allah sekalipun dalam keadaan yang paling sukar, selain itu, Ia juga aktif dalam bidang politik.

Dua ajaran penting penyampaian nabi Yesaya dalam melayani di Yehuda ialah penekanannya akan Yahwe Sebaot dan Kadosy Israel. Yahwe Sebaot berarti Tuhan semesta alam yang memiliki segala kuasa di langit dan di bumi, dan Kadosy Israel yang berarti Sang Kudus Israel.

Yesaya meyakini bahwa Allah hadir secara aktif. Yesaya mengetahui bahwa Allah memakai kekuasaan dan kekuatan Asyur untuk menghukum orang Israel, tetapi ia pun tahu bahwa kekuatan dan kekuasaan Asyur dibatasi pula oleh kekuasaan Allah.

Banyak Menubuatkan Kedatangan Mesias

Nabi Yesaya hidup satu zaman dengan Hosea dan Mikha. Nabi Yesaya juga turut menubuatkan kedatangan Yesus Kristus. Diantaranya nubuatan mengenai Mesias akan dilahirkan dari seorang perawan dan disebut Imanuel dalam Yesaya 7:14 yang digenapi dalam Matius 1:23, nubuatan Mesias akan disebut orang Nazaret dalam Yesaya 11:1 yang digenapi dalam Matius 2:23, nubuatan Mesias akan diutus untuk menyembuhkan orang yang patah hati dalam Yesaya 61:1-2 yang digenapi dalam Lukas 4:18-19, nubuatan Mesias akan diludahi dan dipukuli dalam Yesaya 50:6 yang di genapi Matius 26:67, nubuatan Mesias akan disalibkan bersama para penjahat dalam Yesaya 53:12 yang di genapi Matius 27:38, nubuatan Mesias akan menjadi korban penebusan dosa Yesaya 53:5-12 yang digenapi dalam Roma 5:6-8, dan masih banyak lagi nubuatan lainnya.

Baca juga : 

#FaktaAlkitab - Yeremia, Nabi Yang Menangis

#FaktaAlkitab - Ini Lokasi Daniel Dikuburkan?

Lokasi Pelayanan Nabi Yesaya

Nabi Yesaya adalah nabi yang melayani di daerah Yehuda, Selatan Israel. Ketika Israel pecah menjadi dua kerajaan, utara dan selatan maka nabi Yesaya fokus melayani di daerah Selatan. Yesaya melayani, berkhotbah dan bernubuat selama 40 tahun di Yerusalem, ia menyampaikan pesan Tuhan kepada raja- raja, para pangeran dan rakyat. Yesaya melayani dalam masa pemerintahan empat  raja Yehuda yang berbeda, yakni pada zaman raja Uzia, raja Yotam, raja  Ahas, dan raja  Hizkia. 

Dalam kepemerintahan Raja Hizkia, Nabi Yesaya menjadi penasehat khusus sang raja dalam mengambil keputusan bagi orang Israel. Oleh karenanya Raja Hizkia memerintah dan membawa rakyatnya untuk takut kepada Tuhan.

Penulis Kitab Yesaya dalam Perjanjian Lama

Kitab Yesaya ditulis oleh nabi Yesaya sekitar tahun 700-680 SM. Kitab Yesaya digolongkan pada kitab-kitab nabi besar, bersama kitab Yeremia, Yehezkiel dan kitab Daniel. Hal ini disebabkan oleh tebalnya kitab serta luasnya jangkauan nubuatan mereka.

Dalam kitab Yesaya ada 66 pasal, sama seperti dalam Alkitab ada 66 kitab. Dan sangat menarik bahwa seperti Alkitab terbagi atas Kitab Perjanjian Lama yang terdiri dari 39 buku, dan Perjanjian Baru yang terdiri 27 buku, maka buku Yesaya itu terdiri dari 2 bagian, Bagian Pertama adalah dari pasal 1-39, yang membahas khusus mengenai sejarah bangsa Israel, dan bagian kedua dari pasal 40 sampai 66 berbicara khusus mengenai Injil Kabar Baik bagi umat manusia secara keseluruhannya.

Kematian Nabi Yesaya

Menurut tradisi Yahudi, Yesaya mati sebagai martir dengan cara digergaji menjadi dua (bandingkan Ibrani 11:37) oleh Raja Manasye yang jahat yang telah menggantikan ayahnya, raja Hizkia.

Tradisi Islam juga menulis tentang Nabi Yesaya

Kisah Nabi Yesaya tidak tercantum dalam Alquran. Dalam ajaran Islam, nama Yesaya juga tak termasuk dalam nama 25 nabi yang harus diketahui. Hanya saja, Ibnu Katsir, memasukkan kisah Nabi Yesaya dalam kitabnya, Qashshashul Anbiya, menyebutkan bahwa Nabi Yesaya merupakan nabi yang muncul sebelum era Nabi Zakaria dan Yahya. Ibnu Katsir juga menyebut bahwa Nabi Yesaya adalah salah satu nabi yang bernubuat mengenai Nabi Isa.

Jejak Arkeologi Nabi Yesaya

Pada bulan Februari 2018 arkeolog Eilat Mazar mengumumkan bahwa dia dan timnya telah menemukan suatu segel meterai kecil bertuliskan "Yesayahu nvy" (dapat direkonstruksi dan dibaca "[milik] Yesaya nabi") selama ekskavasi di Ofel, sisi selatan Bukit Bait Suci di Yerusalem. Bulla (potongan tanah liat bertulisan) kecil ini ditemukan "hanya 10 kaki jauhnya" dari tempat penemuan bulla utuh bertuliskan "[milik] Hizkia raja Yehuda" pada tahun 2015 oleh tim yang sama. Meskipun nama "Yesaya" dalam abjad Ibrani Kuno jelas terbaca, namun kerusakan pada sisi kiri bawah segel itu menyebabkan kesulitan memastikan kata "nabi" atau suatu nama Ibrani "Navi", sehingga ada keraguan apakah segel ini benar-benar milik nabi Yesaya.

Nah itulah Fakta Alkitab mengenai Nabi Yesaya yang sudah dibahas oleh JC Channel, kalau kamu diberkati, pastikan kamu membagikannya ke teman-temanmu ya. Untuk lihat Fakta Alkitab lainnya dan juga berbagai video inspiratif dari JC Channel kunjungi langsung akun YouTube-nya dengan KLIK DISINI.

Sumber : JC CHANNEL

Ikuti Kami